May 5, 2015

Tampilan Grafis Game DirectX 12 di Windows 10

DirectX 12 bisa membuat para pengembang game dan produsen kartu grafis semakin berkreasi. Hal ini pun ditunjukkan melalui sebuah demo yang mengagumkan.

Apa itu DirectX ? pasti kalian pernah mendengar kata "Directx". setiap kita hendak bermain game, atau menyetel musik pada komputer baru pasti kita seolah - olah di wajibkan untuk menginstall directx terlebih dahulu, bahkan  banyak sekali dari kita yang menjadikan hasil diagnosa dari directx ini untuk dapat melihat spesifikasi dari suatu komputer dengan perintah dxdiag.

cara menjalankan dxdiag

Application Programming Interface (API) generasi keduabelas ini memang seakan mendobrak batasan yang selama ini membelenggu produsen kartu grafis dan pengembang game. Platform baru ini menawarkan banyak dukungan yang lebih kompleks.

Untuk menunjukan seberapa luas dukungannya, Microsoft bekerja sama dengan Nvidia dan Square Enix mempertontonkan sebuah game yang dibuat berdasarkan standar directX 12. Hasilnya?

Demo berjudul Witch Chapter 0 [cry] itu menampilkan karakter wanita yang sedang menangis, di adegan yang sama juga terlihat gambar gunung yang semuanya diolah secara realtime oleh empat kartu grafis Nvidia Titan.

Steve Guggenheimer Corporate Vice President and Chief Evangelist untuk Microsoft, memamerkan demo tersebut disela-sela Microsoft Build Developer Conference berlangsung di San Fracisco. Dikutip dari Ars Technica, Minggu (3/5).

Menurutnya, demo tersebut menampilakn setidaknya 63 juta polygon pada tiap karakter, jauh lebih tinggi dari kebanyakan game saat ini yang hanya sanggup mengolah 85 ribu polygon. Hebatnya lagi game berbasis directX 12 itu ditampilkan dalam resolusi 8K, alias 7680 x 4320 pixel.

Secara umum directX 12 memang bisa memberikan pengalaman baru dalam bermain game, grafis yang lebih menawan, tingkat detail yang lebih tinggi, serta resolusi yang kian besar. Hanya saja untuk mendapatkan itu semua pengguna harus rela menghabiskan uang yang tidak sedikit untuk membeli kartu grafis yang benar-benar tangguh.

DirectX 12 akan dirilis bersamaan dengan Windows 10. Kartu grafis/VGA terkini berbasis directX 11 kabarnya bisa tetap menggunakan API terbaru Microsoft tersebut.
Perlu kamu ketahui bahwa sistem operasi Windows 7 tidak akan support dengan DirectX 12



Berikut adalah demo video game yang sudah mengoptimalkan kemampuan Microsoft directX 12












references by cnnindonesia

 
Like us on Facebook