May 22, 2015

Review & Spesifikasi Modem ZTE MF825A 4G LTE 100 Mbps

Spesifikasi Modem ZTE MF825A 4G LTE 100 Mbps, Huruf A pada modem ini adalah dari AIRTEL, pembaruan dari modem sebelumnya versi MF825. Sebuah perusahaan network di India. Mungkin ini modem yang harganya terjangkau yaitu antara 195 ribu hingga 200 ribu. [SAAT ARTIKEL INI DITULIS]. gk tau setelah saya posting dan review, apakah jadi lebih murah atau jadi mahal. Solanya pas saya beli harganya 190 ribu, berawal dari penasaran.. kok jarang orang yg punya/beli modem ini ^_^
diantara jenis modem 4G lainnya kedepan mungkin kisaran harganya antara 250-500 Ribu.
Kenapa saya review yg ZTE  STCwarna item ini ?, karena saat artikel ini diretulis dan review gk ada yang nge review, pensaran... harga modem murah tapi jarang yg pake atau nge review. Akhirnya coba beli deh..

Kalau yang warna putih khusus untuk Modem Bolt, atau untuk provider di  frekuensi 4G LTE TDD 2300Mhz, harus dioprek dulu software/firmwarenya agar mau unlock GSM.


Modem ZTE MF825A STC dengan kecepatan download hingga 100 Mbps 4G LTE. Memiliki fitur AUTO APN dan Auto Connect, yang memudahkan setting bila mana dibutuhkan. Modem ini bisa digunakan untuk semua kartu gsm pada jaringan seperti : 4G Mhz, 2G, 3G/ UMTS, dan DC-HSPA+. ZTE MF825A STC terdapat dual slot antena external, yang akan sangat membantu memperkuat penangkapan sinyal dengan bantuan antena external.


saat berjalan pada frekuensi 3G modem ini memiliki kecepatan tertinggi hingga 42 Mbps DC-HSPA+ yang akan membuat Anda dapat menjelajahi dunia maya lebih cepat dari sebelumnya.
User FriendlyDashboard dengan tampilan yang simple, memudahkan pengguna memanage koneksi langsung dari browser. Tidak hanya memanage koneksi internet, namun dapat menampilkan semua message yang diterima di nomor internet Anda. Anda bahkan bisa me-replay messages saat sedang login.

Easy Auto APNZTE MF825A dapat mengenali APN standart kartu secara automatis. Modem ini juga dapat di setting secara manual untuk APN kartu yang perlu di setting secara manual.
Plug & PlayPengguna tidak perlu melakukan instalasi melalui disc/ cd, cukup colok modem ini ke USB Port dan driver secara otomatis akan muncul

Modem ini juga dilengkapi dengan antena penguat sinyal, bagi daerah pelosok yang sinyalnya jelek, jauh dari menara provider dan susah nangkep sinyal. Kabel/Antena/PigTail penguat sinyalnya dijual terpisah. bisa dibeli di toko komputer/toko online terpercaya.








  • UNLOCK SEMUA KARTU GSM, settingan APN provider/operator GSM akan terdeteksi otomatis sesuai kartu GSM yg digunakan. Kecepatan/jaringan intenet tergantung BTS/Menara operator lokasi di daerah kalian masing-masing.  APN bawaannya/defaultnya jawalnet.com.sa
  • Untuk membuat Profil settingan koneksi internet provider http://m.home/index.html#apn_setting
  • Khusus untuk Setting APN kartu bolt
    - Profile Name * :bolt
    - IPV4 APN * : internet
      SET DEFAULT. Close program nya. Cabut modemnya. Tancap kembali modemnya.
  • APN untuk Smartfren 4G
    apn :smarfren4G
    password :smartfren4G
  • Kalau lampu modem warnanya warna hijau artinya daerah kamu support jaringan 4G, 
  • kalau lampu warna Biru artinya daerah kamu masih support jaringan 3G-3.5G/HSPA+
  • Kalau lampu modem warna merah artinya kartunya gak support sama modemnya, kuota/paket internet abis, atau jaringan daerah kalian lagi gangguan/maintenance
  • Kalau lampu modem gak nyala setelah dicolokin ke Laptop/PC, artinya modemnya rusak.
Cara memilih/melihat jaringan ditempat kalian support 4G/3G atau tidaknya dengan modem ZTE MF825A STC

-Disconnect dulu modem
-Buka http://m.home/index.html#net_select 

-Klik Search, tunggu beberapa detik/menit
-Akan muncul seluruh nama operator beserta jaringan yg support 3G/4G di tempat tinggal kalian
-Ada operator/provider yang harus pakai kartu (SIM CARD) 4G LTE khusus untuk menikmati layanan 4G LTE
-Gunakan/Register kartu provider yg sedang digunakan, sesuai dengan  menara BTS  didaerah kalian entah itu jaringan 2G/3G/4G



Menkominfo sendiri mengaku telah mendesak keempat operator tersebut untuk secepatnya memutuskan metode pemindahan kanal agar bisa mengeluarkan Keputusan Menteri untuk penataan dan 4G di 1.800 MHz bisa dinikmati di seluruh Indonesia pada akhir 2015

"Pokoknya saya tak mau target waktu komersial 4G di 1.800 MHz itu molor di akhir tahun ini," lanjut Chief RA yang telah menandatangani Surat Edaran No. 1/2015 tentang kebijakan tata ulang pita frekuensi 1.800 MHz, serta membentuk Satgas untuk mengawasi tata ulang tersebut.

Diungkapkannya, pemerintah memiliki target pada semester kedua 2015 operator mulai melakukan penataan kanal di frekuensi 1.800 MHz agar bisa menempati posisi berdampingan sehingga ideal untuk 4G.

Keempat operator yang dimaksud adalah
Telkomsel (22,5 MHz), XL Axiata (22,5 MHz), Indosat (20 MHz), dan Hutchison 3 Indonesia (10 MHz).

"Total ada 42 cluster. Di clusternya itu awalnya ada metode direct dan indirect, sekarang ada step-wise. Itu mungkin ada yang menggunakan direct, ada yang indirect ada juga di antaranya. Tergantung operatornya saja," ujar Rudiantara.

Proses tata ulang yang dilakukan oleh operator seluler yang mendiami di frekuensi 1.800 MHz dimulai pertama kali di Maluku dan Maluku Utara. Refarming yang dilakukan Senin (4/5) dini hari itu sendiri berjalan lancar.

Hingga akhir 2014 lalu, proses implementasi 4G LTE “tahap pertama” di Indonesia sebenarnya sudah selesai, dan layanan teknologi 4G LTE “tahap pertama” sudah bisa diterapkan di frekuensi 900 Mhz. Tak menunggu lama, pihak pemerintah kembali melaksanakan proses implementasi 4G LTE “tahap kedua” dengan medorong penggunaan spektrum frekuensi 1.800 Mhz.

menurut Menkominfo Rudiantara, spektrum tersebut memiliki ekosistem yang lebih matang, termasuk dari sisi perangkat konsumennya. Bahkan beberapa produk buatan dalam negeri sudah siap mendukung jaringan ini. Penataan harus dilakukan di 1.800 MHz karena spektrum frekuensi yang digunakan keempat operator itu terpisah-pisah. Agar optimal, maka spektrum dengan total 75 MHz itu direalokasi supaya bersandingan antara operator yang menggunakannya.
Untuk mempercepat penataan pita frekuensi radio 1800 MHz, sesuai dengan komitmen Menteri Komunikasi dan
Informatika Republik Indonesia, telah ditandatangani surat edaran nomor 1 tahun 2015 tentang kebijakan penataan pita frekuensi radio 1800 MHz.

Surat Edaran yang ditandatangani oleh Menteri Komunikasi dan Informatika pada tanggal 13 Februari 2015 tersebut, ditetapkan atas dasar peraturan perundangan-undangan dan asas-asas umum pemerintahan yang baik, juga dimaksudkan agar kebijakan menata industri telekomunikasi menuju kondisi industri yang sehat dan ideal serta berhasil guna, dan memberikan kepastian sehingga dapat mempercepat persiapan langkah-langkah korporasi bagi Para Penyelenggara Telekomunikasi. Para Penyelenggara Telekomunikasi pada pita frekuensi radio 1800 MHz diminta agar menyiapkan hal-hal yang diperlukan dalam menjamin implementasi penataan pita frekuensi radio 1800 MHz. Diharapkan juga agar penataan  pita frekuensi radio 1.800 MHz dimuat dalam program kerja perusahaan tahun 2015 termasuk dukungan pendanaan, perangkat, jasa, dan sumber daya manusia.

Disamping itu agar para penyelenggara telekomunikasi mengadakan pertemuan perencanaan bersama (join planning session) dengan penyelenggara lain serta dengan Ditjen SDPPI dan Ditjen PPI termasuk pembahasan mekanisme dan jadwal migrasi yang berbasiskan wilayah (cluster) dengan mempertimbangkan tetap terjaganya layanan kepada para pengguna telekomunikasi (konsumen) dan melaksanakan sosialisasi penataan pita frekuensi radio 1.800 MHz secara utuh dan memadai kepada para pengguna telekomunikasi (konsumen) dan masyarakat luas bersama-sama dengan Kementerian Kominfo.

Dengan dikebutnya peraturan mengenai 4G LTE ini, diharapkan para operator seluler di Indonesia bisa bergegas untuk melakukan refarming atau realokasi frekuensi ke spektrum 1.800 MHz. Jaringan 4G di spektrum itu sendiri diharapkan sudah akan terwujud pada pertengahan tahun 2015. Akan tetapi, penerapan 4G ini tampaknya tidak akan bisa diterapkan langsung ke seluruh Indonesia, melainkan dimulai per wilayah atau cluster. Operator seperti XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia (Tri), Indosat dan juga Telkomsel, sepakat penataan dimulai dari Papua dan Kalimantan. Pihak pemerintah berkomitmen implementasi 4G LTE di spektrum 1.800 MHz dapat digelar secara merata di seluruh Indonesia paling lama kuartal pertama tahun 2016. Selanjutnya Pemerintah juga segera mendorong implementasi 4G LTE “tahap ketiga” di jaringan 2100 Mhz.
Sumber : Kemenkominfo




operator telekomunikasi telah mencapai kata sepakat untuk memilih satu dari tiga opsi. Nantinya, XL Axiata akan menempatkan posisi paling kiri dengan frekuensi 22,5 MHz yang kemudian diikuti oleh Tri dengan 10 MHz, Indosat 20 MHz, dan terakhir Telkomsel 22,5 MHz.


Spesifikasi  
ZTE MF825 4G LTE 100 Mbps (PUTIH)
(sumber: http://www.4gltemall.com/zte-mf825-4g-fdd-td-lte-dual-mode-usb-dongle.html)

* Support Jaringan: LTE-FDD/LTE-TDD/UMTS/EGPRS/GSM

* Frekuensi: LTE FDD 800/1800/2100/2600MHz

* Frekuensi: LTE TDD 2600 (2300) MHz

* Frekuensi UMTS 900/2100(850)MHz

* Frekuensi: GSM/GPRS/EDGE: 850/900/1800/1900MHz

* LTE Speed: Download up to 100Mbps/Upload up to 50 Mbps

* DC-HSPA+ Speed: Download up to 42Mbps/Upload up to 5.76 Mbps

* MicroSD card slot (up to 32G Storage)

* Built-in antenna

* Size: 90 mm × 28.4 mm × 13 mm

Brand Name: ZTE
Model Number: MF825A
Certification: CE/ROHS
Place of Origin: China

STC
sumber: 
http://www.portablewirelessrouters.com/sale-3989751-tablet-pc-4g-lte-modem-unlocked-zte-mf825a-100mbps-ltd-tdd-2300mhz.html
http://www.ztedevice.com/product/data_card/2d088f65-dcfb-485a-9feb-62d7debad5f2.html

Manufacturer ZTE
Model MF825a
Unlocked Fully unlocked. ready to use worldwide
Network Bands 4G LTE TDD 2300Mhz
3G-4G DC-HSPA+/HSUPA/HSDPA/UMTS/WCDMA - (900)/2100MHz.
2G GSM/GPRS/EDGE - 850/900/1800/1900MHz.
Data Speed Download up to 100 Mbps, Upload up to 50 Mbps.
Memory MicroSD card slot up to 32GB.
Ports USB 2.0
Display LED Indicator.
Antenna Integral antenna. 2 X External antenna interface.
Dimensions Size: 80*30*13mm. Weight: 35g.
Supported Systems Windows XP SP3, Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10,  Mac OS X 10.5.8 (and later versions).
Features Data and SMS service.
Plug and Play.

Package Contents ZTE Mf825a Mobile Broadband.

Quick Start Guide.
Original Box.



Model ZTE mf825a
Speed 100Mbps
2G Band 850/900/1800/1900MHz
3g Band 2100/900Mhz
4g Band TDD 2300Mhz
external antenna port 2


Tampilan WebGUI

Berbeda dengan modem lainnya, karena modem ini pengaturan APN, SMS, dan lain-lain langsung dari Web Graphical User Interface (GUI) jadi tidak memberatkan/menghabiskan memori RAM+ Processor Laptop/PC.

Kalau pakai browser Firefox tinggal ketik m.home  [TIDAK AKAN NYEDOT KUOTA] soalnya ini aplikasi offline.
tekan ENTER dari keyboard untuk masuk ke WebGUI nya
atau agar lebih mudah jadiin bookmark/icon aja agar mudah diakses di toolbar browser.








USER MANUAL/USER GUIDE

Perlu dibaca mengenai petunjuk penggunaan, agar modem kalian tidak cepat rusak
Klik link ini untuk mendownload (tunggu 5 detik, lalu klik tulisan "skip ad" di pojok kanan atas)


  • Cara menggunakannya cukup colok ke PC/Laptop, tunggu beberapa menit PC/Laptop mendeteksi hardware modem ZTE MF825A nya, kemudia ia akan instal otomatis driverinya. dan nanti akan konek otomatis
  • ATAU Cara menggunakannya klik > My Computer > Klik LTEModem
  • Cara disconnect cukup dengan klik/copy/memasukan URL ini http://m.home ke browser, lalu tekan Enter di keyboard, lalu klik tulisan Disconnect. agar mudah silahkan Bookmark di Browser URL tersebut, jadi kalau kamu pingin Disconnect tinggal klik URL nya
  • Jangan lupa Disconnect, kemudian klik Safely Remove Hardware sebelum mencabutnya dari laptop/PC jika modem tidak digunakan. agar awet. 

JIKA DASHBOARD http://m.home tidak bisa diakses, padahal mpdem sudah dicolokin ke PC/Laptop, kamu bisa mengaksesnya dengan mengetik di URL browser  http://192.168.0.1
OR 
to connect (to internet), type the following url in your browser

http://192.168.0.1/goform/goform_set...ONNECT_NETWORK

to diconnect the connection type the following url in your browser

http://192.168.0.1/goform/goform_set...ONNECT_NETWORK


CARA MENGGANTI DNS SERVER DI MODEM ZTE MF825A 4G LTE

Cara mengganti DNS

>Buka Control Panel > Network and Internet Connection
  >Network Connections]


  >Cari LAN or High-Speed Internet Conncetions
  >Cari logo/ikon internet yg sedang tersambung menggunakan modem ZTE MF825a
  >Jika sudah ketemu > klik kanan > logo koneksina
  >Pada tab general > cari internet protocol (TCP/IP)
   > Klik Properties
  >Pilih Use the following DNS addreses
    > isikan DNS SERVERNYA (kali ini saya memasukan DNS server milik Google)
  prefered DNS server dengan angka: 8.8.8.8
  alternate DNS server dengan angka: 8.8.4.4

  >Checklist "show icon notification area when connected"
   >Klik Ok > Klik Close

 >Klik Kanan logo/ikon internet yg sedang tersambung menggunakan modem ZTE MF825a
   >Pilih "status"
   >Klik Disable

>Klik Klik Kanan kembali logo/ikon internet yg

maka sekarang sudah tersambung ke internet mengggunakan DNS, Jika DNS sudah diganti maka tidak akan bisa mengakses WebGui  m.home


JIKA INTERNET TIDAK DIGUNAKAN, UBAH KEMBALI KE PENGATURAN DNS KE PENGATURAN DEFAULT/AWAL. Obtain DNS server address automaticaly".
 Unchecklist pilihan
"show icon notification area when connected"

JIKA TIDAK INGIN MENGGUNAKAN DNS SERVER
ULANGI LANGKAH-LANGKAHNYA DARI AWAL CARA MENGGANTI DNS

JIKA TIDAK MAKA SAAT PC/LAPTOP DIRESTART MAKA MODEM TIDAK AKAN BISA MENGAKSES INTRENET/TERDETEKSI DI PC. JIKA MEMANG BENAR-BENAR LUPA,
KLIK di kotak search (Win 7/8/8/1) / MY COMPUTER (Win XP) > TAB> HARDWARE> DEVICE MANAGER > KLIK NETWORK ADAPTERS > KLIK ENABLE



Catatan:
Jika kuota internet kalian habis, biasanya gak akan mau konek ke internet. 
untuk mengatasinya, maka ubah kembali ke pengaturan default dengan mengganti pengaturan DNS
menjadi "Obtain DNS server address automaticaly".

Kalau udah diisi paket/kuota internet kembali, dan ingin menggunakan DNS. maka ubah lagi dari awal.






Sistem Operasi
Tested works by me on: Win XP SP3, Win 7, Win 8/8.1, Windows 10, Linux, MAC
Modemnya gak cepet panas


JANGAN MEMATIKAN/DISABLED AUTORUN/SERVICES ZTE SAAT STARTUP WINDOWS
BIASANYA NANTI MODEM KALIAN GAK AKAN MAU KEDETEK

-Cocok untuk yang mau pakai kartu 4G Bolt / Smartfren namun budget terbatas
-Untuk jaringan 3G/3.5 G bisa pakai semua kartu GSM


MERASA TERBANTU DENGAN ARTIKEL/POSTINGAN BLOG ?
ADS/DONASI BLOG :

BANK BNI/BNI Syariah (Kantor Cabang SYARIAH BANDUNG)
atas nama:
Nama : AGUNG Y D
No. Rekening : 0326970275

(semoga pahala kalian mengalir atas postingan/artikel bermanfaat di blog ini bagi yg membaca & mengamalkannya):

atau

 
Like us on Facebook