May 20, 2015

Review Komputer Mini Tanpa Kipas MintBox Mini

MintBox Mini adalah komputer mini tanpa kipas yang dikambangkan oleh Linux Mint dan CompuLab. Komputer berukuran mungil ini telah ditampilkan di blog pengembang distribusi Linux Mint. Kelebihan MintBox Mini adalah berdesain fanless atau tanpa kipas.


Komputer mini MintBox Mini ini mengusung bentuk kotak persegi panjang, mirip sebuah LAN hub. Desain MintBox Mini yang dibuat oleh Compulab tidak menggunakan kipas, sehingga dapat bekerja dengan tenang meski beban kerja tinggi. CompuLab sendiri sebenarnya adalah produsen yang sering merilis komputer mini dalam pelbagai varian spesifikasi dan ukuran.

Seperti apa kinerja yang ditawarkan oleh MintBox Mini? Komputer mungil MintBox Mini ini ditenagai oleh prosesor AMD A4 Micro-6400T quad-core dengan kecepatan maksimal 1,6GHz yang didukung oleh grafis dari Radeon R3. MintBox Mini ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 4GB untuk mendukung kinerjanya. Performa MintBox Mini cukup baik untuk komputasi sehari-hari.

Tak hanya itu, MintBox Mini mendukung dual display berkat adanya dua port HDMI. Konektivitas MintBox Mini ini juga cukup lengkap degan dukungan Gigabit Ethernet, WiFi 802.11ac, Bluetooth 4.0, 2 port USB 3.0, 4 port USB 2.0, S / PDIF 7.1 channel audio, konektor RS232, UART, GPIO, dan SMBus. Komputer mini ini didukung media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) berkapasitas 64GB.
“Hubungan kami dengan besar CompuLab diilustrasikan di samping. Seiring dengan spesifikasi unit, itu bagus untuk melihat dua logo kami di sana. Kami telah bekerja sama untuk waktu yang sangat lama sekarang, sehingga terasa sangat bagus. Seperti namanya, Mini adalah sangat kecil.”
“Aku tahu itu kecil, aku tahu itu saku (dan memang mudah masuk di saku jean saya, meskipun dengan kabel, mouse dan semua yang Anda mungkin akan menggunakan tas saja) tapi itu bahkan lebih kecil dari yang aku sadari,” kata Clement Lefebvre, pengembang Linux Mint.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (12/05/2015), sampai saat ini belum diketahui harga dan ketersediaan komputer mungil Mintbox Mini.







references by sidomi

 
Like us on Facebook