August 20, 2015

Takut Kanker Kulit? Coba Minum Kopi

Kopi selama ini kerap dianggap sebagai minuman yang berbahaya bagi kesehatan. Padahal, menyesap kopi sebenarnya juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya ialah mencegah kanker kulit.

Syaratnya, tentu saja, harus minum dengan kadar yang tepat. Studi terbaru menunjukkan, orang yang memiliki kebiasaan secara teratur bisa terhindar dari melanoma ganas. Itu adalah penyebab utama kanker kulit.



Orang yang minum empat atau lebih cangkir kopi setiap hari memiliki kemungkinan 20 persen lebih kecil untuk diserang melanomathan ganas. Setidaknya, itulah penelitian yang diterbitkan di JNCI: Journal of the National Cancer Institute.

” Tentu saja, temuan ini tidak memberikan jaminan bahwa meskipun Anda rutin minum kopi tapi, Anda tetap tidak boleh lupa untuk tetap menggunakan tabir surya, cara terbaik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radiasi ultraviolet dan tentunya mencegah kanker kulit,” kata peneliti Erikka Loftfield, seperti dilansir laman Yahoo Health.

Studi sebelumnya telah menemukan, minum kopi mungkin terkait dengan tingkat rendah kanker kulit melanoma. Melanoma berasal dari sel pigmen di kulit yang disebut melanosit. Menurut National Cancer Institute, sebanyak 76.100 kasus baru didiagnosis di Amerika Serikat pada tahun 2014. Sebanyak 9710 orang meninggal karena penyakit ini.

Loftfield dan timnya menarik data dari studi jangka besar bersama National Institutes of Health dan American Association of Retired Persons. Studi melacak 447.357 pensiunan rata-rata lebih dari 10 tahun. Pada akhirnya, ada 2.904 kasus melanoma ganas (kanker yang telah menyebar di luar lapisan atas kulit). Selain itu, ada1.874 kasus tahap awal melanoma yang masih hanya pada lapisan atas kulit.

“Studi kami merupakan yang terbesar sampai saat ini untuk mengevaluasi hubungan antara melanoma dan minum kopi,” pungkas Loftfield.



 references by fajar

 
Like us on Facebook