August 4, 2015

Taukah Kamu ? Kayu Manis Punya Antivirus

Kayu manis (Cinnamomum verum) adalah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Orang sering menggunakan rempah-rempah ke dalam makanan. Kayu manis telah digunakan di Mesir Kuno sejak 5000 tahun yang lalu dan merupakan salah satu bumbu makanan tertua yang telah digunakan oleh manusia.


Selama ini kayu manis lebih dikenal sebagai bahan makanan yang biasa dicampur kedalam masakan, kue ataupun minuman. Selain sebagai penambah rasa dan memiliki aroma yang sedap, kayu manis ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Sebuah studi dari Touro College di New York menunjukkan bahwa kayu manis mungkin memiliki efek antivirus dan membantu mencegah infeksi pada manusia.

Dr. Milton Schiffenbauer, peneliti dari New York School of Applied Studies dan timnya membandingkan Saign dan cinnamons Ceylon serta ekstrak botani lainnya termasuk bawang, cengkeh, peppermint, kakao dan kunyit Spanyol. Mereka menemukan bahwa kayu manis bisa menonaktifkan virus di beberapa organisme sedangkan ekstrak lainnya tidak.

Para peneliti mengevaluasi ekstrak terhadap Phi X, virus yang menginfeksi bakteri dan memiliki kesamaan dengan virus yang menginfeksi hewan dan manusia. Setelah 24 jam inkubasi, ekstrak dengan 10 persen kayu manis mampu menonaktifkan virus hanya dalam waktu 10 menit saja.

"Ekstrak kayu manis memiliki kekuatan untuk merusak struktur virus phix," kata Schiffenbauer, seperti dilansir laman Fox News, Senin (29/6).

"Kami meyakini bahwa diet yang mencakup satu sendok makan kayu manis sekali atau dua kali sehari bisa dengan efektif menghilangkan atau mencegah virus menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit, seperti pilek, flu dan bahkan herpes," pungkas Schiffenbauer.








references by jpnn

 
Like us on Facebook