December 24, 2015

Kenapa Sering Haus ? Mungkin Kamu Terkena Penyakit Ini


Haus sebenarnya adalah kondisi normal sebagai tanda bahwa tubuh membutuhkan cairan untuk menjalankan metabolisme. Namun selalu merasa haus sepanjang waktu justru bisa jadi tanda ada hal yang tidak normal dalam tubuh.


Apabila Anda selalu merasa haus sepanjang waktu, sebaiknya diwaspadai.
" Setiap kondisi yang mengubah air atau keseimbangan garam dalam tubuh bisa memicu rasa haus," kata seorang dokter perawatan primer di Pusat Medis Mercy di Baltimore, Dr. Laura M. Hahn, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (22/12).

Apabila Anda selalu merasa haus sepanjang waktu, sebaiknya waspadai hal-hal dibawah ini.

1. Diabetes

" Diabetes bisa meningkatkan risiko dehidrasi, terutama jika Anda belum menyadari hal itu. Ketika kadar gula darah terlalu tinggi, tubuh Anda memberi tekanan pada ginjal yang mengakibatkan Anda memproduksi lebih banyak urin untuk menyingkirkan kelebihan glukosa," kata Dr. Heather Rosen, medical director of UPMC Urgent Care North Huntingdon in Pennsylvania.

Jika Anda mengalami rasa haus yang berlebihan dan buang air kecil, serta gejala lain seperti kehilangan berat badan yang tidak bisa dijelaskan, kelelahan, atau lekas marah, sebaiknya Anda melakukan tes glukosa darah untuk mengetahui apakah Anda memiliki diabetes.

2. Diabetes insipidus

Meskipun diabetes insipidus tidak terkait dengan diabetes yang kita tahu dan benci, namun tetap saja diabetes ini berbagi beberapa tanda dan gejala yang sama, seperti dehidrasi dan produksi urin yang berlebihan.

Diabetes insipidus ditandai dengan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang memengaruhi penyerapan air. Karena Anda akhirnya kehilangan sejumlah besar air melalui urin Anda maka Anda akan sering merasa haus akibat hilangnya cairan.

3. Periode Anda

" Estrogen dan progesteron bisa meningkatkan volume cairan," kata Rosen.

Dengan kata lain, ketika Anda PMS, pastikan Anda menyimpan sebotol air berguna.

4. Mulut Kering

Mulut kering juga dikenal sebagai xerostomia.

" Ini adalah kekeringan abnormal dari membran mukosa mulut, karena pengurangan aliran atau perubahan komposisi air liur," kata Rosen.


Jika kelenjar Anda tidak membuat cukup air liur maka hal ini bisa menyebabkan gejala seperti bau mulut, kesulitan mengunyah dan air liur yang kental. Mulut kering bisa merupakan efek samping dari obat resep, obat alergi (Benadryl atau Claritin), dan obat pusing atau mabuk (Antivert atau Dramamine).

5. Anemia

Tubuh Anda kehilangan sel darah merah lebih cepat dan akan mencoba untuk menebus kehilangan cairan dengan memicu rasa haus.

6. Tekanan darah rendah

" Stres kronis menyebabkan kelenjar adrenal underfunction yang bisa mengakibatkan tekanan darah rendah ketika stres parah. Hal ini bisa menyebabkan pusing, depresi, kecemasan, dan juga rasa haus yang ekstrim.





references by jpnn


 
Like us on Facebook