May 24, 2015

Review & Spesifikasi ASUS Republic Of Game ROG G751JY

Laptop biasanya ditenagai prosesor khusus yang rendah daya, serta mengedepankan mobilitas ketimbang performa. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, laptop yang hadir saat ini kebanyakan telah ditenagai oleh komponen yang cukup mumpuni untuk melakukan pekerjaan berat, seperti bermain game atau melakukan pengolahan video. Dari situlah konsep laptop gaming muncul.


ASUS adalah salah satu produsen yang gencar menghadirkan produk laptop gaming. Salah satunya adalah ROG G751JY, yang termasuk jajaran laptop gaming teratas dari ASUS.
 

Desain

Sama seperti laptop gaming pada umumnya, ASUS ROG G751JY memiliki bodi yang cukup gemuk, dengan ketebalan hingga 53 milimeter. Laptop ini juga cukup berat, dengan bobot 4,8 Kilogram termasuk baterai. Meskipun demikian, ukuran dan bobotnya masih terbilang wajar untuk sebuah laptop gaming. Tidak hanya itu, saya pun masih dapat membawa laptop ini kemana-mana tanpa merasakan berat yang berlebihan.




ASUS ROG G751JY dilengkapi dengan berbagai port yang sangat lengkap. Dari sisi display output, ia memiliki tiga buah port, yaitu Mini D-SUB (VGA), HDMI, dan MiniDisplay Port. Sedangkan dari segi audio-nya, ia memiliki 3,5 milimeter jack audio output, 3,5 milimeter jack microphone input, dan sebuah SPDIF audio jack. Laptop ini juga dilengkapi dengan sebuah port Ethernet (LAN), empat buah port USB 3.0, dan sebuah SD card reader.

Pada unit yang saya terima, ASUS ROG G751JY dilengkapi dengan sebuah BluRay Writer, namun pihak ASUS mengkonfirmasi bahwa versi yang akan dipasarkan di Indonesia tak akan dilengkapi dengan BluRay Writer, dan akan digantikan dengan sebuah DVD Writer.




ASUS ROG G751JY dilengkapi dengan layar IPS berukuran 17,3-inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 pixel). Meskipun frame (bingkai) layarnya cukup tebal, layarnya adalah salah satu yang terbaik yang pernah saya jumpai. Ia mampu menghasilkan warna dengan sangat baik, jelas dan jernih. Kemampuan layarnya tersebut sangat terasa ketika digunakan untuk mengedit video atau gambar, serta ketika bermain game.

Laptop ini dilengkapi dengan dua buah kipas dengan dua ventilasi di bagian belakangnya. Tidak hanya itu, bagian belakangnya memiliki desain yang menyerupai mobil balap. Kedua kipas tersebut adalah salah satu kunci performa laptop ini ketika digunakan baik untuk bermain game ataupun kegiatan lain yang memerlukan tenaga besar.

Selain itu, ia tergolong sangat ergonomis. Desain permukaannya yang menanjak memudahkan pengguna ketika menggunakan keyboard.



Performa

Sebagai laptop gaming kelas premium, ASUS membekali ROG G751JY dengan setumpuk komponen kelas atas. Komponen tersebut berhasil membuat laptop ini memiliki performa yang sangat tinggi. ASUS ROG G751JY ditenagai prosesor Intel Core i7 4720HQ dengan kecepatan hingga 3,6 GHz.

Prosesor kelas atas untuk laptop tersebut juga dipadukan dengan chip grafis kelas atas dan teranyar dari NVIDIA, yaitu GeForce GTX 980M dengan VRAM 4GB. Perpaduan keduanya membuat laptop gaming ini mampu melibas seluruh game dan pengujian grafis yang saya lakukan kepadanya.




Selain kehadiran dua komponen premium tersebut, laptop ini juga dilengkapi dengan sebuah SSD sebesar 128GB sebagai penyimpanan utamanya dengan tambahan sebuah HDD sebesar 1TB sebagai penyimpanan tambahan.

Kehadiran SSD membuat laptop ini dapat masuk ke dalam Windows dari keadaan mati hanya dalam waktu kurang dari 10 detik. SSD juga membuat pengoperasian program lain berjalan dengan sangat kencang. Untuk versi pasar Indonesia, ASUS melengkapi laptop ini dengan paket pilihan SSD sebesar 8GB atau SSD sebesar 512GB.

Pengujian grafis pertama yang saya lakukan adalah dengan menggunakan 3DMark dengan mode pengujian Fire Strike. Dalam mode pengujian tersebut, laptop ini memperoleh skor yang tergolong sangat tinggi, yaitu sebesar 8.630, dengan framerate selalu di atas 30 fps.




Saya juga menggunakan tiga game untuk diuji pada laptop ini, yaitu Ryse: Son of Rome, GTA V, dan FarCry 4. Ketiganya berhasil disajikan dengan rata-rata framerate 60 fps pada pengaturan grafis maksimal. Hanya pengaturan MSAA, dan pengaturan ekstrem pada FarCry 4 saja yang tak saya gunakan dalam pengujian game kali ini.

Kemampuan multitasking pun sangat terjamin pada laptop gaming ini. Pada unit yang saya terima, G751JY dibekali RAM sebesar 16GB. Hal tersebut sudah sangat mumpuni untuk sebuah laptop gaming, karena rata-rata game terbaru hanya memerlukan RAM sebesar 6GB.

Dengan RAM 16GB, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang memerlukan tenaga ekstra, seperti melakukan rendering video dengan menggunakan Adobe After Effect yang juga sempat saya coba dan terpantau menghabiskan RAM hingga 13GB.




Beralih ke pengujian performa umum dengan menggunakan PC Mark, ASUS ROG G751JY juga berhasil memperoleh skor yang sangat tinggi,  sebesar 4.192. Hal tersebut membuktikan bahwa laptop ini sangat perkasa untuk digunakan selain dari kegiatan bermain game.

Satu-satunya kekurangannya adalah daya tahan baterai yang hanya sekitar 2 jam dengan menggunakan WiFi, dan hampir 3 jam ketika tidak menggunakan WiFi. Hal tersebut membuatnya sangat tidak direkomendasikan untuk mereka yang mengutamakan mobilitas.



Fitur

ASUS ROG G751JY dilengkapi dengan berbagai fitur khusus untuk menunjang kegiatan bermain game. Fitur pertama datang dari keyboard yang dilengkapi dengan backlight berwarna merah. Meskipun warnanya tidak bisa diganti, kehadiran backlight tersebut sangat membantu, apalagi saat bermain game dalam ruangan gelap atau kurang cahaya.

Selain backlight, keyboard ASUS ROG G751JY juga hadir dengan tiga tombol makro yang dapat diatur sesuai dengan keinginan Anda. Pengaturan tombol makro dapat diakses melalui aplikasi ASUS Gaming Center yang juga dapat diakses melalui sebuah tombol khusus yang berada satu tempat dengan tombol numpad.




G751JY juga memiliki dua tombol istimewa yang sangat jarang atau mungkin tak pernah terdapat di laptop gaming lainnya, yaitu tombol launcher untuk Steam dan NVIDIA ShadowPlay. Kehadiran keduanya tentu sangat memudahkan Anda untuk menjalankan aplikasi Steam dan merekam game yang sedang Anda mainkan dengan menggunakan fitur NVIDIA ShadowPlay.

Fitur lainnya adalah ROG Game First III, yang merupakan sebuah aplikasi khusus untuk memantau dan mengatur prioritas pada program yang sedang berjalan. Aplikasi ini secara otomatis akan membuat G751JY memprioritaskan game yang sedang dimainkan ketimbang aplikasi lainnya. Hasilnya, sesi bermain game menjadi lebih lancar dan tak terganggu karena sebagian besar sumber daya laptop ini dialihkan dan diprioritaskan untuk kebutuhan bermain game.



Kesimpulan

ASUS ROG G751JY merupakan salah satu laptop gaming paling bertenaga yang ada di pasar Indonesia saat ini. Laptop yang menggunakan komponen premium ini memiliki performa yang sangat tinggi, baik dari segi gaming, maupun segi aplikasi lainnya. Meskipun memiliki bobot yang cukup berat dan dimensi yang cukup besar, ia masih cukup mobile dan mudah untuk dibawa bepergian.

Di pasar Indonesia, laptop ini terbagi dalam dua tipe. Pertama, menggunakan SSH sebesar 8GB dan RAM sebesar 8GB. Sedangkan tipe kedua adalah yang menggunakan SSD sebesar 512GB dan RAM sebesar 32GB.

Untuk merasakan performa hebat laptop ini, Anda juga harus menebusnya dengan harga "premium", yaitu Rp24.599.000 untuk tipe yang pertama, dan Rp33.299.000 untuk tipe yang kedua.


 
  ASUS ROG G751JY
Ukuran Layar 17,3-inci
Prosesor Intel Core i7-4720HQ Processor @ 3,6 GHz
GPU Nvidia GeForce GTX 980M
RAM 8 GB / 32 GB
Penyimpanan 1 TB HDD + 8GB SSH / 1TB HDD + 512GB SSD
Bobot 4,8 Kg
Paket Penjualan Adapter, Manual, Setup Instruction, Warranty Card, Backpack
Harga Rp24.599.000 / Rp33.299.000












  references by metrotvnews

 
Like us on Facebook