February 7, 2016

Apa Tanda atau Gejala Pria Terkena Kanker ?


Dibandingkan dengan wanita, pria lebih rentan terkena penyakit, termasuk kanker yang merupakan penyakit mematikan. Kanker bisa mengancam jiwa jika tidak didiagnosis dan diobati dari dini.


Faktanya, sekarang banyak orang terutama kaum pria yang menunda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Oleh karena itu, banyak yang mengabaikan tanda-tanda yang ada.

Ada beberapa tanda-tanda kanker pada pria yang tidak boleh Anda abaikan. Tanda-tanda ini terlihat sangat umum. Berikut 12 tanda kanker pada pria yang dilansir dari Boldsky:

1. Nyeri saat buang air kecil
Bagi Anda yang mengalami sakit saat buang air kecil atau menemukan darah dalam urin, Anda harus segera mengunjungi dokter. Salah satu tanda kanker yang tidak dapat diabaikan adalah darah yang ditemukan dalam air mani.

2. Perubahan testis
Tanda yang paling menonjol dari kanker pada pria adalah perubahan warna pada testis. Jika Anda kebetulan melihat ada warna gelap pada testis Anda atau menemukan benjolan apapun, segeralah mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

3. Perubahan kulit
Para ahli percaya bahwa pria di atas usia 50 tahun cenderung untuk terkena kanker kulit. Bagi Anda yang melihat adanya perubahan pada warna kulit yang tidak biasa, itu bisa menjadi salah satu tanda kanker pada pria .

4. Luka
Luka pada mulut yang tidak kunjung sembuh dalam beberapa waktu, perlu dikhawatirkan. Periksa untuk melihat apakah ada perubahan warna seperti bercak putih, merah atau biru.

5. Batuk
Batuk yang tidak kunjung sembuh dalam kurun beberapa waktu, jangan abaikan. Jika obat tidak membantu Anda sembuh, itu bisa menjadi salah satu gejala dari kanker paru-paru.

6. Feses berdarah
Darah yang ditemukan dalam feses tidak boleh Anda abaikan. Jika Anda telah menderita sembelit atau wasir, darah dalam feses bisa muncul.

7. Sakit perut terus menerus
Bagi Anda pria yang mengalami rasa sakit terus menerus dan kram perut yang tidak biasa pada bagian perut bawah, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter. Sakit perut terus-menerus merupakan salah satu gejala leukemia atau esofagus, kanker hati, pankreas atau kolorektal.

8. Demam
Salah satu tanda awal dari leukemia adalah seringnya demam tinggi dan menggigil.

9. Menelan
Kanker paru-paru dimulai dengan nyeri pada saat Anda menelan. Jika Anda merasakan sakit pada saat menelan, maka Anda harus segera memeriksakan secara segera. Ini bisa menjadi salah satu tanda kanker pada pria.

10. Memar
Tanda awal leukemia adalah merusak kemampuan darah untuk membawa oksigen dan membentuk gumpalan atau memar.

11. Berat badan cepat turun
Penurunan berat badan yang cepat adalah salah satu tanda kanker terkait usus atau hati.

12. Kelelahan
Leukemia dan limfoma sering menyebabkan kelelahan. Jadi, jika Anda merasa tubuh lelah lebih dari biasanya segeralah periksakan diri Anda ke dokter yang dipercaya.



references by sindonews

 
Like us on Facebook