February 5, 2016

Apple Sewa Sang Hacker Pembuat Virus Firmware Mac

Apple memutuskan langkah unik dengan mempekerjakan dua peneliti yang merupakan pencipta virus firmware untuk Mac. Pendiri LegbaCore, Xeno Kovah mengungkapkan melalui Twitter pada November lalu, bahwa ia dan pasangannya, Corey Kellenberg, telah disewa Apple.



Dikutip dari BusinessInsider, Kamis (4/2/2016), mereka bertugas melakukan pengamanan tingkat rendah. Hal ini smepat diketahui sampai terungkap saat presentasi dalam sebuah konferensi keamanan Desember lalu.

LegbaCore terkenal karena berhasil mengembangkan konsep bukti virus cacing hibrid, disebut Thunderstrike 2 yang ditargetkan untuk Mac. Cacing yang Kovah kembangkan, mampu menyebar dari MacBook ke MacBook, bahkan jika komputer tidak terhubung dengan internet.

"(Serangan ini) benar-benar sulit untuk dideteksi, benar-benar sulit untuk disingkirkan," kata Kovah kepada Wired.

Menurut Wired, virus cacing Kovah merupakan yang pertama menyerang Mac di tingkat firmware. Artinya, menargetkan pada perangkat lunak yang boot up sebelum sistem operasi OS X.

Serangan ini biasanya tidak bisa terdeteksi oleh antivirus dan perangkat lunak keamanan lainnya. Setelah Thunderstrike 2 terinstal langsung menyerang komputer, bisa menyebar ke peripheral tertentu, seperti Thunderbolt Ethernet adapter merek Apple, yang kemudian akan menyebarkan virus ke Mac dan yang tercolok lainnya.





references by sindonews

 
Like us on Facebook