September 21, 2015

Kenapa Gigi & Kuku Orang Perokok Kuning?

Masalah kesehatan yang mengintai para perokok, khususnya perokok aktif, kini bertambah satu, yaitu kemungkinan gigi tanggal alias ompong. Menurut studi yang dimuat di Journal of Dental Research, perokok laki-laki beresiko mengalami gigi tanggal 3,6 kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang bukan perokok. Sedangkan untuk perokok perempuan resikonya sekitar 2,5 kali.

"Kebanyakan gigi tanggal disebabkan oleh karies atau periodontitis kronis. Merokok merupakan faktor resiko kuat terjadinya periodontitis atau peradangan gusi," ujar Prof Thomas Dietrich, seorang peneliti dari Universitas Birmingham, seperti dilansir Eurekalert.org. Peneliti menyebutkan, merokok dapat menutupi terjadinya pendarahan gusi (penyebab periodontitis). Hasilnya, gusi perokok nampak terlihat lebih sehat dibandingkan sebelum mereka merokok.



Kondisi ini cenderung dialami perokok muda dibandingkan mereka yang berusia lebih tua. Kemudian, mereka yang tergolong perokok berat beresiko lebih tinggi mengalami resiko ini dibandingkan perokok yang makin sedikit merokok.

Prof Dietrich menyebutkan, berhenti merokok merupakan upaya mengurangi resiko terkena pendarahan gusi lebih cepat.

"Pada akhirnya, mantan perokok beresiko mengalami gigi tanggal yang sama dengan mereka yang belum pernah merokok," kata Dietrich, seperti dilaporkan Antara.

Sementara itu, Kolade Oluwagbemigun dari German Institute of Human Nutrition, mengatakan, penyakit gusi dan konsekuensi gigi tanggal merupakan efek kesehatan yang harus diwaspadai perokok.

Temuan ini bisa memotivasi orang-orang untuk segera berhenti merokok sebelum mengalami masalah kesehatan yang lebih parah, seperti terkena kanker paru-paru.


Memiliki gigi putih, bersih, dan rata adalah idaman setiap orang, namun tak jarang juga banyak orang yang tidak mempedulikan itu. Perawatan gigi dan rongga mulut bukan hanya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan anggota tubuh semata, tetapi juga agar penampilan cantik Anda tetap terjaga. Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan merawat gigi dan mulut secara teratur dan dengan cara yang benar.

Banyak sekali alasan kenapa seseorang tidak bisa mempunyai gigi yang putih dan sehat. Tingginya tingkat perokok aktif menjadi salah satunya. Sebab, Ciri-ciri fisik seorang perokok salah satunya adalah gigi mereka kuning karena nikotin.

Perokok aktif adalah seseorang yang dengan sengaja menghisap rokok secara langsung dari mulut mereka. Konon kata kebanyakan orang, tujuan mereka merokok pada umumnya adalah untuk menghangatkan badan mereka dari suhu yang dingin.

Tapi seiring perjalanan waktu pemanfaatan rokok disalah artikan, sekarang rokok dianggap sebagai suatu sarana untuk pembuktian jati diri bahwa mereka yang merokok adalah keren, padahal rokok sangat membahayakan kesehatan.

Dijelaskan pada situs onlymyhealth.com, rokok membuat gigi menjadi kuning disebabkan adanya kandungan nikotin di dalam rokok menyebabkan ruang mulut menjadi asam. Kandungan nikotin-nikotin ini akan terikat pada elemen gigi dan tinggal pada dinding-dinding gigi. Tak heran jika mereka yang merokok hampir sulit untuk punya gigi putih bersih.

Nah, mulai sekarang Anda harus menjaga gigi kita baik-baik, jagalah sebelum gigi kuning terjadi pada gigi kita. Bahkan jika Anda ingin membuat gigi kita tampak bersih dan putih cukup dengan tidak merokok, alhasil gigi putih dan tubuh sehat.





references by gatra, vemale

 
Like us on Facebook