August 2, 2015

Sinar Matahari Terlalu Panas Pengaruhi Kesuburan Reproduksi

Paparan sinar matahari ternyata bisa memengaruhi kesuburan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Prosiding jurnal Royal Society B menyebutkan, ada hubungan aneh antara jumlah sinat ultraviolet dengan kesehatan dan kesuburan.

Para peneliti dari Norwegian University of Science and Technology menganalisis data lebih dari sembilan ribu orang mulai 1750 hingga 1900. Para peneliti membandingkan data dengan bukti sejarah dari siklus radiasi matahari.

Mereka menemukan, rata-rata umur anak yang lahir pada tahun yang memiliki banyak aktivitas matahari (yaitu sinar UV sangat terkonsentrasi) 5,2 tahun lebih pendek dari anak-anak lain.
"Mungkin ada banyak faktor yang berperan di sini. Sementara radiasi UV bisa memiliki efek positif pada tingkat vitamin D, radiasi UV juga mengakibatkan degradasi vitamin B9-alias folat, yang diperlukan untuk sintesis DNA, pembelahan sel yang cepat dan pertumbuhan sel selama kehamilan," kata seorang ahli biologi dari Norwegian University of Science and Technology, gine roll Skjærvø, seperti dilansir laman Yahoo Health, Selasa (236).

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa terlalu banyak berjemur saat hamil mungkin memiliki efek merugikan pada kelangsungan hidup janin dan kinerja reproduksi berikutnya," jelas Gine.



references by jpnn

 
Like us on Facebook