June 1, 2015

Windows 10 Resmi Rilis Rencananya Tanggal 29 July 2015

Perusahaan pengembang peranti lunak Microsoft akan segera merilis sistem operasi terbarunya, Windows 10, pada 29 Juli mendatang. Sistem operasi ini akan diberikan gratis kepada pengguna Windows 7 dan Windows 8.1 di komputer pribadi.


Dalam sebuah pernyataan yang diterima CNN Indonesia, Senin (1/6), Microsoft mengatakan Windows 10 akan tersedia di 190 negara di seluruh dunia.

"Dibangun dengan bantuan lebih dari empat juta orang di seluruh dunia, Windows 10 menandai mulainya era baru teknologi yang personal, didesain untuk memberdayagunakan manusia untuk melakukan hal-hal hebat," tulis Microsoft dalam pernyataan.

Windows 10 mengembalikan cita rasa lama yang hilang pada Windows 8, yaitu tombol Start di sisi kiri bawah.

Ia juga tak lagi menggunakan aplikasi peramban Internet Explorer, karena sudah diganti dengan peramban baru bernama Microsoft Edge yang diklaim lebih cepat.

Windows 10 akan dibagi menjadi tujuh edisi, termasuk untuk sistem operasi komputer pribadi dan perangkat mobile.

Windows 10 Home merupakan edisi yang paling bawah dan ditujukan untuk pasar konsumen rumah tangga, dan itu sudah membawa aplikasi peramban Edge sampai fitur pengenal wajah Windows Hello untuk membuka kunci layar.

Untuk melengkapi konsumen rumah tangga, Microsoft juga menyediakan Windows 10 Pro. Ini akan setara Windows 8 Pro dengan kemampuan Windows Update for Business untuk pelanggan korporasi.

Selain itu ada pula edisi Windows 10 Enterprise untuk korporasi, Windows 10 Education bagi dunia pendidikan, serta Windows 10 IoT Core untuk perangkat ukuran kecil yang terhubung dengan Internet.

Nama sistem operasi ponsel Windows Phone diganti menjadi Windows 10 Mobile dan ditujukan kepada perangkat ponsel pintar, tablet, dan konsol game Xbox.

Windows 10 Mobile juga dioptimalkan untuk navigasi layar sentuh pada aplikasi perkantoran Office dan dukungan Continuum, sebuah fitur yang memungkinkan ponsel pintar menjadi sebuah komputer pribadi Windows 10 jika dihubungkan ke layar dengan kabel HDMI.

Microsoft juga menawarkan edisi Windows 10 Mobile Enterprise untuk korporasi besar dengan lisensi sistem operasi pada perangkat ponsel pintar dan tablet. Namun, rilis sistem operasi untuk perangkat mobile ini tidak bersamaan dengan Windows 10 untuk komputer pribadi.


situs jual-beli produk komputer Newegg telah menyantumkan waktu rilis dari Windows 10 di situs resminya. Dalam situs tersebut, situs tersebut membeberkan bahwa Windows 10 bakal dirilis pada 31 Agustus 2015 mendatang.

Jika informasi itu benar, waktu rilis tersebut tampaknya lebih cepat dari apa yang dirumorkan selama ini. Beberapa waktu lalu, tersiar kabar, Microsoft baru akan merilis Windows 10 pada 29 Juli.

Selain informasi tanggal rilis, Newegg juga menampilkan harga dari seri Windows teranyar ini. Ada dua versi Windows 10 yang dijualnya, yakni Windows 10 Home dan Windows 10 Professional.

Newegg menjual Windows 10 Home dengan harga 109 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 juta. Sementara itu, versi Windows 10 Professional dilabeli harga 149 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta.

Harga-harga tersebut ditujukan bagi OEM atau pembuat komputer. Jadi, seharusnya harga dari sistem operasi versi retail bisa lebih murah ketimbang harga untuk para OEM.

Para pengguna sistem operasi Windows versi lama pun sebenarnya bisa mendapatkan Windows 10 secara cuma-cuma. Beberapa waktu lalu, Microsoft mengumumkan, sistem operasi terbaru ini bakal bisa diperoleh secara gratis oleh para pemilik komputer berbasis sistem operasi Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1.

Akan tetapi, masa gratis tersebut hanya berlaku selama satu tahun saja. Setelah masa promosi selesai, pengguna diharuskan untuk membayar lisensinya.

Hingga saat ini, Microsoft masih belum mau memberikan konfirmasinya perihal informasi yang dibagikan oleh Newegg tersebut. Waktu rilis dan harga masih bisa berbeda dari yang diutarakan oleh Newegg.





references by cnnindonesia, kompas

 
Like us on Facebook