February 17, 2016

Bugs iPhone 2016, Akan Rusak Jika Kalender Sistem Diubah

Banyak para pengguna iPhone tertipu setelah muncul ajakan untuk mengeset ulang kalender iPhone ke tanggal 1 Januari 1970. Awalnya, jika mengeset ke tanggal tersebut, pengguna dijanjikan iPhone-nya bisa menampilkan tema Macintosh lawas, ketika logo Apple masih berwarna pelangi.



Namun yang terjadi justru sebaliknya, iPhone-iPhone yang tanggalnya diset Januari 1970 justru mengalami bootloop permanen, akibatnya iPhone tidak bisa digunakan lagi. Hal ini terutama terjadi pada iPhone generasi terbaru yang mengusung prosesor 64-bit. Apa yang terjadi?

Awal waktu dunia teknologi

Berdasarkan penjelasan YouTubers, Tom Scott, terungkap bila iPhone menggunakan sistem waktu 'Unix Epoch time'. Sistem penanggalan ini menampilkan setiap detik dari tahun 1970 di teknologi-teknologi berbasis Unix, termasuk produk Apple. Nah, apabila Anda mengeset iPhone di tanggal 1 Januari 1970, maka nilai Epoch time iPhone menjadi 0 (nol).



Ini tentu masalah besar, sebab iPhone akan berusaha menampilkan waktu sebelum Epoch time yang tidak ada dalam sistem. Saat si iPhone berusaha mendeteksi notifikasi yang masuk, misalnya pesan yang masuk 1 menit sebelum Anda mengubah tanggal ke 1 Januari 1970, maka si iPhone akan mengalami kerusakan sistem.

Hal ini terjadi karena pesan yang masuk tadi dihitung oleh iPhone masuk sebelum tanggal 1 Januari 1970. Dan data penanggalan sebelum 1 Januari 1970 tidak ada dalam sistem.


Menurut Phone Arena, produk-produk Apple yang bisa nge-brick setelah diubah tanggalnya menjadi 1 Januari 1970 adalah iPhone 5s ke atas, iPad Air, iPad Mini 2 (dan generasi berikutnya), lalu iPod Touch generasi ke 6. Tapi tenang, karena iPhone Anda masih bisa diselamatkan.

Untuk mengatasi masalah bug 1970 ini, pengguna bisa melakukan beberapa tindakan, pertama adalah membiarkan baterai benar-benar habis. Kedua, dengan cara membuka iPhone dan mencopot baterai secara paksa. Ketiga, melakukan update firmware.

Mencopot baterai atau membiarkan baterai habis akan membuat sistem penanggalan di iPhone akan ter-reset atau kembali seperti awal. Dan bila Anda tidak mau repot, Anda bisa membawa si iPhone ke Apple Store terdekat untuk diperbaiki.

Apple janjikan perbaikan

Pasca masalah bug 1970 ini ramai dibicarakan di internet, Apple mengatakan bila pihaknya tengah menangani masalah ini dan berjanji akan secepatnya meluncurkan update untuk mengatasi bug 1970.

Sebelumnya, banyak pihak menyatakan bila Apple tidak bisa memperbaiki bug ini, mengingat sistem penanggalan Epoch memang begitu adanya dan tidak bisa diubah. Oleh sebab itu, Apple sendiri belum bisa memastikan kapan tepatnya mereka akan menerbitkan update.

Menyikapi hal tersebut, bagi pengguna produk Apple disarankan untuk tidak coba-coba mengeset tanggal iPhone ke 1 Januari 1970 atau di bulan apapun di tahun 1970. Sebab, berdasarkan percobaan netizen, mengganti tanggal iPhone ke bulan Juni 1970 pun bisa sebabkan iPhone nge-brick.










references by merdeka
modified by agunkzscreamo

 
Like us on Facebook