July 1, 2015

Nama Jenis Phobia Terhadap Makanan

Setiap orang memiliki ketakutan akan sesuatu. Apakah itu takut ketinggian, takut bila berada di ruangan sendiri, takut serangga, dan berbagai phobia yang lain.

Uniknya, hampir seluruh jenis ketakutan yang dialami manusia telah diberi nama oleh para ahli psikologi, termasuk ketakutan pada makanan. Makanan? Ya, Anda mungkin pernah melihat seseorang langsung menutup mulutnya atau lari ketakutan ketika melihat jenis makanan tertentu.




Ketakutan pada makanan yang terbuat dari daging

1. Alektorophobia merupakan takut ayam dan karenanya, bahkan kata-kata seperti, 'Rasanya seperti ayam' bisa menjadi bencana bagi mereka.

2. Carnophobia adalah ketakutan pada daging. Orang-orang ini mencoba untuk menghindari makan daging, bahkan hanya melihat sebuah steak house telah membuat mereka bergidik ketakutan

3. Ichthyophobia adalah takut ikan. Orang yang menderita fobia ini tidak dapat melihat ikan akuarium, apalagi untuk memakan ikan walaupun telah dimasak.

4. Ostraconophobia adalah takut kerang. Beberapa orang mengalami alergi ketika memakan kerang sehingga mereka berusaha menghindari kerang, namun orang yang phobia kerang jauh merasa lebih takut lagi ketika melihat kerang rebus lezat di atas meja makan.

Ketakutan pada makanan yang terbuat dari sayuran

1. Allumphobia adalah takut pada bawang putih. Orang-orang ini mencoba untuk menjauh dari bau bawang putih serta tidak berani untuk melihat bawang putih, baik itu di pasar maupun di dapur.

2. Lachanophobia adalah takut sayuran. Ini adalah jenis ketakutan yang umum terjadi pada anak-anak yang takut untuk memakan sayuran jenis apapun.

3. Mycophobia adalah takut jamur. Orang-orang ini merasa jijik pada jamur setelah membayangkan bahwa jamur tumbuh pada kotoran hewan.

Ketakutan yang berhubungan dengan memasak dan makanan secara umum

1. Cibophobia adalah takut makan. Walaupun mungkin terdengar aneh, namun masih ada orang yang begitu berusaha agar ia tak perlu makan karena ia membenci makan.

2. Geumophobia adalah takut rasa. Orang-orang ini ketakutan jika harus mencoba sebuah rasa baru yang belum pernah mereka cicipi sebelumnya.

3. Phagophobia adalah takut menelan. Orang ini lebih suka jika ia mengidap cibophobia, sehingga ia tidak akan pernah menaruh makanan di mulutnya sama sekali.

4. Mageirocophobia adalah takut memasak. Nah, itulah alasan yang kuat untuk hidup dengan makan melalui pesanan delivery order.

5. Consecotaleophobia adalah takut makan dengan sumpit. Mereka takut bahwa sumpit bisa berakibat fatal bagi mereka, seperti tertusuk atau tersayat oleh serpihan bambu sumpit.

6. Arachibutyrophobia adalah takut selai kacang yang menempel pada langit-langit mulut. Sangat aneh bukan?

Apakah Anda salah satu yang menderita phobia tersebut? Kalau iya, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau psikolog.


Kamu termasuk yang mana ?




references by metrotvnews

 
Like us on Facebook