November 16, 2015

Fungsi & Manfaat Menulis Dengan Tangan

Menulis disini adalah menggunakan pena dan kertas dan menorehkan kata-kata Anda di atasnya. Bisa ditebak kebanyakan diantara kita sudah lama tidak melakukannya. Mungkin bertahun-tahun atau berbulan-bulan. Atau mungkin Anda menemukan bahwa tulisan Anda kini, tidak sebagus sebelumnya.



Tapi tahukah Anda bahwa menulis dengan tangan memberi beberapa manfaat namun sering kita lupakan? Berikut ini beberapa manfaat dari menulis menggunakan tangan, seperti dilansir laman Care2, Kamis (12/11).

1. Kemampuan belajar Anda meningkat ketika menulis dengan tangan.

Satu studi menemukan bahwa mahasiswa yang mencatat dalam kelas dengan tangan akhirnya belajar lebih sering dibandingkan dengan siswa yang mencatat dengan menggunakan laptop.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang menulis dengan tangan menunjukkan pemahaman konseptual yang lebih baik dari materi dibandingkan dengan mereka yang mencatat menggunakan laptop.

2. Membuat pikiran Anda tajam saat usia bertambah.

Menurut The Wall Street Journal, beberapa dokter merekomendasikan tulisan tangan untuk orang yang lebih tua sebagai latihan kognitif yang efektif untuk menjaga pikiran mereka berfungsi dengan baik seiring dengan bertambahnya usia mereka. Menulis pada dasarnya mengaktifkan bagian otak daripada mengetik, termasuk daerah-daerah yang mengatur berpikir, bahasa dan memori kerja.

3. Anda akan mengingat apa yang Anda tulis.

Tulisan tangan melibatkan memori yang kuat dan kemudian menggunakan keterampilan motorik otak Anda untuk membentuk setiap huruf dengan tangan Anda. Itu sepenuhnya lebih rumit daripada hanya mendorong tombol pada keyboard.

4. Mendukung kreativitas yang lebih baik.

Karena menulis dengan tangan menggabungkan visual, motorik dan persepsi kognitif, itu adalah proses yang lebih lambat dibandingkan dengan mengetik. Dengan daerah sisi kiri dan kanan dari otak Anda aktif bergerak melalui tulisan tangan maka Anda bisa menikmati dorongan kreatif dibandingkan dengan apa yang keyboard tawarkan pada Anda.

Selain itu, menulis dengan tangan adalah seni. Dibutuhkan keterampilan untuk memperbaiki cara menulis Anda dan setiap individu memiliki cara unik mereka sendiri membentuk huruf mereka.


references by jpnn

 
Like us on Facebook