October 1, 2015

Fitur dan Kelebihan OS X El Capitan 10.11

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple, dikabarkan meluncurkan operation system (OS) terbaru OS X El Capitan, Rabu (30/9/2015) malam. OS tersebut akan cocok dengan perangkat Mac Apple.

Sebagaimana diberitakan GSMarena, Rabu, OS terbaru X El Capitan tersebut sudah lama ditunggu oleh pengguna Mac. Update sistem operasi itu akan diberikan secara gratis di aplikasi Mac App Store.



El Capitan merupakan OS X seri ke-11 dan menjadi pembaruan OS X yang paling sempurna dibandingkan pendahulunya, Yosemite. OS terbaru tersebut memang memiliki pembaruan yang tidak ada di Yosemite. OS terbaru OS X Elcapitan memiliki beberapa fitur baru yang menarik. Fitur-fitur tersebut seperti Split View yang membuat pengguna tersebut bisa menjalankam dua aplikasi secara bersamaan di layar perangkat Apple.

Fitur lain yang mendukung OS terbaru X El Capitano, yakni Mission Control. Fitur tersebut memiliki fungsi untuk mengatur tampilan window atau jendela ponsel dengan lebih baik dan dilengkapi Spotlight yang berfungsi mempermudah pencarian data.


OS terbaru X El Capitan memiliki kemampuan untuk meningkatkan performa di aplikasi Mail, Notes, Maps dan Photos. Pengguna jelas akan terbantu dengan pembaruan tersebut.

Tidak hanya itu, OS terbaru El Capitan memiliki fitur unggulan pinned tabs dan Air Play dalam Safari yang digunakan untuk meningkatkan performa dan jenis huruf baru.

OS terbaru El Capitan akan meluncur di San Fransisco, Amerika Serikat, dan cocok digunakan di perangkat Apple Watch dan IOS. Tentu saja OS tersebut akan cocok digunakan di perangkat Mac yang mirip laptop atau notebook.

Untuk mengunduh Mac OS X El Capitan ini anda bisa lakukan secara gratis atau cuma-cuma dengan mengunjungi toko aplikasi App Store.


Mac OS X El Capitan ini diklaim akan lebih stabil dengan semua varian Mac yang dirilis sejak tahun 2009, serta beberapa model keluaran 2007 dan 2008. Keunggulan pada Mac OS X El Capitan ini adalah menawarkan performa 1,4x lebih cepat ketika membuka aplikasi dibandingkan versi sebelumnya.
Sementara peningkatan juga terjadi pada sektor grafis dimana sudah menghadirkan teknologi baru bernama Metal. Dengan teknologi ini maka pengembang membuat aplikasi yang menawarkan kinerja grafis lebih baik dengan konsumsi resource yang lebih sedikit.

Di dalam Mac OS X El Capitan ini juga sudah menghadirkan browser Safari versi baru yang mengusung perbaikan bug. Perbaikan lain adalah pada manajemen Window yang memudahkan pengguna menjalankan banyak aplikasi dalam layar terpisah dan juga dapat ditampilkan secara side by side

Beberapa fitur yang ditawarkan Mac OS X 10.11 El Capitan antara lain adalah menghadirkan browser Safari versi baru yang kali ini telah mendapatkan perbaikan sehingga meminimalisr bug atau gangguan yang terjadi. Kini, Safari versi baru telah mendukung pinning tab, serta kemampuan untuk membuka tautan secara otomatis yang di klik pengguna di tab baru.

Apple pun juga menyatakan bahwa Mac OS X 10.11 El Capitan juga telah mengalami perbaikan manajemen Window yang membuat penggunanya bisa menjalankan aplikasi dalam layar terpisah secara side by side. Ada juga fitur tambahan Notes yang memungkinkan penggunanya untuk men-drag dan drop foto, file PDF, video atau file lainnya ke dalam catatan yang bisa dibagi atau disinkronisasikan dengan iCloud.

Fitur baru lainnya adalah Split View. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjalankan 2 program secara bersamaan di satu layar yang sama, dengan tampilan penuh pastinya. Dengan begitu, segala pekerjaan dapat selesai dengan cepat karena adanya fitur ini. Tidak hanya itu, Anda dapat mengatur ukuran layar pada masing-masing program yang berjalan. Misal Anda sedang mengetik dan Anda ingin layar yang sedikit lebih besar, sedangkan Anda ingin tetap dapat berkrim email, dengan mengecilkan ukuran layar pada program email tersebut.

Split View

Beri perhatian yang sama pada dua aplikasi yang berbeda.
Menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan merupakan salah satu kehebatan menggunakan Mac. Namun Anda juga bisa berfokus pada hanya satu aplikasi dalam tampilan layar penuh. Dengan Split View, Anda mendapatkan yang terbaik dari keduanya. Fitur ini otomatis mengisi layar Anda dengan dua aplikasi yang Anda pilih. Jadi Anda dapat membuat rencana makan malam dengan teman di Pesan sambil menemukan restoran di Peta. Atau mengerjakan dokumen di Pages sambil melakukan riset di Safari. Semua tanpa gangguan dari aplikasi terbuka lainnya, dan tanpa harus secara manual mengubah ukuran dan menyeret jendela. Dan Anda selalu dapat menuju desktop dengan satu usapan saja, jadi mudah mendapatkan kembali semua hal yang Anda kerjakan sebelumnya.

Mission Control

Mengatur ruang tak pernah semudah ini.
Mission Control yang disederhanakan memudahkan untuk melihat dan mengelola semua yang Anda buka di Mac. Dengan sekali usap, semua jendela pada desktop Anda tersusun otomatis dalam satu lapisan, tanpa ada yang tertumpuk atau tersembunyi. Mission Control menempatkan jendela Anda di lokasi yang relatif sama, jadi Anda dapat menemukan yang Anda cari dengan lebih cepat. Dan saat Anda memiliki banyak jendela terbuka pada layar, kini lebih mudah untuk menyediakan ruang. Cukup seret jendela mana pun ke bagian atas layar, dan jatuhkan ke dalam ruang desktop baru. Tak pernah semudah ini untuk membentangkan pekerjaan Anda.

Panggil kursor Anda yang hilang.
Kehilangan kursor di desktop Anda yang penuh? Cukup goyangkan jari Anda maju dan mundur pada trackpad atau goyang mouse Anda, maka kursor akan menjadi lebih besar sehingga mudah ditemukan.



Mail

Lihat apa yang baru di inbox Anda.
Dukungan layar penuh dan gerakan usap di Mail yang ditingkatkan memungkinkan Anda memberikan korespondensi Anda dengan cepat.

Bekerja lebih mudah di layar penuh.
Tampilan layar penuh yang disempurnakan di Mail memungkinkan Anda melakukan beberapa percakapan email secara bersamaan. Pesan email yang sedang Anda tulis bergeser ke bagian bawah layar, sehingga Anda dapat mengakses inbox Anda — sempurna untuk menyalin teks atau lampiran antar pesan. Dan jika Anda mengelola beberapa utas email, Anda dapat beralih di antaranya dengan tab yang mudah digunakan.


Usap untuk mengatur inbox Anda.
Kini Anda dapat menangani email Anda dengan sekali usap, seperti di perangkat iOS Anda. Perlu menyusun inbox? Usap ke kanan untuk menandai email sebagai dibaca atau belum dibaca, atau usap ke kiri untuk menghapus. Anda akan langsung berfokus pada hal penting.


Catatan

Kumpulkan lebih dari sekadar ide Anda.
Aplikasi Catatan baru yang andal merupakan cara hebat untuk mencatat pemikiran cepat dan melacaknya lagi nanti. Kini Anda dapat mengubah daftar menjadi daftar centang dengan cepat. Atau menambahkan foto, video, tautan web, atau lokasi peta ke catatan dengan mudah. Dan berkat iCloud, semua catatan Anda dan semua yang ada di dalamnya selalu diperbarui di seluruh perangkat Anda. Jadi Anda dapat membuat catatan pada Mac dan membacanya di iPhone saat dalam perjalanan.

Menambahkan segala jenis konten.
Catatan dapat dengan mudah menangani hampir semua jenis file yang ingin Anda sertakan. Simpan dokumen, tautan web, foto, lokasi peta, PDF, video, dan lain-lain ke dalam catatan hanya dengan menyeret dan meletakkan.


Simpan konten dari aplikasi lain.
Merencanakan perjalanan? Simpan situs web hotel di catatan langsung dari Safari, atau alamat restoran dari Peta. Anda juga dapat menyimpan konten ke Catatan dari banyak aplikasi lain. Cukup klik tombol Bagikan dalam suatu aplikasi untuk menyimpan item ke catatan yang ada atau buat catatan yang baru.


Buat daftar centang yang berguna dengan satu klik.
Kini lebih mudah membuat daftar centang di Catatan. Dengan sekali klik, Anda dapat membuat daftar kerja, daftar belanja, atau daftar keinginan yang interaktif. Lalu centang tiap hal yang sudah diselesaikan.


Gunakan Browser Lampiran untuk melihat semuanya di satu tempat.
Semua lampiran yang Anda tambahkan ke catatan Anda disusun dalam satu tampilan sederhana: Browser Lampiran baru. Anda juga dapat mengurutkan foto, video, lokasi peta, dan tautan web tanpa harus mengingat catatan tempat meletakkannya.

Catatan Anda. Di semua perangkat Anda.
Catatan bekerja di iCloud, sehingga catatan Anda selalu diperbarui dan bersama Anda apa pun perangkat yang Anda gunakan. Buat daftar centang pada Mac, dan Anda mendapatkannya di iPhone untuk dibawa. Centang satu hal pada daftar di iPhone, dan hal tersebut dicentang pada Mac Anda. Ambil gambar dengan iPhone, tambahkan ke catatan, maka akan diselaraskan ke semua perangkat Anda. Perubahan apa pun yang Anda buat pada catatan di satu perangkat secara instan muncul pada semua perangkat Anda yang lain.


Foto

Lebih banyak hal untuk dilakukan, tempat untuk dikunjungi, dan orang untuk ditemui.
Berikan foto Anda sentuhan yang lebih personal dengan alat pengeditan pihak ketiga. Dan dengan kemampuan penyusunan yang disempurnakan, dukungan bagi format Live Photos baru, dan performa lebih cepat, aplikasi Foto menjadi semakin hebat.


Lakukan lebih banyak dengan foto Anda dengan ekstensi pengeditan 
baru.



OS X El Capitan mendukung alat pihak ketiga yang akan tersedia dari Mac App Store dan dapat diakses langsung di aplikasi Foto. Gunakan beberapa ekstensi pengeditan dari pengembang favorit Anda pada satu foto atau campuran antara ekstensi dan pengeditan bawaan pada Foto. Mulai dari menambahkan filter halus hingga pengurangan noise kualitas profesional, Anda dapat membawa pengeditan foto ke level yang sepenuhnya baru.

Mac. Cepat dan gesit.
Metal adalah teknologi inti grafis yang memberi game dan aplikasi akses hampir langsung ke prosesor grafis pada Mac, sehingga menghadirkan performa yang ditingkatkan dan pengalaman grafis yang lebih kaya. Metal juga memungkinkan prosesor utama dan prosesor grafik bekerja sama secara lebih efektif, meningkatkan performa sekaligus mengurangi konsumsi energi.


Performa rendering yang lebih cepat.
Core Animation dan Core Graphics, bagian penting sistem grafis OS X, menggunakan Metal untuk meningkatkan performa dan efisiensi aktivitas rendering harian seperti membuka PDF dan halaman web.

Performa bermain game yang disempurnakan.
Metal hebat untuk game, memungkinkan pengembang mendapatkan performa maksimal dari GPU modern. Metal meningkatkan performa draw call — jumlah objek yang ditarik ke layar — hingga 10x dan membawa realisme dan detail ke level yang baru.


Siap untuk profesional.
Metal memberikan grafik profesional dan aplikasi media menyatu, lebih sedikit akses overhead ke grafik yang luar biasa dan daya komputasi bagi GPU modern, memberi jalan bagi fitur baru dan performa yang lebih cepat


Performa

Akselerasi secara keseluruhan.
OS X El Capitan menjadikan Mac terasa lebih lincah dan responsif. Kini semua hal yang Anda lakukan setiap hari — seperti meluncurkan dan beralih aplikasi, membuka PDF, dan mengakses email — menjadi lebih cepat.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar ingin mengupdate sistem operasi Mac Anda, perlu diperhatikan jenis Mac yang Anda gunakan karena tidak semua perangkat Mac dapat mencicipi sistem operasi ini. Untuk daftar perangkat yang didukung adalah:



  •     iMac (versi pertengahan tahun 2007 atau setelahnya)
  •     MacBook 13 inci (versi akhir tahun 2008)
  •     MacBook Pro (13 inci yang dirilis pada pertengahan tahun 2009)
  •     MacBook Pro (15 atau 17 inci yang hadir pada pertengahan tahun 2007)
  •     MacBook Air (dirilis pada akhir tahun 2008)
  •     Mac mini (versi awal tahun 2009)
  •     Mac Pro (rilis pada awal tahun 2009)



references by
http://adfoc.us/30410156618910
 http://adfoc.us/30410156621444

 
Like us on Facebook