September 19, 2015

Kenapa Toko Dalam Status Moderasi Tokopedia?

Sedang berbelanja di tokopedia atau sebagai penjual di tokopedia kok kenapa ada status/pemberitahuan/peringatan:

Toko dalam status moderasi Demi keamanan dan kenyamanan Anda, kami sarankan untuk tidak melakukan transaksi secara langsung terhadap toko yang sedang dalam status moderasi. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas segala transaksi yang terjadi di luar situs kami.


Tokopedia menyediakan etalase untuk toko online Anda secara gratis dan mudah dikelola. Hanya saja demi kenyamanan semua pengunjung, maka ada tindakan moderasi untuk produk-produk yang belum / tidak sesuai dengan kriteria etalase Tokopedia. Tindakan moderasi bisa berupa pemindahan produk ke gudang, moderasi toko (produk tidak tampil di directory maupun di hasil pencarian), penghapusan produk, hingga penutupan toko secara permanen.


Untuk itu berikut panduan menata etalase yang baik dan benar, yang bisa dijadikan acuan dan tips sehingga toko online Anda memiliki etalase yang baik. Berikut ini adalah penyebabnya kenapa muncul

Berjualan bukan beriklan

Produk pada etalase toko Anda adalah produk yang memang ingin Anda jual melalui media Tokopedia.
Tokopedia tidak berfungsi sebagai tempat promosi, tetapi berfungsi sebagai tempat terjadinya transaksi. Oleh sebab itu setiap produk yang ditata di etalase toko online Anda, haruslah merupakan produk yang memang ingin Anda jual melalui Tokopedia.
Beberapa hal yang termasuk pelanggaran untuk poin ini antara lain:
  • Memanfaatkan etalase produk Anda untuk iklan/MENGUNJUNGI ke website lain.
  • Deskripsi produk, foto produk, nama toko, deskripsi toko, tagline toko dan logo toko mengacu ke cara menghubungi Anda melalui media-media lain.
    Kami mengerti perlunya media komunikasi dengan pembeli, untuk itu kami telah menyediakan fitur Talk About It sebagai wadah diskusi dan tanya jawab yang transparan antara penjual dengan pembeli.
Harga adalah fixed-price

Harga yang Anda pasang adalah harga akhir diluar ongkos kirim, karena sistem Tokopedia otomatis menghitung semuanya dan membebankan kepada pembeli. Dengan harga fixed-price dan terendah yang bisa Anda berikan, transaksi bisa langsung terjadi tanpa harus terjadi tawar-menawar berkepanjangan yang pastinya akan membuang waktu Anda.

Penyesuaian kategori produk

Produk yang Anda jual haruslah sesuai dengan kategori produk yang tepat untuk memudahkan pembeli dalam mencari produk yang diinginkan. Jika Anda tidak memasukkan produk ke dalam kategori yang tepat, maka produk akan digudangkan.

Pisah produk berdasarkan model, warna, ukuran, dan harga dengan baik

Apabila anda memiliki produk dengan model, warna, atau ukuran yang berbeda, pisahlah masing-masing produk sesuai dengan model, warna, atau ukuran.
Hal ini akan memudahkan terjadinya order yang sudah jelas deskripsi barang yang diinginkan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Pembeli ketika memasukkan produk ke keranjang belanja, sudah dengan wujud model, warna, dan ukuran yang diinginkan.
Contoh menata produk pada etalase yang salah:
Penataan produk seperti ini salah

Contoh menata produk pada etalase yang benar:
Penataan produk seperti ini benar


Bisa dikirimkan dengan kurir-pengiriman yang didukung Tokopedia

Produk harus berwujud barang fisik yang bisa dikirimkan melalui kurir pengiriman yang didukung oleh sistem Tokopedia.

Salah satu metode verifikasi transaksi Tokopedia untuk pengalaman belanja yang lebih aman adalah penjual harus menginput nomor resi setelah mengirimkan barang, sehingga baik pembeli maupun penjual bisa melakukan tracking-order secara berkala untuk mengetahui status terakhir barang yang dibeli. Oleh sebab itu barang-barang yang diperdagangkan haruslah barang yang memang bisa dikirimkan melalui kurir pengiriman yang didukung oleh Tokopedia

Tidak Memajang & Bukan Barang  Bajakan Di Etalase Toko atau Pelanggaran Merk
 http://adfoc.us/30410156409218
Klik Link diatas, tunggu 5 detik, lalu klik  "SKIP AD"

Tidak berupa jasa

Tokopedia berfungsi sebagai mediator antara penjual dan pembeli dengan visi menyediakan tempat bertransaksi online yang lebih aman. Khusus kategori jasa, transaksi yang dilakukan tidak mudah diverifikasi. Oleh sebab itu untuk saat ini, kami belum bisa menerima etalase dengan produk yang termasuk kategori jasa.

Maksimal harga satuan produk adalah 25 juta rupiah

Batasan harga per produk adalah Rp. 25.000.000,-
Apabila Anda memiliki produk dengan harga diatas limit yang kami sediakan, untuk sementara belum bisa kami tampung di etalase Tokopedia.

Tidak bebas ongkos kirim

Jangan menata etalase dengan keterangan deskripsi Bebas Ongkos Kirim.
Ongkos kirim secara otomatis akan dihitung oleh sistem Tokopedia tergantung berat kemasan, asal toko, dan alamat tujuan pengiriman. Sehingga saat ini belum memungkinkan untuk memasarkan produk Anda dengan bebas ongkos kirim. Jika Anda berniat meniadakan ongkos kirim untuk barang Anda, maka silahkan mengurangi harga barang jualan Anda.


Barang Ready Stock

Barang Ready Stock dan tidak bersifat Pre Order.
Untuk saat ini, Tokopedia juga hanya mendukung penjualan barang yang sudah bersifat ready stock. Ke depannya kami akan menyediakan fitur Pre-Order juga. Hanya saja sebelum fitur tersebut kami sediakan, semua etalase yang dibangun di Tokopedia harus untuk barang yang memang sudah ready stock.


PENATAAN ETALASE

  1. Penjual dilarang mempergunakan etalase (termasuk dan tidak tebatas pada informasi toko dan informasi barang) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs Tokopedia.
  2. Penjual dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli / calon Pembeli.
  3. Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi toko dan/atau Barang) selain/diluar daripada keterangan toko dan/atau Barang yang bersangkutan.
  4. Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Barang yang memiliki warna, ukuran, dan harga yang berbeda.
  5. Penjual tidak diperkenankan memperdagangkan jasa, atau Barang non-fisik.
  6. Batasan harga maksimal satuan untuk Barang yang dapat ditawarkan adalah Rp.50.000.000,-
  7. Tokopedia memiliki kewenangan mengambil-alih sub-domain toko Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif lebih dari 1 tahun, dan/atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Penjual melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.
  8. Tokopedia memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama Toko dan/atau domain Pengguna untuk kepentingan internal Tokopedia.


JENIS BARANG

Berikut ini adalah daftar jenis Barang yang dilarang untuk diperdagangkan di Situs Tokopedia:
  1. Segala jenis kosmetik, obat - obatan termasuk obat - obatan terlarang sebagaimana diatur dalam Undang - Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, terutama obat dan zat lain, terlepas dari apakah kepemilikan dan pemasaran zat dan bahan kimia tersebut dilarang oleh hukum atau tidak, obat - obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, makanan, dan minuman yang membahayakan kesehatan dan keselamatan penggunanya, serta tanpa izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  2. Media berbentuk CD/DVD/VCD, atau media rekam lain yang bertentangan dengan undang-undang hak cipta. Termasuk di dalamnya adalah yang memuat film, musik, permainan (game), atau perangkat lunak bajakan.
  3. Barang dewasa penunjang kegiatan seksual termasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks, pornografi, dan obat-obatan dewasa, kecuali untuk alat kesehatan (kontrasepsi) yang diizinkan untuk diperjual belikan oleh peraturan hukum yang berlaku.
  4. Minuman beralkohol.
  5. Iklan.
  6. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini.
  7. Pakaian dalam bekas.
  8. Senjata api, senjata tajam, dan segala macam senjata.
  9. Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
  10. Seragam pemerintahan.
  11. Bagian/Organ manusia.
  12. Mailing list dan informasi pribadi.
  13. Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.
  14. Pestisida.
  15. Atribut kepolisian.
  16. Barang hasil tindak pencurian.
  17. Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian.
  18. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
  19. Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
  20. Hewan.
  21. Uang tunai.
  22. Perlengkapan dan peralatan judi.
  23. Jimat-jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian.
  24. Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.
  25. Segala jenis Barang lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang Indonesia.
  26. Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.


Kenapa toko saya dimoderasi?
Tokopedia melakukan moderasi terhadap toko-toko yang dianggap telah melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia.Jika toko dimoderasi, kamu bisa langsung klik tombol Mohon Buka yang ada di halaman toko. Tulis permohonan untuk membuka toko kembali di kolom keterangan, lalu klik Simpan
Info lengkap seputar moderasi toko, silakan hubungi Customer Care Tokopedia


Jika kamu sebagai pembeli: Berhati-hatilah bertransaksi dengan toko yg muncul status tersebut, jika tidak ingin kena tipu, barang tidak sesuai (cacat, rusak,dan lainnya), pernah bermasalah dengan pembeli di tokopedia. Jangan lakukan transaksi dengan toko tersebut & transfer apalagi ke rekening diluar sistem Tokopedia apalagi via NO HP/PIN BBM dan sejenisnya. Hindari membeli/bertransaksi barang yg dilarang dijual/belikan di Tokopedia yang sudah disebutkan diatas.

Jika  kamu sebagai penjual: Berhati-hati menjual/memajang produk di etalase toko kamu, Lampirkan Foto fisik barang yang akan dijual dengan benar, bukan milik orang lain. Jaga kepercayaan pelanggan, kualitas produk, hubungan/layanan dengan pembeli. Solusi/Garansi jika barang rusak/hilang oleh kurir. Jangan melakukan kecurangan terhadap pembeli. Harus online minimal setiap hari untuk merespon pembeli.
sayang sekali jika Reputasi/Bintang sudah banyak, review, dan juga penjualan produk sudah banyak, tapi harus kena status moderasi tersebut. atau bahkan akun tokopedia, nomer rekening tabungan kalian di blokir, dan uang dikembalikan ke pembeli sementara barang sudah dikirim. atau Transaksi dan juga Saldo/Uang akan/bisa hangus !!

Terhitung mulai 14 Maret 2016, TOKO kamu otomatis akan dinon-aktifkan otomatis oleh sistem TOKOPEDIA
jika kamu tidak login ke TOKOPEDIA dalam waktu 7 hari.
Usahakan Tokomu login minimal 2 kali dalam sehari, dan membalas diskusi/inbox dari customer.


Kebijakan dan juga hal-hal lainnya yang tidak boleh dilakukan silahkan kunjungi situs resminya disini https://www.tokopedia.com/terms.pl


Kalau kamu sebagai pembeli, lebih baik kirim email Tokopedianya
sertakan Nomer Invoice juga kronologi kejadiannya.
Biasanya 1 x 24 jam akan dibalas..
Sertakan Nama Tokonya dan juga Link Produk tempat transaksi Toko pesanan kamu di Moderasi

KLIK DISINI UNTUK KONTAK RESMI TOKOPEDIANYA
(Klik Link diatas, tunggu 5 detik, lalu klik  "SKIP AD")


Semoga membantu.. ^-^


Say Thanks!

Kumpulkan DOLLAR KE AKUN  PAYPALMU !! (DISABLE ADBLOCK PLUS, REFRESH)









references by
 http://adfoc.us/30410156394134

 
Like us on Facebook