February 29, 2016

Nilai Akademis Bagus? Daftar SNMPTN 2016 Gratis !

Siswa-siswi SMA atau sederajat mulai hari ini bisa melakukan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Mereka yang mendaftar kuliah melalui jalur ini merupakan siswa yang memiliki riwayat akademis baik atau pernah meraih prestasi membanggakan.



Berbeda dari jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lainnya, biaya pendaftaran SNMPTN ditanggung oleh pemerintah. Artinya, para pendaftar tidak akan dipungut biaya apa pun atau gratis.

Dari sisi biaya kuliah, nantinya siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu juga dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/. Dengan meraih bidikmisi, pemerintah akan menanggung total biaya kuliah, termasuk biaya hidup sehari-hari.

Selain menggratiskan biaya SNMPTN 2016, ternyata panitia nasional juga memperketat proses seleksinya. Bagaimana tidak, mahasiswa yang lulus harus berkualitas secara akademik dengan dibuktikan melalui nilai rapor, prestasi-prestasi, hingga nilai ujian nasional (UN) dan indeks integritas sekolah.

Tak hanya itu, panitia SNMPTN 2016 turut memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah, seperti akreditasi, prestasi mahasiswa alumni sekolah bersangkutan, jumlah siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi nandiri tahun sebelumnya, serta prestasi lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Baik sekolah maupun pendaftar yang melakukan aksi curang akan mendapat sanksi tegas. Jika kecurangan dilakukan oleh sekolah, maka tahun berikutnya sekolah tersebut tidak diikutsertakan dalam SNMPTN. Sementara bagi siswa yang melakukan kecurangan akan dibatalkan status kelulusan SNMPTN-nya.



references by okezone

 
Like us on Facebook