November 4, 2015

Penjualan PC Lisensi Windows 7 dan 8.1 Akan Berakhir (Discontinued)

Pada bulan Februari tahun lalu, Microsoft mengatakan akan memberikan peringatan satu tahun kapan sistem dengan Windows 7 terinstal tidak akan lagi tersedia dari OEM.


Batas itu telah terlewat. Kini Microsoft mengeluarkan tanggal baru di mana Windows 7 OEM terinstal tidak akan lagi tersedia, yaitu 31 Oktober 2016.

Tanggal yang sama juga akan berlaku untuk Windows 8.1. Windows 8 terinstal akan berakhir beberapa bulan lebih awal, yaitu pada 30 Juni 2016. Ini berarti bahwa setelah 31 Oktober tahun depan, versi Windows yang akan tersedia pada sistem baru dari sebuah PC adalah Windows 10. Saat ini OEM masih dapat menawarkan Windows 7 Professional, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10.

Windows 7 akan tetap didukung hingga 10 Januari 2020. Ia meninggalkan dukungan utama awal tahun ini, sehingga tidak lagi berhak menerima perbaikan non-keamanan atau fitur tambahan, tetapi masih memiliki waktu bertahun-tahun untuk pembaruan keamanan.

Ini adalah konsolidasi yang signifikan, dan ini akan menandai pertama kalinya sejak zaman Windows XP, bahwa OEM dibatasi untuk hanya menjual sistem dengan versi terbaru dari Windows saat ini.

Sepanjang kehidupan Windows Vista, 7, 8, dan 8,1, adalah memungkinkan untuk membeli sistem dengan Windows lama terpasang. Hal itu memudahkan bagi perusahaan untuk tetap dengan Windows XP selama masa Windows Vista, atau Windows 7 selama masa Windows 8 dan 8.1. Fragmentasi Windows terinstal itu yang ingin dikurangi Microsoft dengan Windows 10.

Perusahaan dengan penyebaran Windows 7 yang tetap ingin bertahan dan pemegang lisensi Software Assurance tidak perlu khawatir--mereka masih dapat menggunakan Windows 7 sesuai kesepakatan. Untuk yang lain, hitungan mundur ke akhir kehadiran Windows 7 telah dimulai.


Dalam fact sheet tersebut dijelaskan, saat ini, vendor tetap bisa menjual perangkat dengan sistem operasi Microsoft lama. Namun hingga 31 Oktober 2016, semua perangkat baru yang dijual harus sudah menggunakan Windows 10.

"Saat Microsoft meluncurkan versi baru Windows, kami tetap mengizinkan OEM menjual PC dengan sistem operasi versi lama, hingga dua tahun setelah tanggal peluncuran versi barunya, kecuali ada perubahan," demikian tulis Microsoft.

Menurut Microsoft, hingga kini, jumlah pengguna Windows 10 telah mencapai 120 juta orang di seluruh dunia. Selain itu, hampir 28 persen sistem Windows yang ada di dunia telah menjalankan Windows 10, alih-alih sistem operasi versi lawas.

Walau Windows 7 tidak akan dijual secara pre-installed lagi setelah 2016, namun update untuk sistem operasi tersebut akan terus diberikan oleh Microsoft.
Menurut Microsoft, dukungan update untuk Windows 7 akan diperpanjang hingga 2020. Sementara untuk sistem operasi Windows 8 yang habis pada Januari 2018, akan diberi masa perpanjangan hingga 2023.

OEM atau “Original Equipment Manufacturer” adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk yang datang langsung dari produsen. Hal ini berlaku pada hardware yang dibundel langsung dengan software yang dirancang untuk digunakan pada sistem komputer bersangkutan. Lisensi Windows OEM melekat untuk satu produk PC sehingga tidak dapat digunakan pada komputer lain, jika dilanggar lisensi menjadi illegal

Ketentuan ini berlaku pada pembelian Sistem Operasi Windows dari Microsoft dengan lisensi OEM untuk setiap pembelian satu produk. Versi OEM dari Windows berfungsi sama seperti instalasi Windows lainnya. Versi OEM Windows dirancang untuk digunakan oleh produsen PC dan Sistem aplikasi Windows didalamnya untuk dijual kembali. Pengguna komputer rumah secara teknis tidak diizinkan untuk menginstal Windows dengan lisensi OEM.
Windows OEM tidak bisa ditransfer ke komputer lain karena terikat motherboard ketika diinstal. OEM tidak memiliki kemampuan untuk beralih antara versi Windows 32 bit dan 64 bit karena pada saat pembelian versi telah ditetapkan

the licensing for OEM versions of Windows 7. Yes, individuals can still buy OEM versions of Windows 7. But they cannot then install that copy of Windows 7 on a PC they are building for themselves. Instead, they can only install it on a PC that they then sell--and support--to someone else. And they must do so using Microsoft's OEM pre-installation kit (OPK), a step that is clearly aimed at further preventing this type of software from being used by the hobbyist market.Note: You can view Microsoft's current OEM system builder license here.
From a practical standpoint, OEM versions of Windows 7 don't make sense for individuals. So most readers of this site--unless you are a system builder, of course--can simply move on and proceed with the retail version of Windows 7 that makes the most sense for you.
Note: Curiously, anyone can, in fact, buy an OEM version of Windows 7. They're sold individually an in multi-packs at such online retailers as NewEgg.com.
From a technical standpoint, an OEM version of Windows 7 is roughly identical to a Full version of Windows 7. The discs are available in 32-bit or 64-bit versions, for all of the mainstream Windows 7 versions. However, these discs are only supposed to be used to clean install the operating system, and once that OS is installed and activated on a particular PC, it cannot be deactivated and moved to a new PC. The OEM is required to provide Windows 7 support to the user that buys the PC on which it is installed. The OEM must also stick the included Certificate of Authenticity (included with the OEM Windows 7 packaging) somewhere visible on the PC they are selling to an end user.
Here's what a typical OEM version of Windows 7 looks like.
Windows 7 OEM Packaging

Outer packaging, front.

Windows 7 OEM Packaging

Outer packaging, back, with EULA.

Windows 7 OEM Packaging

Interior packaging.

Windows 7 OEM Packaging

The Setup disc and COA.

Windows 7 OEM Packaging

Interior packaging, opened.

Windows 7 OEM Packaging

Close-up of the COA.


references by

 
Like us on Facebook