June 7, 2015

Faktor Penyebab Anak Kecil Kecewa Pada Orangtuanya

Banyak faktor yang mempengaruhi perubahan suasana emosional anak. Namun nyatanya, tak banyak orangtua yang mampu menyadari perubahan emosional si kecil.

Seperti dikutip laman Boldsky, Sabtu 4 April 2015, lima hal ini bikin anak mengungkapkan kekesalannya yang berujung pada kekecewaan:



Pujian
Ini adalah salah satu yang dilupakan orangtua pada anaknya. Usai si kecil melakukan sesuatu, ada baiknya bila Anda memberikan apresiasi dalam bentuk pujian.

Ketika Anda lupa untuk memberikan 'medali' tersebut, si kecil dapat merasa diabaikan. Hal itu kemudian membuat mereka sedih dan kesal.

Perkataan
Salah satu hal yang mengganggu emosional anak adalah keluarnya kata-kata negatif dari mulut orangtua.

Hal tersebut dapat membawa anak pada lingkungan negatif. Bukan hanya itu, perkataan kasar dapat menghancurkan semangat mereka.

Kontrol
Melindungi anak dengan melarang mereka melakukan berbagai hal dapat berdampak buruk pada psikologinya. Terlampau mengekangnya juga dapat membuat mereka kurang percaya diri dan tidak menutup kemungkinan si kecil tumbuh menjadi anak yang nakal.

Perbandingan
Ada baiknya Anda tidak membandingkan si kecil dengan anak sebayanya di sekelilingnya. Hal itu membuat mereka berpikir bahwa Anda tidak mempercayainya.

Yang harus diketahui, setiap anak memiliki kemampuan berbeda dari anak lainnya. Oleh karena itu, cobalah menutupi kekurangannya dengan menonjolkan kelebihannya.

Keluarga
Ketika Anda dan pasangan tengah bermasalah, hindari bertengkar di depan anak. Hal itu dapat mempengaruhi emosional anak, karena tingkat kematangan mereka yang rendah dan belum memahami kondisi yang terjadi.









references by rtv

 
Like us on Facebook