August 8, 2015

Ohh.. Ternyata Ini Alasan Nyamuk Suka Golongan Darah O

Bagi sebagian orang, nyamuk mungkin hanyalah binatang kecil yang hanya menumpang hidup dengan menggigit manusia. Tapi tahukah Anda, orang dengan golongan darah O lebih disukai nyamuk.

Dokter kulit dari Washington DC, Amerika Serikat Elizabeth Tanzim MD mengatakan, golongan darah ternyata mempengaruhi kerentanan gigitan nyamuk. "Kami belum mengetahui penyebabnya secara pasti, tapi biasanya golongan darah O paling menarik perhatian nyamuk."

"Kulit golongan darah O cenderung lebih sensitif dan gigitan serangga bisa memicu pelepasan sel yang membuat kulit bengkak (bentol). Nah, yang menarik, nyamuk bisa merasakan, melalui sekresi kulit, jenis golongan darah apa yang mereka sukai," katanya seperti dikutip Cosmopolitan, Kamis (25/6/2015).
Laman MNN melaporkan, penelitian mengenai golongan darah ini dilakukan di Jepang. Para ilmuwan menemukan, antena yang menempel pada kepala nyamuk itu yang menjadi penanda aroma yang dipancarkan dari kulit kita.
"Bau tubuh diproduksi secara alami dalam tubuh kita. Hebatnya, nyamuk tahu itu. Lalat dan nyamuk sebenarnya memiliki gen yang sama dalam memproduksi protein yang dapat menangkap atau mengikat bahan kimia tertentu di udara," ungkap peneliti.
Beberapa ilmuwan juga menyebutkan karakteristik lain yang dapat menarik perhatian nyamuk seperti kehamilan, menstruasi, suhu tubuh, dan konsumsi alkohol.
dari womenshealthmag.com, penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama mengapa beberapa orang lebih rentan terhadap gigitan serangga, terutama nyamuk, adalah karena golongan darah mereka. Namun penelitian memang membuktikan bahwa nyamuk ternyata lebih suka dengan golongan darah tertentu, terutama golongan darah O.

Apa mungkin golongan darah O terasa lebih manis bagi para nyamuk atau seperti apa, masih belum diketahui apa hubungan dari golongan darah tertentu dengan kecenderungan gigitan nyamuk atau serangga.Golongan darah O sendiri merupakan golongan darah yang sangat umum di antara begitu banyak manusia di dunia ini. 

Namun bukan hanya faktor golongan darah saja yang menarik perhatian nyamuk. Suhu tubuh seseorang dan sensitivitas kulit juga jadi salah satu faktor mengapa seseorang merasa lebih sering digigit nyamuk atau serangan serangga lainnya. 




references by liputan6, vemale

 
Like us on Facebook