October 31, 2015

Punya Gula Darah Tinggi Saat Hamil ? Ini Resikonya Pada Bayi

Kadar gula darah tinggi selama kehamilan bisa meningkatkan resiko cacat jantung pada bayi bahkan di antara wanita tanpa diabetes, sebuah studi baru menunjukkan. Diabetes adalah ujung ekor spektrum kelainan metabolik.

“Kami sudah tahu bahwa wanita dengan diabetes memiliki risiko memiliki anak dengan penyakit jantung bawaan. Namun kini kami menemukan bahwa wanita yang mengalami peningkatan glukosa (gula darah) selama kehamilan juga beresiko memiliki anak dengan penyakit jantung bawaan,” kata pemimpin studi, Dr. James Imam, seperti dilansir laman Health, Kamis (22/10).


Para peneliti memeriksa sampel darah yang diambil dari 277 perempuan California selama trimester kedua kehamilan. Peserta penelitian termasuk kelompok kontrol dari 180 wanita yang memiliki bayi tanpa cacat jantung. Wanita lain memiliki bayi dengan salah satu dari dua cacat jantung yang serius.

Lima puluh lima bayi lahir dengan masalah struktural pada jantung dan pembuluh darah yang menghubungkan jantung ke paru-paru, yang disebut tetralogi Fallot. Ini adalah salah satu cacat jantung yang menyebabkan sindrom bayi biru, di mana bayi mendapat terlalu sedikit oksigen.

42 bayi lainnya lahir dengan adextrotransposition arteri besar, adalah kelainan letak dari aorta dan arteri pulmonalis, dimana darah yang kekurangan oksigen dipompa keseluruh tubuh yang menyebabkan terjadinya sianosis (kulit menjadi ungu kebiruan) dan sesak nafas.

Para peneliti menemukan adanya peningkatan risiko tetralogi Fallot pada wanita yang menderita diabetes selama kehamilan tapi tidak dengan dextrotransposition arteri besar.

“Saya senang dengan penelitian ini karena selama ini kita tidak tahu apa yang menyebabkan cacat jantung bayi,” jelas Imam.

Beberapa jenis lain dari cacat lahir struktural selain cacat jantung telah dikaitkan dengan diabetes,” katanya

Makanan Untuk Menjaga Gula Darah Tetap Stabil


Untuk penderita diabetes, walaupun makan dengan menu diet yang seimbang adalah yang paling utama, ada makanan tertentu dapat membantu penderita diabetes untuk menjaga kadar gula tetap sehat.

Kopi dan Kayu manis telah umum diketahui dapat membantu mengurangi resiko diabetes atau membantu menjaga kadar gula darah tetap sehat. Namun, jangan berpikir ada makanan ajaib untuk penderita diabetes.

Tetap saja penting bagi penderita diabetes untuk menjaga makanannya dan berolahraga untuk menjaga agar gula darah tetap stabil. Beberapa makanan, seperti roti, diubah hampir secara langsung menjadi gula darah, menyebabkan lonjakan dalam gula darah. Makanan lain, seperti nasi merah, dicerna lebih lambat, sehingga gula darah berubah secara perlahan-lahan.

Berikut 6 jenis makanan yang dapat membantu gula darah anda stabil:

Oats / Gandum

6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil-2 Oats / Gandum dapat membantu mengkontrol gula darah anda.

Walaupun Oats termasuk karbohidrat, namun Oats termasuk golongan karbohidrat baik karena mengandung serat larut yang tinggi, lambat dicerna dan tidak menyebabkan kadar gula darah naik secara drastis.

Tidak hanya karbohidrat berkualitas tinggi,  Oats juga memberikan sumber energi yang lebih stabil untuk kita dan juga dapat membantu mengurangi berat badan. Serat yang mudah larut dalam Oats menjaga kita untuk tetap kenyang lebih lama. Hal ini sangatlah penting bagi penderita diabetes tipe 2, yang cenderung obesitas. Pada saat berat badan berkurang, biasanya penderita diabetes dapat lebih baik menjaga kadar gula darahnya.

Brokoli, Bayam dan Kacang Hijau

6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil-3 Tambahkan banyak sayur-sayuran tidak bertepung ke dalam menu anda seperti Brokoli, Bayam dan kacang hijau. Makanan ini mengandung serat yang tinggi dan rendah karbohidrat, sehingga ideal bagi penderita diabetes

Sebaliknya, sayuran yang mengandung tepung seperti kentang, kentang manis, jagung juga tidak perlu disingkirkan dalam menu diet anda. Hanya saja porsinya harus disesuaikan karena tipe makanan ini membuat kadar gula darah anda melonjak dengan cepat.

Riset menemukan bahwa pola makan vegetarian rendah lemak dapat membantu Penderita diabetes Tipe 2 menjaga penyakitnya dengan lebih baik. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh diabetes Care US Publication ditemukan bahwa Penderita diabetes yang mengikuti menu ini mengalami penurunan dalam kebutuhan konsumsi obat.

Strawberry

6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil-4 Beberapa Penderita diabetes menjauhi Strawberry karena dianggap rasanya manis. Namun, dengan porsi yang tepat strawberry tidak akan membuat kadar gula melonjak terlalu jauh. Strawberry jauh lebih baik ketimbang biskuit atau permen.

Strawberry memiliki tingkat kalori yang rendah dengan kandungan serat dan air yang tinggi sehingga meninggalkan rasa kenyang lebih lama.

Salmon dan Daging Tanpa Lemak

6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil-5 Daging , yang tinggi kandungan protein, tidak berpengaruh banyak terhadap kadar gula darah sebagaimana karbohidrat. Ketika dikonsumsi dengan porsi yang benar, ikan, dada ayam tanpa kulit, dan daging tanpa lemak adalah pilihan yang baik untuk menu diabetes.

Salmon terutama pilihan yang baik karena mengandung Omega-3 yang sehat untuk jantung. Daging juga merupakan sumber Chromium, mineral yang membantu insulin untuk bekerja dengan benar dan membantu tubuh untuk mencerna karbohidrat.

Minuman Berkarbonasi

6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil-6 Jika anda mencoba untuk menghindari kebiasaan minum minuman berkadar gula tinggi atau bosan dengan minuman yang sama setiap harinya, boleh mencoba minuman berkarbonasi bebas gula. Minuman ini memiliki variasi rasa.

Banyak dari minuman ini tidak mengandung karbohidrat atau kalori, jadi mereka tidak hanya baik untuk kadar gula darah tapi juga untuk menurunkan berat badan.

Kayu Manis

6-makanan-untuk-menjaga-gula-darah-tetap-stabil-7 Kayu manis sudah lama diketahui sebagai bumbu yang memiliki efek yang sama seperti insulin dan membantu mengurangi kadar gula darah penderita diabetes. Sebuah studi di Jerman menemukan group yang mengkonsumsi ekstrak kayu manis 3x sehari selama 4 bulan mengalami penurunan kadar gula darah sebesar 10.3%



references by
http://adfoc.us/30410156931164
http://adfoc.us/30410156932209

 
Like us on Facebook