January 6, 2016

Layanan Transportasi Baik, Generasi Muda Jerman Tak Bernafsu Miliki Mobil

Sekali pun Jerman menjadi gudangnya produsen mobil kelas kakap, namun belakangan ini ada survey yang mungkin membuat mereka harus berpikir keras untuk tetap menjadi jawara di negara sendiri. Pasalnya, menurut penelitian  Karlsruhe Institute of Teknologi (KIT), generasi muda di sana semakin kurang tertarik untuk memiliki mobil sendiri.



Bayangkan saja, rata-rata orang berusia 18-30 tahun di Jerman, hanya menggunakan mobil sejauh empat kilometer dalam satu minggunya. Padahal, otomotif adalah salah satu penyokong pembangunan ekonomi di Jerman. Pada 2010 lalu, industri otomotif di sana bisa memperoleh omset 315 miliar, dengan produksi mobil sekitar 12,7 juta unit untuk disebar ke seluruh dunia. industri ini mampu menyerap tenaga kerja sampai 709  ribu karyawan.

Penelitian ini mendapat tanggapan dari Asosiasi Industri Otomotif Jerman. Melalui juru bicaranya, Eckehart Rotter, mengatakan, tidak pesimis dengan hasil penelitian tersebut. Dia berpendapat, keengganan pemuda ini karena mereka belum memerlukannya, apalagi masih berada di lingkungan universitas.

“Kami tidak kehilangan klien, mereka membeli kendaraan pada usia yang lebih dewasa,” tegas Rotter, seperti dikutip Antara.

Sementara itu, menurut Martin Kagerbauer, peneliti dari KIT, memaparkan, keengganan menggunakan mobil pada kalangan muda Jerman tidak lepas dari baiknya manajemen moda transportasi di negara tersebut. Mereka juga lebih senang bersepeda dan jarang melakukan aktivitas yang memerlukan berkendara dengan mobil pribadi.



references by sidomi

 
Like us on Facebook