July 2, 2015

Cara Mengatasi Bayi Menangis

Menyenangkan memang saat mendengarkan tangisan bayi pertama kali lahir ke dunia. Tapi, setelah beberapa minggu, ketika anak Anda tidak mau berhenti menangis, itu akan berubah menjadi sangat mengganggu.

Bayi yang menangis bisa membuat orangtua kurang tidur. Mungkin ada beberapa alasan mengapa anak menangis. Tetap saja, Anda perlu menggunakan tips berikut untuk menenangkan bayi yang sedang menangis.




- Bungkus dengan selimut
Perasaan terbungkus dalam selimut akan mengingatkan anak dari perasaan hangat dan nyaman saat berada dalam rahim dan ini tentu akan cepat menenangkan bayi. Tapi ingat, tetap memastikan itu tidak terlalu ketat. Terlalu ketat saat membungkus memungkinkan akan memperburuk situasi.

- Ciptakan lingkungan damai
Anda juga bisa mencoba untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan dengan minimnya kebisingan untuk kenyamanan bayi. Rendahkan suara peralatan rumah tangga Anda seperti suara kipas atau suara radio, tentu hal ini dapat membantu menenangkan bayi dengan mudah.

- Gunakan dot
Bayi memiliki naluri yang kuat untuk mengisap hal-hal tertentu secara otomatis (seperti puting susu ibu). Oleh karena itu, menggunakan dot untuk menenangkan bayi yang menangis merupakan ide yang baik. Bahkan, penelitian juga menemukan bahwa dot dapat mencegah sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

- Membuat suara menyuruhnya diam
Anda bisa berbisik saat menggendongnya dengan menyuruhnya diam dan secara perlahan bayi Anda akan merasa tenang. Jangan gunakan suara keras karena bisa membuat bayi terkejut dan semakin menangis.

- Ajak/ Bawa bayi berkeliling
Bayi menggunakan banyak gerakan ketika mereka berada di rahim. Anda bisa meniru gerakan-gerakan ini, agar bayi Anda bergerak hingga dia merasa tenang. Atau Anda bisa menempatkan bayi di ayunan bahkan kursi goyang, untuk membuatnya santai. Bahkan Anda bisa mengambil bayi Anda untuk Anda ajak jalan-jalan sekitar agar ia merasa lebih nyaman.

Ada tips lainnya?
Tinggalkan komentar ^_^






 references by metrotvnews

 
Like us on Facebook