July 11, 2015

Info Libur Lebaran & Cuti Bersama Nasional 2015

Berikut ini adalah data rangkuman berbagai instansi yang libur maupun masuk libur Lebaran 2015

Perbankan Libur Lebaran 16–20 Juli 2015

Bank Indonesia (BI) terus mengampanyekan Gerakan Nasional Nontunai. Apalagi pada musim penukaran uang yang kini marak dilakukan masyarakat menjelang Lebaran. Upaya itu dilakukan untuk menekan jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Selain itu, hal tersebut dilakukan untuk memperluas akses keuangan masyarakat terhadap layanan perbankan. ’’Anak kecil dan remaja zaman sekarang ini sudah pandai-pandai. Kan bisa transfer saja lewat rekening ponsel. Gaya dikit lah mau Lebaran,’’ ujar Deputi Kepala Perwakilan BI Jawa Timur (Jatim) Syarifuddin Bassara.

Menurut dia, anak-anak adalah golongan yang patut diberi perhatian lebih soal inklusi keuangan. Sebab, belum banyak anak yang punya rekening tabungan di bank. Padahal, banyak dari mereka yang sudah mempunyai gadget yang canggih.

Hal itu tentu bertolak belakang dengan pendidikan mengenai sikap konsumtif. ’’Lebih baik transfer saja. Selain mengurangi jumlah uang yang beredar, itu bisa menghambat sikap konsumtif anak-anak dan supaya e-money-nya tidak langsung diuangkan. Meski di beberapa tempat bisa juga belanja pakai e-money,’’ papar pria yang kerap disapa Uddin itu.

Tidak hanya soal edukasi dan inklusi keuangan, pemberian angpau Lebaran lewat transaksi nontunai juga lebih aman. Sebab, anak-anak tidak membawa banyak uang tunai secara fisik. Orang yang membawa banyak uang tunai selalu rentan menjadi korban kejahatan. Karena itu, jika anak-anak tersebut membawa uang dalam ponsel mereka, kemungkinan mereka untuk menjadi korban kejahatan bisa dikurangi.
Dengan menggunakan transaksi nontunai, selain tidak perlu repot datang ke bank, pemberi angpau Lebaran hemat waktu dan tenaga. Mereka juga akan terhindar dari kemungkinan mendapat uang palsu. Apalagi jika penukaran uang tersebut dilakukan bukan di BI, bank umum, dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang melayani penukaran uang kecil.

’’Kalau tukar uang di pinggir jalan, rentan mendapatkan jumlah uang yang berkurang dari aslinya dan rentan ditukar dengan uang palsu. Makanya, hati-hati dan tukarlah uang hanya di outlet resmi. Gratis,’’ ucapnya.
Jumlah uang palsu di Jatim per Mei 2015 mencapai 12.740 bilyet. Jumlah tersebut naik dari periode yang sama pada tahun lalu yang hanya 10.889 bilyet. Pada Lebaran nanti, BI Jatim mulai menutup segala aktivitas mulai 16 hingga 20 Juli 2015. BI kembali buka pada 21 Juli 2015 dan hanya melayani secara terbatas, yakni kas, kliring, dan real time gross settlement (RTGS).


 PNS Diwajibkan Masuk Kembali 22 Juli


 Seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh, diwajibkan masuk kembali kekantor pada Rabu 22 Juli 2015 setelah melaksanakan libur bersama dan cuti hari raya Idul Fitri 1436 H yang akan dimulai dari Kamis 16 Juli nanti.

Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh,  Marwan menyebutkan, penetapan ini berdasarkan keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI dengan Nomor 5 Tahun 2014, Nomor 3/SKB/MEN/V/2014, dan Nomor 2/SKB/MENPAN/V/2014 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2015.

Libur Idul Fitri atau hari libur nasional tahun ini ditetapkan pada Jumat-Sabtu (17-18 Juli). Sedangkan cuti bersama ditetapkan Kamis, Senin, dan Selasa (16, 20, dan 21 Juli).

“Tanggal 22 Juli seluruh PNS diwajibkan masuk kantor, kecuali sakit dan cuti. Apabila ada yang tidak masuk maka dikenakan sanksi berupa pemotongan TPK (Tunjangan Prestasi Kerja, red),” kata Marwan.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, lanjut Marwan, pada hari pertama kerja setelah libur lebaran, tim Pemko juga akan melakukan monitoring ke seluruh SKPD. Tim ini akan dipimpin langsung oleh Wali Kota, Wakil Wali Kota, dan Sekda.
\

 Jelang hari Raya Idul Fitri 1436 H atau 2015 Masehi, pemerintah menetapkan jadwal libur cuti bersama. Libur lebaran PNS dimulai tanggal 16 Juli 2015 hingga 21 Juli 2015.

LIBUR LEBARAN tersebut berdasar keputusan bersama Kementerian Agama, Kementerian PU dan Transmigrasi serta Kemenpan RB. Surat edaran hari libur akan diumumkan ke setiap instansi pemerintah pusat dan daerah.

Adapun libur dan cuti bersama di lingkup perbankan mulai 16 Juli hingga 20 Juli 2015. HAL tersebut sesuai surat edaran BI melalui situs resmi bi.go.id.
Penetapan hari raya Idul Fitri baru diumumkan usai sidang isbat. NAMUN kemungkinan lebaran tahun ini serentak 17 Juli 2015. ORMAS MUHAMMADIYAH sudah menetapkan 1 Syawal 1436 Hijriah jatuh pada 17 Juli 2015.







references by jawapos, indopos,

 
Like us on Facebook