October 9, 2015

Bagaimana Cara Meningkatkan Softskill Anak ?

Supaya bisa terserap di dunia kerja, kita tentu perlu memiliki keahlian. Keahlian itu tidak hanya didapat di bangku sekolah, tapi juga bisa dari sejumlah kegiatan yang diikuti di luar sekolah.

Salah satunya yakni pada kegiatan pramuka. Salah siswa SMKN 1 Batam, Fahri Yudin, mengungkapkan sudah lama aktif di kegiatan pramuka. Dalam keikutsertaan tersebut, banyak hal yang didapat.


"Seperti, kewirausahaan, kreativitas. Pramuka kita diajarkan keterampilan, kebersamaan dan kekompakan, serta peraturan baris-berbaris," ungkapnya kepada Okezone, belum lama ini.

Dari kegiatan pramuka yang diikuti, banyak hal yang didapatkan oleh siswa jurusan teknik elektronika Industri tersebut.

"Seperti, struktur organisasi itu kita jadi paham bagaimana membuat kegiatan, bagaimana tata cara berbicara secara formal bagi atasan maupun ke sederajat. Jadi kalau di dunia industri, kita jadi berlomba-lomba terjunnya ke interview atau ngomoing secara formal gitu dari pramuka sediri," ujarnya.


Untuk pelatihan-pelatihan dalam pramuka, Fahri sendiri menyatakan mendapatkannya dalam kegiatan pramuka yang dikutinya di tingkat provinsi. "Untuk pelatihan ini pertama kali di daerah sudah pernah. Di sekolah masih ada sekolah juga," imbuhnya.

Fahri menambahkan, sekolah harus memiliki strategi untuk bisa menjalankan kegiatan pramuka itu sendiri. "Buat yang enggak suka pramuka mungkin berpikir bahwa pramuka itu mengganggu. Kalau saya sendiri karena mengikutinya dari hati makanya senang-senang saja. Masing-masing sekolah juga punya strategi untuk pramukanya. Jadi khusus untuk disekolah-sekolah, kedepankan strateginya," tambah dia.


references by

 
Like us on Facebook