September 8, 2015

Poin Penting Menulis Surat Lamaran Kerja

Dopkumen pengantar bagi seseorang saat melamar pekerjaan di perusahaan impian adalah surat lamaran kerja dan CV atau resume. Sayangnya, job seeker sering mengabaikan CV yang tepat dan efektif.

Sebelum menulis CV, sebaiknya Anda perhatikan lima hal berikut. Langkah-langkah sederhana ini dapat meloloskan Anda pada proses rekrutmen kerja.


Profil singkat

Sebuah profil singkat atau disebut dengan ringkasan sebenarnya bisa diletakkan sebelum isi dari CV Anda. Pada bagian ini, sebaiknya Anda menyebutkan kekuatan serta keterampilan yang Anda miliki dalam beberapa kalimat ataupun beberapa poin yang sangat jelas.

Profil singkat yang baik pastinya akan memberikan gambaran dasar tentang Anda yang membuat pihak perusahaan akan tertarik untuk melihat lebih jauh kelebihan yang Anda miliki selama ini.

Daftar keberhasilan

Sebagian besar dari Anda hanya menulis pekerjaan sebelumnya dalam CV. Padahal, ada beberapa hal lainnya yang jauh lebih penting untuk dicantumkan, seperti daftar keberhasilan dan pencapaian. Maka, selain menuliskan "telah menjabat sebagai manajer selama sekian tahun," tambahkan pula "berhasil meningkatkan keuntungan perusahaan sebesar 15 persen" dalam CV.

Pekerjaan sebagai relawan

Job seeker sangat jarang mau menyebutkan jenis pekerjaan sebagai relawan dalam CV mereka. Hal ini sering terjadi dengan pertimbangan, bekerja sebagai relawan bukanlah jenis pekerjaan yang menguntungkan. Tunggu dulu, perlu Anda ketahui, perusahaan ingin tahu segala bentuk pengalaman yang sudah pernah dilakukan oleh calon pegawai. Tidak peduli apakah pekerjaan itu sebelumnya dilakukan secara sukarela atau tidak.

Hobi yang mendukung

Memang benar, tidak semua hobi bisa Anda tuliskan dalam CV. Akan tetapi jika hobi yang Anda miliki ini memiliki hubungan yang erat dengan pekerjaan yang dilamar. Maka tidak ada salahnya jika Anda mencantumkan hal tersebut dengan jelas dalam surat lamaran kerja. Terutama jika Anda pernah menyelesaikan sebuah proyek yang meningkatkan pengalaman di bidang tertentu.

Hindari deskripsi berbentuk paragraf

Jika Anda menginginkan pihak perusahaan dengan cepat memahami serta terkesan dengan CV yang Anda kirimkan, maka Anda harus menghindari penggunaan kalimat dalam bentuk paragraf. Alangkah lebih baik lagi jika Anda menyebutkan hal-hal penting dalam bentuk poin, dikarenakan paragraf panjang cenderung membuat pembaca menjadi malas untuk menyelesaikannya hingga akhir.





Bagaimana? Apakah CV atau resume Anda masih belum mengandung kelima hal di atas? Alangkah baiknya jika Anda beranjak dari artikel ini dan segera memperbaiki resume tersebut agar lebih menarik perhatian para rekruter dan pewawancara.



references by http://adfoc.us/30410156230155

 
Like us on Facebook