January 20, 2016

PC Keluaran Terbaru Nantinya Hanya Support Windows 10

Sistem operasi Windows 10 diklaim Microsoft sukses di pasaran. Terbukti dengan angka instalasi Windows 10 yang sudah terpasang aktif di sedikitnya 200 juta perangkat di seluruh dunia.
Guna mendorong jumlah adopsi tersebut, Microsoft telah mengumumkan kebijakan untuk menjadikan Windows 10 sebagai platform tunggal yang didukung pada lini prosesor generasi terbaru dari Intel, AMD, dan Qualcomm.


Dengan kata lain, perangkat komputasi apa pun yang membenamkan otak silikon dari generasi mendatang prosesor Intel “Kaby Lake”, AMD “Bristol Ridge”, dan Qualcomm “8996” cuma bisa memakai Windows 10 sebagai sistem operasinya.

Khusus bagi pengguna perangkat berbasis Intel Skylake (generasi keenam Intel yang saat ini paling mutakhir di pasaran), diberikan waktu hingga 17 Juli 2017 untuk meng-upgrade ke Windows 10. Setelah tanggal itu, Microsoft bakal menghentikan dukungan umum terhadap Windows 7 dan 8.1 yang masih berjalan di sistem Skylake, terkecuali untuk masalah keamanan yang bersifat kritis.

Sistem operasi Windows 7 sendiri masih akan dipelihara oleh Microsoft hingga 14 Januari 2020, sedangkan Windows 8.1 bakal didukung sampai 10 Januari 2023.

“Dengan kebijakan ini, kami memprioritaskan transparansi, khususnya bagi pengguna enterprise yang membutuhkan keandalan tingkat tinggi dan pengalaman Windows terbaik. Windows 10 bisa dipasang di prosesor apa saja, sedangkan Windows 7 diperuntukkan bagi prosesor level bawah (generasi terdahulu. Red),” tulis Terry Myerson (Executive VP, Windows and Devices Group, Microsoft) di blog Windows.

Dengan memberikan jeda masa upgrade hingga 17 Juli 2017 pada Intel Skylake, pengguna enterprise memunyai cukup waktu untuk merampungkan uji coba dan implementasi Windows 10 di kantornya. Atau di masa depan, mereka dapat membeli PC baru berbasis “Kaby Lake” untuk menjalankan Windows 10.
“Kami telah berkolaborasi erat dengan para pembuat silikon, termasuk Intel, AMD, Nvidia, dan Qualcomm, untuk meyakinkan Windows 10 mampu mengambil keuntungan penuh dari generasi prosesor terbaru. Komputasi modern didefinisikan dengan integrasi mendalam antara silikon, platform, dan hardware,” ungkap Myerson.

Salah satu bentuk integrasi tersebut adalah sistem Skylake yang dikombinasikan dengan Windows 10 dapat mencapai kinerja grafis 30 kali lebih baik dan daya tahan baterai 3 kali lebih lama, apabila dibandingkan dengan kombinasi Skylake dan Windows 7.

Windows 10 juga telah memanfaatkan dukungan virtualisasi di Intel Skylake dalam fitur keamanan Credential Guard miliknya. Konsumen bisa saja terus menggunakan sistem berbasis Intel Broadwell atau generasi sebelumnya untuk Windows 10. Tapi, kinerjanya bakal kurang maksimal.





references by infokomputer

 
Like us on Facebook