October 8, 2015

Kenapa Saat Melamar Kerja HRD Cek Facebook Pelamar ?

Sosialisasi cerdas menggunakan media sosial semakin sering digaungkan. Selain untuk mencegah tindak kejahatan di dunia maya, akun media sosial seseorang ternyata juga digunakan pihak HRD sebagai referensi dalam merekrut karyawan.


Terkait hal tersebut, Direktur Pemberitaan MNC Group, Arya Sinulingga, berpesan agar para generasi muda berhati-hati dalam meng-upload sesuatu di akun Facebook.

"Database yang ada di media sosial itu tersimpan lama. Oleh karena itu, hati-hati kalau mau upload sesuatu," ujarnya, di Universitas Bunda Mulia, Jakarta, Kamis (8/10/2015).

Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut menambahkan, lima tahun ke depan, pihak HRD akan mengecek akun Facebook untuk menilai perilaku calon karyawan.

"Kalian (peserta) masih SMA, tapi beberapa tahun ke depan saat melamar kerja, sesuatu yang pernah kamu upload akan dilihat HRD. Mereka ingin tahu apakah kamu pribadi yang stabil atau tidak," ucapnya.

Mencari informasi seseorang tidaklah sulit. Terlebih, lanjut Arya, dengan adanya mesin pencari di internet, pihak HRD tinggal mengetikkan nama pelamar dan semua akun yang dia miliki akan muncul.

"Itulah fungsi cerdas menggunakan media sosial. Pikir dulu sebelum meng-upload sesuatu. Apalagi persaingan makin ketat," tandasnya.


references by

 
Like us on Facebook