August 30, 2015

Kenali Penuaan Dini Dari Rambut

Dibanding kulit, penuaan dini atau penuaan pada rambut cenderung tidak banyak digubris. Bila penuaan pada kulit bisa terlihat lewat gurat-gurat halus atau keriput, penuaan pada rambut umumnya mulai dikhawatirkan ketika sudah muncul uban. Hal yang sedikit diketahui adalah, rambut merupakan adneksa kulit.


"Adneksa kulit artinya adalah, rambut merupakan struktur tambahan perpanjangan dari kulit, yang memiliki peran tertentu, seperti kelenjar keringat, rambut, dan kuku. Namun, seringkali, penuaan pada rambut jarang mendapat perhatian," demikian tertulis dalam jurnal kesehatan berjudul Penuaan Rambut, karya Sjarif M Wasitaatmadja, dikutip Jakarta, Minggu (30/8).

Umumnya, proses penuaan pada rambut terjadi karena fisiologis sesuai pertambahan usia, atau dikenal dengan true aging. Penuaan fisiologis pada kulit kepala akan sejalan dengan penuaan fisiologis pada rambut. Faktor lainnya adalah kerusakan pada batang rambut akibat lingkungan atau kosmetik.

Penuaan dini pada rambut dapat terjadi akibat rambut banyak terekspos lingkungan dan zat kimia buatan yang keras dalam proses dekoratif.

Menurut jurnal tersebut pula, beberapa ciri-ciri rambut yang mengalami penuaan adalah: terlihat dan terasa kering, kusam, kasar, beruban, dan rontok hebat.

Pada rambut menua akan terjadi penuaan folikel rambut (bagian dari kulit, yakni sebuah kantong tempat tumbuhnya rambut), yang akan menimbulkan beberapa hal:
a. Penurunan pertumbuhan rambut yang menyebabkan terjadinya penipisan rambut hingga kebotakan.
b. Penurunan kerja melanosit yang berada dalam folikel. Melanosit merupakan sumber melanin, sebagai senyawa penting yang menentukan warna rambut. Tubuh manusia tidak dapat mereproduksi melanosit, sehingga bila melanin berkurang akan berdampak pada menurunnnya kualitas rambut.
c. Melanosit dapat rusak atau terdegradasi sebagai dampak pengaruh oksidasi, seperti paparan UVA dan UVB, polusi, stres, dan akumulasi radikal bebas.



Penyebab ubanan sendiri yakni zat yang memberi warna pada rambut semakin menurun produksinya sejalan dengan usia kita. Kekurangan gizi juga bisa menyebabkan berkurangnya kadar pigmen. Sehingga rambut pun akan semakin pirang dan kemudian memutih atau beruban. Selain itu juga seseorang yang menderita penyakit imunologi anemia pernisiosa, yakni jenis kekurangan darah juga bisa penyebab rambut menjadi beruban.

Cara Mengatasi Rambut Ubanan Secara Alami

1. Mencegah Stress
Stres yang sering dialami seperti ini merupakan salah satu penyebab munculnya uban. Hal tersebut disebabkan karena banyak tekanan. Stress merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya penuaan pada rambut. Oleh karena itu, dengan lebih bersantai dan rileks, Anda dapat mencegah timbulnya uban sebelum waktunya.

2. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala
Riset yang dilakukan oleh dermatologis dunia menunjukan bahwa ketombe juga merupakan salah satu penyebab timbulnya uban. Gunakan sampo anti ketombe atau perasan jeruk lemon sebagai alternatif pilihan yang alami untuk menghilangkan ketombe.

3. Mengatur Pola Makan
Malnutrisi adalah salah satu penyebab timbulnya uban atau penuaan dini pada rambut. Diet secara berlebihan mengakibatkan kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini mengakibatkan tubuh dan rambut mengalami penuaan sebelum waktunya. Oleh karena itu, aturlah pola makan dengan baik dan seimbang untuk mencegah penuaan dini pada rambut dan tubuh Anda.

4. Mengkonsumsi Makanan yang Kaya Akan Zat Besi
Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan munculnya uban. Zat besi membantu tubuh memproduksi melanin yang dapat memberi zat warna pada rambut. Konsumsilah seafood, terutama kepiting, bayam, lemon dan jamur yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi.

5. Lakukan Perawatan yang Teratur pada Rambut
Lakukan perawatan pada rambut untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada rambut. Usapkan campuran labu dan coconut oil selama kurang lebih satu jam pada rambut, lalu bilas. Lakukan secara teratur agar mencegah terjadinya penuaan dini atau tumbuhnya uban pada rambut indah Anda.

6. Tingkatkan sirkulasi darah
Peredaran darah yang lancar penting untuk mencegah rambut memutih. Tidak ada gunanya memakan semua vitamin dan mineral, apabila semua itu tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut. Untuk memperlancar peredaran, berolahragalah secara teratur. Perlu juga diperhatikan untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari setiap hari selama 5-10 menit.

7. Stop aktivitas cabut uban
Seringkali orang mencabut uban ketika uban tersebut terlihat menghiasi rambut. Padahal, tidak dianjurkan mencabut uban karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Rambut tumbuh di bawah kulit kepala yang terdapat banyak saraf di dalamnya, karena itu mencabut akan mengganggu saraf. Akibatnya, sinyal saraf untuk memproduksi warna rambut akan terganggu.

8. Lakukan masker rambut
Bukan hanya creambath dan pijatan di kulit kepala, lakukan juga masker pada rambut secara teratur. Bukan hanya membuat rambut terlihat lebih bersinar tetapi juga nutrisinya langsung menyerap pada akar rambut. Sehingga, rambut jadi lebih sehat, tak mudah rontok dan mencegah tumbuhnya uban.

9. Kurangi penggunaan zat kimia
Bahan kimia pada produk pewarnaan rambut juga bisa membuat rambut mengalami penuaan dini. bukan terlihat kering dan kusam, uban juga bisa tumbuh lebih cepat. Jadi, jika sebaiknya jangan terlalu sering gonta-ganti warna rambut.

Untuk mengantisipasi penuaan pada rambut, Anda bisa mencoba tips sederhana dan murah berikut ini:
1. Konsumsi makanan kaya akan protein sepereti daging tanpa lemak, kedelai, biji-bijian, telur, dan sereal tidak hanya membantu helai demi helai rambut hitam Anda yang sehat tetapi juga memberikan Anda kilau rambut alami dan halus. Jika Anda sedang dalam kondisi berdiet, sesuaikan kadar protein tersebut sesuai dengan diet Anda.

2. Makanlah makanan yang kaya akan vitamin, mineral dan zat besi. Misalnya sayuran berdaun hijau, tpmat, pisang dan kembang kol. Kembang kol dapat membantu mencegah dan mengobati penuaan dini pada rambut. Makan sayuran yang kaya akan vitamin, zat besi dan mineral ini akan membuat rambut Anda tumbuh dengan sehat.

3. India Gooseberry atau Amla. Amla adalah obat yang sangat bagus untuk rambut yang beruban apabila dicampur dengan minyak kelapa dan dioleskan pada kulit kepala secara teratur. Yang paling bagus adalah dengan merebus beberapa potongan Amla kering dalam minyak kelapa dan diamkan semalaman. Oleskan minyak ini pada rambut Anda untuk perawatan rambut bagi Anda yang mengalami penuaan dini pada rambut. Jika suka, Anda bisa menambahkan beberapa jahe dan madu dalam campuran minyak kelapa dan Amla ini.

4. Teh hitam untuk rambut abu-abu. Anda bisa membuat satu cangkir teh hitam tanpa campuran susu didalamnya. Tambahkan satu sendok makan garam. Teh ini bukan untuk Anda minum melainkan dipakai untuk memijat kulit kepala Anda. Biarkan ramuan teh hitam ini minimal 30 menit dan bilaslah dengan shampo favorit Anda.

5. Anda tahu bubuk henna bukan? bubuk henna bisa menyelamatkan rambut Anda dari penuaan dini. Anda bisa membuat pasta dengan bubuk henna, yoghurt, kopi, jus kemangi dan jus mint dan kemudian Anda bisa merebus bahan-bahan ini. Biarkan campuran bahan-bahan ini semalaman sebelum Anda mengoleskannya pada rambut. Diamkan selama 3 jam bila Anda ingin mendapatkan warna hitam yang alami. Setelah itu Anda bisa membilasnya dengan shampo.

6. Rambut kering dan uban yang tumbuh terlalu dini bisa diatasi dengan rebusan air sage kering. Caranya rebus air dan 4 sendok makan sage kering. Diamkan campuran bahan-bahan ini selama 2 jam, kemudian tiriskan. Tambahkan beberapa tetes gliserin pada bahan-bahan tadi. Gliserin yang kaya akan vitamin E ini akan membuat kulit kepala Anda sehat, rambut hitam yang berkilau dan panjang.

7. Pijatlah kulit kepala dengan minyak kelapa. Rebus satu cangkir minyak kelapa, tambahkan daun kembang sepatu, minyak almond, dan bubuk methi ke dalam campuran bahan-bahan tadi. Dinginkan dan saring. Simpan di tabung kaca dan Anda bisa memakainya 3-4 kali dalam seminggu.

 Penyebab Penuaan Dini pada Rambut bisa Berasal dari Kebiasaan Merokok

Kenapa orang yang merokok, mukanya terlihat tua? seperti kurang cerah? atau keriput?
Rokok ternyata tidak hanya buruk bagi tubuh kita. Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok juga mampu mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan membuat rambut kita menjadi lebih cepat beruban dari seharusnya. Rokok menjadi Penyebab Penuaan Dini pada Rambut karena dapat membuat kulit dan rambut kita menjadi stress. Asap rokok juga bisa membuat rambut kita terpolusi sehingga menjadi lebih rentan patah atau rontok. Hal lainnya yang juga dapat mempercepat tumbuhnya uban di kepala kita adalah kurangnya kadar vitamin B12 dalam tubuh kita yang akan menghilangkan pigmen pada rambut.

Lalu, apa yang harus kita lakukan untuk menghindari tumbuhnya uban lebih cepat? Para ahli kesehatan banyak merekomendasikan untuk mulai mengubah pola makan dengan cara meningkatkan konsumsi makanan sehat, terutama yang mampu mengurangi pertumbuhan uban di kepala, seperti wortel dan hati. Makanan yang mengandung banyak vitamin, nutrisi, erta kadar antioksidan yang tinggi dapat mengatasi penuaan dini pada kulit dan munculnya uban. Selain itu, pastikan anda selalu membersihkan kulit kepala dengan benar agar kadar minyak di kepala, yang memicu pertumbuhan ubat, dapat berkurang secara signifikan.

Penyebab Penuaan Dini pada Rambut Juga Bisa dari Stress yang Berlebihan

Selain rokok, Penyebab Penuaan Dini pada Rambut juga bisa karena tingkat stress yang berlebihan. Terlalu banyak pekerjaan dan memikirkan masalah kehidupan dapat membuat rambut kita lebih cepat memutih. Anak muda jaman sekarang lebih cepat terkena stress, terutama ketika mempersiapkan ujian akhir. Besarnya tuntutan nilai kelulusan membuat mereka lebih cepat stress, yang salah satu dampaknya membuat uban tumbuh lebih cepat di kepala.  Saat stress, seseorang tidak hanya beresiko mengalami tumbuhnya uban lebih cepat, rambut rontok juga bisa mereka alami akibat stress yang berlebihan.



references by beritasatu, mediasehat.com

 
Like us on Facebook