January 12, 2016

Kesepian ? Salah Satu Alasan Sulit Tidur Nyenyak

Masalah susah tidur tentu sangat mengganggu dan tak sedikit orang yang mengalami hal tersebut. Sayangnya, sebagian dari mereka mungkin tidak tahu penyebab susah tidur yang mereka alami, sehingga masalah ini bisa terus-menerus menggangu mereka sepanjang malam.

Menurut para ahli, salah satu penyebab susah tidur bisa jadi adalah hal yang sangat sederhana, yaitu merasa kesepian. Sebuah studi mengungkapkan bahwa seseorang yang jauh dari keluarga dan teman atau bahkan putus hubungan dengan mereka, maka akan beresiko tinggi mengalami susah tidur di malam hari.


Studi ini dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Chicago, Amerika Serikat. Penelitian dilakukan dengan melibatkan sekitar 100 orang yang diminta untuk mengenakan sebuah alat khusus yang bisa mendeteksi atau melacak kualitas tidur mereka.

Para partisipan juga diberi sejumlah pertanyaan tentang kesehatan mereka secara umum, termasuk juga hubungan mereka dengan orang-orang terdekat. Apakah mereka sering merasa ditinggalkan atau tidak.

Menurut para peneliti, menjadi kesepian mungkin tidak akan mengurangi kuantitas atau waktu tidur seseorang, namun lebih mempengaruhi kualitas tidur mereka, apakah tidurnya nyenyak atau tidak.

Seperti dikutip Sidomi News dari Daily Mail, seorang peneliti bernama Lianne Kurina menjelaskan bahwa seseorang baru akan bisa istirahat atau tidur dengan nyenyak ketika ia merasa aman. Rasa aman ini bisa diperoleh ketika seseorang merasa menjadi bagian dalam suatu kelompok sosial. Ketika seseorang tidak memiliki hubungan sosial yang baik dan kesepian, otaknya akan sulit untuk beristirahat dan akan berdampak pada kualitas tidur yang buruk.



references by sidomi

 
Like us on Facebook