September 7, 2015

Baru Sebulan Rilis, Windows 10 Kuasai Posisi 3 di Steam

Windows 10 memang baru berumur satu bulan lebih, namun sistem operasi terbaru besutan Microsoft tersebut telah berhasil mencuri hati para pengguna PC di dunia. Kini Windows 10 dilaporkan telah menjadi sistem operasi terfavorit nomor 3 di Steam.

Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil survey berkala yang dilakukan oleh Valve pada halaman Steam Hardware & Software Survey. Dalam survey yang dilakukan pada bulan Agustus 2015, sistem operasi Windows 10 versi 64 bit terlihat berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna Steam. Dari survey tersebut juga diketahui bahwa penguasaan Windows 10 terus meningkat, dan kini telah mencapai angka 17,11 persen.



Steam adalah distributor permainan digital milik Valve dengan cara membeli via pembayaran daring dengan media unduhan. Dengan adanya Steam, diupayakan agar pembajakan game yang marak bisa ditekan. Cara kerjanya dengan mengunduh perangkat lunak Steam, dengan begitu dapat dicek dan langsung membeli permainan yang ada.
Steamguard adalah sistem proteksi permainan video. Dimana Steam memerlukan koneksi Internet dengan memasukkan identitas dan kata sandi steam lalu diverifikasi melalui surel elektronik agar dapat menikmati layanan khusus seperti cloud.
Steam workshop adalah layanan yang disediakan untuk menampung hasil karya dari komunitas. Karya tersebut dapat "digunakan" oleh Valve, atau hanya sekedar modifikasi tambahan yang gratis.
Dahulu, permainan video yang paling berkontribusi dalam meningkatkan popularitas Valve, Steam (toko daring Valve), dan Source (engine buatan Valve) adalah Counter Strike. Sekarang, permainan yang menjalankan tongkat estafet tersebut adalah Dota 2 dan Team Fortress 2, ditambah lagi kedua permainan tersebut gratis untuk dimainkan


Sementara itu, posisi pertama dan kedua masih dipegang oleh saudaranya yaitu Windows 7 versi 64 bit dan Windows 8.1 versi 64 bit. Meskipun demikian, penguasaan keduanya terpantau berkurang dari waktu ke waktu. Hal tersebut menandakan bahwa semakin banyak pengguna Steam yang beralih ke sistem operasi terbaru Microsoft tersebut.

Windows 10 memang hadir dengan berbagai fitur baru, dan salah satu yang paling diminati oleh para gamer adalah adanya DirectX 12 serta fitur untuk terhubung dengan Xbox Live. Strategi pasar Microsoft yang menggratiskan upgrade juga telah terbukti mampu meningkatkan popularitas Windows 10.




references by metrotvnews

 
Like us on Facebook