December 13, 2015

Ciri Kalau Kuliahmu Tidak Sia-Sia

Banyak yang menyebut bahwa kuliah adalah masa keemasan. Sebab, di masa tersebut seseorang bisa mengembangkan potensi sekaligus mencari jati diri. Kuliah enggak cuma mengejar nilai semata. Berikut ini beberapa tanda bahwa selama kuliah waktumu tak terbuang sia-sia.


1. IPK memuaskan

Setiap mahasiswa punya target masing-masing soal nilai. Sehingga setiap mahasiswa juga punya kriteria tersendiri berapa IPK yang menurutnya memuaskan. Bukan masalah besarnya, tapi bagaimana perjuangan mendapatkannya dengan kerja keras usahamu sendiri, bukan hasil mencontek, Karena itu akan berguna sebagai skillmu di dunia kerja kelak.

2. Banyak pengalaman

Saat jadi mahasiswa, jangan jadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah-pulang. Bergabunglah dalam sebuah organisasi yang sesuai dengan passion-mu. Tak hanya organisasi, beberapa pengalaman berharga juga bisa didapatkan dengan magang, freelance, volunteer, atau ikut kepanitiaan.

3. Pergaulan luas
Carilah teman sebanyak mungkin. Jangan cuma kenal dengan teman sejurusan atau seangkatan, tapi juga harus kenal dengan teman lintas jurusan atau kakak kelas. Ini berguna untuk membangun jaringan.

4. Menyelesaikan masalah

Memasuki usia dewasa, kamu akan mulai menghadapi masalah dan harus bisa cari jalan keluarnya. Masa kuliah adalah saat bagimu untuk bisa mengambil keputusan dengan bijak guna menghasilkan solusi terbaik.

5. Punya karya

Ciptakanlah karya ketika kamu kuliah. Hal ini membuktikan bahwa selama kuliah kamu tak hanya jago teori, tapi juga bisa menghasilkan karya nyata. Selain jadi menjadi kebanggan, karyamu itu juga bisa menjadi portofolio pada bidang pekerjaan yang diinginkan.

6. Rendah hati dan peduli

Percuma pintar tapi tak peduli dan peka terhadap keadaan sekitar. Tetaplah rendah hati saat sudah mencapai kesuksesan sehingga kamu tetap menjadi pribadi yang menyenangkan di tengah masyarakat.

7. Lulus tepat waktu

Nah, ini adalah bukti nyata bahwa kamu tak menyia-nyiakan masa kuliahmu. Sesibuk apa pun dirimu dalam kegiatan kampus, tugas utama mahasiswa adalah harus bisa lulus tepat waktu, dan tidak menyusahkan orang tau, kalaupun harus terlambat usahakan kamu kerja sambil kuliah, karena keteldoranmu dan agar tidak menambah beban orangtua,



reference by okezone

 
Like us on Facebook