August 8, 2015

Kenapa Ada Flek Hitam Di Wajah ?

Setiap wanita pasti menginginkan kulit yang halus dan mulus tanpa noda. Sayangnya, tidak semua wanita memiliki kondisi kulit tersebut. Noda dan flek hitam seringkali menghiasi wajah mereka.

Meski telah melakukan berbagai perawatan, flek hitam terkadang sulit dipudarkan. Berikut beberapa penyebab terjadinya flek hitam seperti dilansir laman Health Me Up,  Rabu (24/6).


1. Obat
Obat tertentu membuat kulit peka terhadap sinar UV. Ketika orang yang memakai obat ini pergi tanpa menggunakan tabir sury, kulit mereka cenderung menderita pigmentasi. Krim obat tertentu juga membawa risiko ini.

2. Masalah medis
Masalah kesehatan seperti penyakit hati atau penyakit ginjal cenderung menyebabkan pigmentasi wajah.

3. Masalah kulit
Masalah kulit medis tertentu seperti masalah auto-imun bisa menyebabkan pigmentasi kulit.

4. Penggunaan parfum
Beberapa parfum mengandung bahan kimia yang disebut minyak bergamot. Bahan kimia itu akan menyebabkan flek jika disemprotkan dan kena paparan sinar UV Cahaya Matahari


Flek hitam merupakan gangguan kulit yang umum terjadi. Biasanya lebih sering terjadi pada wanita dengan kulit kecoklatan, tapi ini juga dapat terjadi pada setiap orang.
Flek hitam biasanya berhubungan dengan hormone wanita estrogen dan progesterone. Dan ini umum terdapat pada :
  • Wanita yang sedang mengandung
  • Wanita yang sering minum obat kontrasepsi
  • Wanita yang mengkonsumsi terapi hormone selama menopause
Terkena paparan sinar matahari juga menjadi penyebab munculnya flek hitam. Permasalahan biasanya terjadi pada daerah yang beriklim tropis.

Gejala

Satu-satunya gejala dari flek hitam adalah perubahan warna kulit. Bagaimanapun, ini dapat mempengaruhi penampilanmu dan menimbulkan stress.
Perubahan warna kulit menjadi coklat yang biasanya sering terjadi. Mereka biasanya muncul di pipi, dahi, hidung, atau bagian atas bibir. Noda hitam biasanya simetris ( sama pada kedua bagian wajah )

Diagnosis

Dermatologi dan mendiagnosa kebanyakan pasien dengan cukup melihat kulitnya. Untuk melihat sudah seberapa jauh flek hitam penetrasi ke dalam kulit, biasanya mereka menggunakan alat yang disebut Wood’s light untuk melihat kulit pasien.

Kadang-kadang flek hitam dapat terlihat sama dengan kondisi permasalahan kulit wajah lainnya. Untuk analisa lebih mendalam, dermatologi membutuhkan untuk mengambil sebagian kecil dari kulit wajah. Prosedur ini disebut biopsy. Dermatologi dapat melakukan prosedur ini dengan cepat dan aman ketika waktu kunjungan.

Apa Saja Tips Menghilangkan Flek Hitam

Terapi yang biasa dilakukan termasuk cream yang mengandung 2% hydroquinone (HQ) dan 4% hydroquinone. Tabir surya tertentu juga mengandung 4% hydroquinone. Produk yang mengandung HQ di atas 2% kadang-kadang memerlukan resep. Beberapa penelitian menunjukkan cream yang mengandung 2% HQ dapat efektif untuk mencerahkan kulit dan tidak terlalu membuat iritasi dibandingan dengan yang mengandung HQ di atas 2%. Cara penggunaan cream ini untuk menghilangkan flek hitam dengan diaplikasikan pada wajah yang terdapat bercak 2x dalam sehari.

Tabir surya juga perlu diaplikasikan setelah memakai cream hydroquinone setiap pagi. Terdapat beberapa metode untuk menghilangkan flek hitam, akan tetapi type epidermis bereaksi lebih cepat dibandingkan yang lainnya karena pigmen itu lebih mendekati permukaan kulit.

Flek hitam mungkin juga dapat menghilang dengan sendirinya tanpa metode apapun. Ada juga yang dapat hilang dengan penggunaan tabir surya atau dengan menghindari paparan sinar matahari. Untuk beberapa orang, perubahan warna akibat flek hitam akan menghilang seiring dengan dihentikannya pil kb atau selesai masa kehamilan.

Untuk mengatasi flek hitam, ada kemungkinan kombinasi atau cream dengan formula khusus dengan hydroquinone, phenolic hypopigmenting agent, azelaic acid, and retinoic acid (tretinoin), nonphenolic bleaching agents, dan/atau kojic acid mungkin diresepkan. Untuk beberapa kasus flek hitam yang parah, cream yang mengandung konsentrasi tinggi HQ atau kombinasi HQ dengan bahan lainnya seperti tretinoin, corticosteroids, atau glycolic acid mungkin saja diberikan.

Kemungkinan efek samping dari penggunaan cream untuk menghilangkan flek hitam termasuk iritasi kulit sementara. Orang yang menggunakan cream dengan HQ konsentrasi tinggi atau selama periode yang lama (biasanya beberapa bulan atau tahun) sangat beresiko mendapatkan efek samping yang disebut ochronosis. Hydroquinone-induced ochronosis merupakan perubahan warna yang permanen yang disebabkan oleh penggunaan konsentrasi hydroquinone di atas 4%.


Buah dan Sayur Penghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya untuk menghilangkan flek hitam kita bisa menggunakan buah dan sayur. Berikut 6 buah dan sayur yang dapat dijadikan sebagai penghilang flek hitam pada wajah.
  1. Lemon atau Jeruk Nipis
Cara menghilangkan flek di wajah secara alami yang pertama dengan menggunakan buah lemon atau jeruk nipis. Dua jenis buah ini memang berbeda tapi mengandung mineral dan juga vitamin yang hampir sama. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis lebih tinggi dari pada lemon. Anda bisa menggunakan salah satu dari buah ini untuk menghilangkan flek hitam. Cara penggunaannya sama, yaitu oleskan air perasannya pada flek hitam yang ada pada wajah setiap malam hari. Di pagi harinya cuci bersih wajah dengan air hangat.
  1. Tomat
Tips menghilangkan flek hitam dengan buah dan sayur yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan tomat. Tomat tidak hanya bisa menghilangkan flek hitam tapi juga bisa membantu mencerahkan wajah. Cara penggunaannya jadikan jus tomat sebagai masker atau oleskan irisan tomat ada flek hitam di wajah rutin setiap malamnya.
  1. Mentimun
Siapa yang menyangka sayuran yang biasanya dijadikan lalap ini juga bisa dijadikan sebagai penghilang flek hitam. Parut satu atau dua buah mentimun kemudian jadikan sebagai masker setiap dua hari sekali. Dalam waktu singkat flek hitam di wajah Anda akan hilang.
  1. Lidah Buaya
Lidah buaya yang biasanya dijadikan sebagai bahan alami untuk merawat rambut ternyata juga bisa dijadikan sebagai bahan alami penghilang flek hitam akibat luka atau jerawat. Cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan lidah buaya cukup mudah, oleskan lidah buaya pada flek hitam di wajah ataupun dibagian kulit lainnya rutin setiap hari.
  1. Bengkoang
Dalam menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan buah bengkoang. Bengkoang sudah sangat terkenal bisa membantu mengatasi masalah di wajah salah satunya bisa menghilangkan flek hitam. Caranya jadikan bengkoang sebagai masker setiap dua hari sekali atau satu minggu sekali.
  1. Semangka
Cara terakhir yang bisa kita lakukan dalam mengatasi flek hitam juga bisa menggunakan buah semangka. Caranya pun cukup mudah, anda hanya perlu mengolah semangka yang masih segar sebagai masker wajah dengan cara menghancurkan semangka secara manual lalu jadikan masker selama 20 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan setiap dua hari sekali.





references by jpnn, liputan6 , amitaki.com, masbroo.com

 
Like us on Facebook