May 23, 2015

Kenapa Baju Baru Harus Dicuci Dulu ?

Baju boleh baru. Namun tunggu dulu dan jangan langsung dikenakan. Baju yang baru Anda beli sebaiknya dicuci lebih dahulu untuk memastikan kebersihannya. Anda tidak pernah tahu bagaimana baju tersebut diperlakukan sebelum sampai ke tangan Anda.


Pasalnya, untuk membuat sebuah baju harus melalui beberapa proses seperti memotong, menjahit, sampai mengemasnya. Belum lagi termasuk bahan kimia yang mungkin diterapkan pada baju baru.

Mencuci baju dapat mengurangi berbagai risiko kesehatan yang mungkin dialami oleh kulit. Profesor Donald Belsito dari Columbia University Medical Center di New York menerangkan beberapa masalah yang dapat terjadi jika Anda nekat memakai baju baru yang belum dicuci. Salah satunya adalah reaksi alergi.

Kulit menjadi gatal, bersisik, dan kemerahan ketika memakai baju baru dapat muncul terapapar zat kimia pada pewarna dan resin formaldehida. Di samping itu banyak tekstil yang diwarnai dengan bahan pewarna azo-anilin. Zat ini kalau kena kulit bisa menyebabkan reaksi yang parah. Namun bagi kulit yang mampu menahan kerasnya azo aniline, mungkin hanya muncul sedikit peradangan, kulit terasa kering, dan gatal-gatal.

    “Mereka yang benar-benar alergi, mungkin perlu menghindari alergen seluruhnya,” kata Dr Belsito, seperti dikutip Okezone.

Bahan-bahan kimia tekstil ini bahkan bisa bertahan cukup lama residunya. Oleh sebab itu, mencuci baju baru sangat penting. Kadang reaksi alergi masih dialami pada satu-dua kali cuci. Setelah beberapa kali dicuci baru hilang residunya. Reaksi alergi kerap dialami di bagian yang yang kerap terjadi gesekan antara baju dan kulit.
















references by sidomi

 
Like us on Facebook