November 9, 2015

Ternyata Air Hujan Bukan Salah Satu Penyebab Anak Sakit

Sifat air untuk membersihkan, melarutkan beberapa zat di dalam tubuh, dan menjaga agar tubuh tidak dehidrasi. Lantas bagaimana dengan air hujan? Setelah main air hujan anak biasanya gampang sakit. Sebelum menyalahkan hujan, ada baiknya Anda baca penjelasan berikut ini.

“Air hujan tidak menyebabkan anak sakit,” tegas dr Herwina SpA.


Penyebab anak kerap sakit bukanlah terpapar air hujan, tetapi karena perubahan suhu yang ada pada kondisi hujan. Menurut dia, suhu tubuh yang hangat dapat melindungi serta membatasi tubuh dari paparan beberapa virus, bakteri, dan penyakit. Pada kondisi suhu dingin membuat tubuh kehilangan perlindungannya sehingga menyebabkan tubuh terserang virus dan penyakit.

Selain perubahan suhu tubuh, pada suhu tertentu seperti dalam kondisi lembap dan dingin bakteri, virus, dan kuman berkembang lebih cepat dan banyak ketimbang pada musim panas. Hal tersebut menyebabkan beberapa penyakit banyak dan datang pada musim hujan. “Bukan serta-merta anak yang terkena hujan menjadi sakit. Selain itu, adalah faktor daya tahan tubuh anak juga memengaruhi,” tambah dia.

Anak yang biasa main air hujan ada juga yang tidak demam atau flu. Itu karena daya tahan tubuhnya masih dapat menangkal perubahan suhu dan bakteri. Berbeda halnya dengan daya tahan tubuh anak yang lemah. Perubahan suhu tidak bisa menangkal bakteri dan virus yang banyak menyebar sehingga menyebabkan anak menjadi gampang sakit saat musim hujan.

Selain itu, musim hujan juga membatasi gerak dan aktivitas anak. Sehingga mengurangi aktivitas fisik yang dapat sehingga kualitas metabolisme tubuh juga tidak optimal, sehingga daya tahan tubuhnya menjadi menurun.


references by

 
Like us on Facebook