September 2, 2015

Tips Cara Memilih Dosen Pembimbing Skripsi/Tugas Akhir

Memasuki semester tujuh, sebagian mahasiswa akan menentukan dosen pembimbing skripsi. Biasanya, para mahasiswa sibuk mencari tahu karakteristik setiap dosen dari senior untuk mencari pembimbing yang pas.



Buat kalian yang masih bingung memilih dosen pembimbing skripsi, yuk, simak beberapa tips berikut ini.

Mantapkan topik/Judul skripsi

Sebelum memilih dosen, mantapkan dahulu topik apa yang akan kamu ambil. Cara ini membantu mengeliminasi pilihan dosen yang tidak sesuai dengan topik skripsimu. Untuk memilih topik, pastikan kamu tertarik dan menguasai mata kuliah yang bersangkutan dengan topik tersebut.




Cari tahu karakteristik dosen

Setelah menentukan topik, kamu memiliki beberapa kandidat dosen yang menguasai bidang tersebut. Selanjutnya, cari tahu karakteristik masing-masing dosen kepada senior yang pernah dibimbing. Pendapat senior itu bisa kamu jadikan pertimbangan, namun jangan terlalu terpengaruh karena pendapat tersebut bersifat subjektif.



Sesuaikan dengan kebutuhan

Pilih dosen yang bisa membuat kamu lulus tepat waktu. Misalnya, kamu termasuk mahasiswa yang malas, maka kamu membutuhkan dosen yang rajin menanyakan kemajuan penulisan skripsi. Contoh lainnya, jika kamu tipe mahasiswa yang harus diberi arahan, maka jangan cari dosen yang sibuk.



Siapa cepat dia dapat

Seorang dosen akan membatasi jumlah anak bimbingannya. Oleh karena itu, jika sudah menemukan pilihan yang pas, segera untuk mendaftarkan diri. Jangan sampai kehabisan kuota.



Lihat hasil skripsi anak bimbingannya terdahulu

Sempatkan ke perpustakaan untuk melihat skripsi senior yang pernah dibimbing oleh dosen pilihanmu. Hal ini dilakukan agar kamu memiliki bayangan dan referensi dalam penulisan skripsi nanti.



Terakhir, jangan lupa berdoa sebelum menentukan pilihan pembimbing skripsi.






PUNYA TIPS LAINNYA?
TAMBAHIN DIKOLOM KOMENTAR DIBAWAH YAA..





references by okezone

 
Like us on Facebook