September 10, 2015

Kenapa Kalau Makan Harus Mengunyah Pelan-Pelan ?

Padatnya aktivitas membuat banyak orang ingin melakukan hal yang serba cepat. Hal ini, juga termasuk dalam urusan mengunyah. Namun, hal ini tidak disarankan oleh pakar kesehatan. Pasalnya, mengunyah sangat penting untuk pencernaan makanan. Untuk itu pakar kesehatan menyarankan untuk mengunyah makanan secara perlahan.




Ginekolog dari Rumah Sakit Mitra Kelapa Gading, dr. Boy Abidin menjelaskan, mengunyah secara perlahan merupakan langkah awal dalam proses pencernaan dan penyerapan zat-zat gizi. "Dari mulut sudah mulai proses pencernaan. Jika makannya terburu-buru, jika makanan tidak dikunyah dengan baik maka gizi yang diserap tidak akan maksimal," papar Boy di Hotel Mulia, Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, drg. Ratu Mirah Afifah mengungkapkan hal yang senada. Menurutnya, mengunyah makanan dengan tepat juga bisa memaksimalkan kinerja dari kelenjar ludah yang menghasilkan ludah yang baik untuk kesehatan gigi."Kita perlu mengunyah makanan sehalus mungkin sebelum menelannya. Jangan didorong pake air, karena tidak akan terkunyah dengan baik," tandasnya.


references by sindonews
images by chinasmack.com

 
Like us on Facebook