February 20, 2016

Penyebab Sakit Gigi & Obatnya

Sakit gigi adalah sakit yang paling tragis, membuat berbagai saraf ikut merasakannya, tapi anggap aja itu adalah penggugr dosa, mjungkin banyak kata-kata yang keluar dari mulit ini yang menyakiti orang lain dan amggap juga bahwa rasa sakit gigi ini adalah siksa dunia ini dan tidak seberapa dibanding siksa neraka kelak yang tidak berujung

Tahukah Anda selain kerusakan pada struktur gigi, ternyata ada banyak penyebab sakit gigi lainnya. Hal ini penting untuk diketahui, karena dengan mengetahui penyebabnya akan membantu kita mencegah bahkan mengatasi sakit gigi sampai batas tertentu: Berikut penyebab-penyebab sakit gigi yang mungkin sedang anda alami:



Kerusakan gigi 

Merupakan penyebab sakit gigi yang paling utama dan tersering. Rongga kecil yang terdapat hanya pada lapisan luar gigi (enamel) biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi ketika rongga berubah menjadi lubang yang dalam dan menembus melalui email dan sampai pada lapisan dalam gigi (dentin), maka akan menjadi sangat sensitif dan mudah terasa sakit. Pada tahap lanjut pembusukan gigi berlubang berlangsung lebih dalam menuju lapisan terdalam (pulpa) sehingga akan mengakibatkan sakit gigi yang intens, nyeri yang tajam, terasa ngenyut dan lebih sakit daripada sakit hati.
Infeksi dari gigi berlubang /kuman/bakteri dalam gigi tersebut dapat menyebabkan kematian jaringan pulpa dan menyebabkan abses (nanah) di bawah akar gigi.

Penyakit Gusi 

Peradangan pada gusi akan menyebabkannya menjadi merah, bengkak, bahkan berdarah. Tentunya hal ini juga menimbulkan rasa sakit apalagi infeksi gusi lanjut yang juga dapat menyebabkan sakit gigi.

Hal ini terjadi karena infeksi gusi menyebabkan peradangan pada gusi dan tulang yang menyebabkan pembengkakan jaringan penyokong gigi yang diliputi oleh gusi. Baca lebih lanjut tentang Gusi Bengkak (Gingivitis)

Trauma Pada Gigi 
Benturan atau trauma pada gigi yang menyebabkan gigi patah atau goyang pasti menyebabkan sakit gigi. Apalagi gigi patah dengan garis fraktur berjalan melalui pulpa (saraf) gigi tentu akan menimbulkan sakit gigi yang parah.


Erosi Gusi 

Sering kali hal ini disebabkan oleh perilaku menyikat gigi yang tidak tepat sebagai akibatnya gusi menjadi surut atau erosi sehingga bagian gigi terbawah (akar gigi) menjadi kelihatan atau terbuka. Hal ini akan menyebabkan gigi menjadi sensitif terhadap makanan dingin, panas, dan asam. Disamping itu makanan dan minuman asam juga dapat mengikis akar dan memperburuk sensitivitas.

Bruxism 

Bruxism merupakan suatu kondisi di mana menggiling gigi (menggeser gigi bolak-balik satu sama lain), menggertakkan atau mengepalkan gigi (berkontak rapat antara gigi atas dan bawah), yang terjadi tanpa sengaja atau tidak disadari. Hal ini dapat menjadi penyebab sakit gigi karena dapat menimbulkan tekanan berlebih pada jaringan pendukung gigi sehingga menyebabkan rasa sakit tidak hanya pada gigi, tetapi juga pada sendi rahang dan otot.

Tumbuh Gigi Bungsu 

Ketika gigi bungsu (graham atau molar 3) mau tumbuh keluar biasanya juga menyebabkan rasa sakit pada gigi. Hal ini terjadi jika gigi bungsu gagal tumbuh secara sepenuhnya melalui garis gusi karena tidak ada cukup ruang untuk gigi bungsu keluar. Hal ini juga dapat menimbulkan tekanan pada gigi yang berdekatan sehingga menyebabkan rasa nyeri. Ketika gigi geraham bungsu telah tumbuh tapi hanya sebagian akan berpotensi menjadi tempat nyangkutnya banyak makanan karena susah dibersihkan. Dengan demikian akan menjadi tempat bakteri tumbuh dan berkembang biak yang memudahkan terjadinya infeksi pada gusi dan struktur gigi lainnya.

Gigi Miring 
Gigi yang miring atau tidak rata ternyata dapat menjadi penyebab sakit gigi. Hal ini terjadi ketika gigi tidak selaras dengan benar ada distribusi tekanan yang tidak merata pada saat mengunyah dengan demikian mudah terjadi peradangan pada saraf di gigi menyebabkan rasa sakit.

Perawatan Ortodontik Perawatan ortodontik (atau memperbaiki keselarasan gigi dengan kawat gigi) sering dapat menyebabkan sakit untuk periode singkat saat kawat gigi baru disesuaikan atau diperketat.

Masalah di luar gigi 
Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh masalah yang tidak berhubungan dengan gigi atau rahang. Contohnya infeksi sinus atau sinusitis, tekanan dari sinus dapat menyebabkan sakit gigi bagian atas karena letak sinus yang dekat dengan gigi. Dalam kasus yang jarang terjadi, sakit gigi atau nyeri rahang bisa merupakan tanda serangan jantung. Sakit gigi juga dapat disebabkan oleh neuralgia trigeminal yang ditandai dengan episode sakit yang intermiten serta nyeri pada sisi wajah.

1. Penyebab Sakit Gigi Karena Faktor Makanan

Faktor makanan bisa menyebabkan sakit gigi. Makanan yang terlalu panas dan dingin akan membuat gigi akan mulai terasa sakit. Jadi saran saya setelah makan makanan yang panas hindari meminum air yang dingin, karena awalnya gigi akan terasa ngilu atau biasa disebut gigi sensitif.

2. Sakit Gigi Berawal Dari Gusi Yang Bengkak

Penyakit gusi dapat menyebabkan sakit gigi maju bahkan dalam gigi yang sehat. Infeksi gusi menyebabkan peradangan pada jaringan gusi dan tulang yang menyebabkan pembengkakan, hilangnya tulang di sekitar gigi dan nyeri sesaat. Sakit gusi pada tahap paling awal dari penyakit gigi juga dapat menyebabkan nyeri.



3. Jarang Menyikat Gigi

Jarang menyikat gigi juga dapat membuat sakit gigi muncul. Biasanya terjadi karena kita lupa untuk menggosok gigi atau bahkan kita malas untuk menggosok gigi. Padahal kegiatan ini penting dilakukan untuk menjaga gigi agar tetap bersih dan sehat. Usahakan menggosok gigi setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

4. Menyikat Gigi Yang Tidak Benar

Menyikat gigi yang salah atau tidak teratur dapat melukai gusi. Hal ini dapat menyebabkan sakit gusi. Akar gigi akan terbuka dan dapat menyebabkan sensitif pada rasa dingin, panas dan makanan asam. Minuman asam juga dapat lebih mengikis akar dan memperburuk sensitifitas.

5. Penggunaan Kawat Gigi

Kawat gigi sering dapat menyebabkan rasa sakit untuk periode singkat waktu ketika kawat gigi disesuaikan. Alat ini sangat rumit sehingga pemasangan atau pelepasannya hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti dengan keahlian khusus. Untuk membersihkan gigi dan mulut dilakukan dengan cara khusus karena alat ini tidak dilepaskan dari gigi dalam waktu yang relatif lama. Dengan demikian, sikap kooperatif atau kerjasama pasien dalam menjaga dan mempertahankan kebersihan mulut sangat diperlukan.

6. Penyebab Sakit Gigi Yang Paling Umum Karena Gigi Berlubang

Rongga atau lubang kecil yang hanya mempengaruhi lapisan luar gigi biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Tapi ketika pembusukan menembus melalui email dan mempengaruhi lapisan dalam gigi (dentin) Anda, gigi menjadi sangat sensitif.

Dalam tahap lanjutan, pembusukan berlangsung lebih pada lapisan terdalam (pulp) yang mengakibatkan intens dan nyeri yang tajam. Infeksi dari gigi membusuk, dapat menyebabkan kematian jaringan pulpa dan menyebabkan abses (penuh dengan nanah) dibawah akar gigi. Saya menyarankan jika gigi Anda berlubang, segeralah pergi ke dokter gigi untuk konsultasi atau menambal lubang gigi.



Penderita sakit gigi dan gusi bengkak dilarang memakan makanan/minuman berikut

Makanan/ Minuman Terlalu Dingin
Sering penderitanya mengabaikan hal ini. Padahal baik makanan maupun minuman dingin/ es  memicu ngilu giginya kambuh kembali.  Untuk itu jauhilah larangan ini bila anda tidak ingin sakit gigi kambuh kembali.

Segala macam makanan dan minuman yang keluar dari kulkas dilarang untuk penderita sakit gigi. Es krim, es cendol, minuman botol dingin, es teh dingin, daging beku/ dingin, dan makanan lainnya yang memiliki suhu di bawah normal.

Manis
Segala bentuk baik makanan maupun minuman yang memiliki rasa manis dilarang bagi penderita sakit gigi dan gusi bengkak. Makanan jenis ini akan dengan mudah memicu sakit gigi kambuh. Rasa gula yang berlebihan acap kali membuat gusi bengkak. Itulah alasan mengapa makanan/ minuman jenis ini menjadi pantangan sakit gigi.
Jenis makanan/ minuman pantangan sakit gigi yang dimaksud diantaranya : cokelat, es krim, permen dan makanan lainnya yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Cuka
Empek- empek memang sedap di santap. Namun, makanan ini adalah salah satu yang dilarang bagi penderita sakit gigi. Cuka yang terkandung didalam kuah empek- empek dapat semakin mengikis email gigi. Sehingga risiko kambuhnya rasa sakit gigi hingga menimbulkan bengkak gusi semakin besar. Itulah penyebab mengapa makanan dan minuman yang mengandung cuka berpantang bagi penderita sakit gigi. Cuka juga biasanya terdapat pada bakso atau makanan lainnya

Makanan Asam

Baik makanan maupun minuman dengan kadar asam yang tinggi menjadi pantangan sakit gigi. Zat asam akan dengan mudah membuat sakit gigi kambuh. Contoh makanan/ minuman yang memiliki zat asam yang cukup besar diantaranya: yogurt, dan jenis makanan/ minuman sejenisnya.

Soda
Umumnya minuman kaleng bersoda sangat nikmat diminum pada siang hari. Akan tetapi, minuman jenis ini merupakan pantangan sakit gigi. Soda sering kali menjadi penyebab sakit gigi kambuh kembali.

Mungkin anda bertanya- Tanya mengapa minuman ini menjadi pantangan sakit gigi. Penyebabnya adalah kadar asam dalam minuman kaleng/botol bersoda merupakan salah satu pemicu sakit gjgi kambuh kembali. Bahkan acap kali gusi ikut membengkak setelah beberapa jam mengkonsumsinya.

Selain itu, bahan pengawet yang terkandung pada minuman ini tidak baik bagi kesehatan. Bahkan menurut sebuah studi minuman soda mempercepat obesitas tubuh seseorang. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa obesita/ kolestrol merupakan pintu gerbang berbagai penyakit.

Minuman Penghangat Badan
Tidak semua minuman penghangat badan merupakan pantangan sakit gigi. Hanya kopi yang dilarang dikonsumsi. Penyebab mengapa kopi harus dihindari adalah sisa kopi dapat menimbulkan flek pada gigi. bila hal ini berlanjut dalam jangka waktu yang lama, risiko kerusakan email gigi akan semakin besar.

Itulah beberapa makanan yang menjadi pantangan sakit gigi. selain makanan, sebaiknya penderita menjaga kebersihan giginya. Sisa makanan yang tertinggal pada gigi sering kali menjadi penyebab kambuhnya sakit gigi. rajin menyikat gigi terutama ketika akan tidur dipercaya ampuh menghindari sakit gigi kambuh kembali.



Apapun penyebab sakit gigi nya, hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengurangi rasa sakit.


Minum Obat Sakit Gigi
Langkah pertama untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan sakit gigi yaitu minum Obat sakit gigi dari golongan Analgetik Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen yang dapat Anda beli bebas tanpa resep dokter, obat ini cukup efektif untuk sakit gigi ringan-sedang.

OBAT APOTEK
Pengobatan untuk sakit gigi secara medis adalah dengan meminum. Asam Mefenamat 500mg (generik) dan untuk obat patennya adalah PONSTAN 500mg yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit. Kemudian di padukan dengan AMOXILLIN 500mg yang fungsinya sebagai antibiotik untuk mematikan kuman yang menyebabkan sakit gigi. Seandainya terjadi pembengkakan maka dokter juga akan merekomendasikan untuk menggunakan CATAFLAM 50mg, atau produk lain semisal NONFLAMIN 500mg yang gunanya untuk mengatasi pembengkakan. Kesemua obat tsb diminum 3 x 1 hari, khusus untuk Antibiotik Amoxillin 500mg penggunaannya 3 sehari minimal untuk 3 hari pengobatan dan maksimal 5 hari pengobatan. Untuk pengobatan tradisional bisa di gunakan minyak Cengkeh yang dimasukan ke rongga mulut yang berlobang.


Tiga Resep Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Di Apotik

Berikut ini komposisi yang terbaik dari obat sakit gigi di apotik, antara lain:
  1. Clindamycin dengan ukuran 160 mg yang dapat diminum sesuai dengan dosis yang ada yaitu tiga kali sehari.
  2. Dexamethazon dengan ukuran 0,6 mg yang dapat diminum secara teratur dan rutin dengan dosis yang ada yaitu tiga kali sehari.
  3. Sebaiknya setiap pembelian obat dari apotik untuk sakit gigi yang tepat dan aman, konsumsi tiga kali sehari secara rutin agar dapat menyembuhkan sakit gigi.
Untuk cara penggunaan pada resep obat sakit gigi paling ampuh di apotik bisa digunakan ketika gigi sudah mulai merasa sakit ketika mulut dibuka ke atas dan ke bawah. Selain menggunakan resep di atas perbanyak mengkonsumsi air putih dahulu, jika masih terasa sakit bisa langsung menggunakan resep di atas atau jenis obat yang banyak mengandung asam mefenamat. Jika sakit gigi sudah melebihi batas, bisa mengkosumsi tiga resep di atas sekaligus untuk beberapa hari sampai sakit tersebut sembuh. Namun jangan terburu-buru sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang berlebih yang timbul pada tubuh.




Untuk sakit gigi yang berat atau tidak mempan dengan obat-obat tadi, maka diperlukan Analgetik yang lebih kuat diantaranya naproxen sodium, metampiron (antalgin), asam mefenamat, Natrium Diklofenak (Cataflam), dsb. Namun diantaranya perlu resep dokter.

Kompres Dingin
Disamping minum obat sakit gigi, sempatkan juga untuk meng-kompres dingin pada daerah pipi diluar gigi yang sesuai. Bisa menggunakan es batu yang dilapisi kain atau plastik atau menggunakan handuk yang dicelupkan pada air es. Suhu dingin akan membantu meringankan rasa sakit.
Jangan tempelkan es langsung ke gigi. Karena hal ini akan membuat gigi semakin sakit, karena pulpa gigi yang meradang akan sangat sensitif terhadap suhu panas atau dingin secara langsung.

Menggunakan Obat Oles (topikal)
Obat sakit gigi juga ada yang berupa gel atau cairan yang dapat dioleskan langsung pada gigi yang sakit, lebih tepatnya pada bagian gigi yang berlubang.
Obat ini mengandung benzokain yang berfungsi meredakan nyeri dengan cara mematikan saraf sementara (efek bius lokal atau mati rasa) sehingga dapat membantu meringankan rasa gigi ngilu dan nyenyut selama beberapa jam.


Kebanyakan penderita mendapatkan saran dari teman atau anggota keluarganya untuk mengobati sakit gigi dengan berkumur air hangat dan menggunakan garam. Sebenarnya cara mengobati sakit gigi tersebut tidak berhasil sepenuhnya, faktanya pada beberapa kasus ada yang membuat rasa sakit pada gigi semakin parah dan berdenyut. Itu terjadi karena beberapa orang ada yang bergigi sensitif.

Oleh karena itu alangkah baiknya Anda memilih salah satu dari beberapa pilihan obat sakit gigi tradisional berikut, kemudian jalani pengobatan alami secara rutin agar rasa sakit cepat mereda.

1. Daun Inggu Kering
Bahan: 2 - 4 gram daun inggu kering dan 2 cangkir (ukuran sedang) air bersih.
Cara pengobatan: Rebus daun inggu kering ke dalam panci yang terisi 2 gelas air sampai mendidih. Saring air dari daunnya, kemudian tunggu hangat dan gunakan ramuan untuk berkumur beberapa kali.

2. Minyak Batok Kelapa
Bahan: Batok kelapa yang telah terbagi dua dan kapas secukupnya.
Cara pengobatan: Ambil satu bagian batok kelapa, kemudian bakar sampai keluar minyaknya. Ambil minyak batok kelapa menggunakan kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit. Sehabis itu Anda akan kaget karena reaksi dari obat ini cukup cepat, rasa sakit pada gigi akan hilang hanya dalam beberapa menit.

3. Daun Sirih dan Cengkeh
Bahan: Daun sirih dan cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Rebus kedua bahan, kemudian gunakan untuk berkumur beberapa kali. Jika Anda merasa belum mampu membuat ramuan ini, obat kumur dari campuran cengkeh dan daun sirih ini bisa Anda beli di pasar.

4. Bawang Putih
Bahan: Bawang putih (1 butir).
Cara pengobatan: Kupas kulit luar bawang putih, setelah itu tumbuk hingga halus. Tempelkan tumbukan bawang putih pada bagian gigi luar yang sakit.
Cara pengobatan 2: Cuci bawang putih dengan air hangat. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit, kemudian buang dan bakteri penyebab sakit gigi akan mati.

5. Minyak Cengkeh
Bahan: Minyak cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Gunakan minyak cengkeh dengan cara meneteskannya pada gigi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud (ditempel-tempel). Setelah rasa sakit hilang (kira-kira 30 menit), barulah berkumur dengan air hangat.

6. Bunga Matahari
Bahan: Bunga matahari (50 gram), jahe (5 gram), dan air jernih (600 cc).
Cara pengobatan: Jahe dan bunga matahari direbus dalam 600 cc air sampai mendidih dan air tersisa 300 cc. Saring air rebusan dan minum obat herbal sakit gigi ini selagi hangat. 

7. Asam Jawa (Obat Penyembuh Karang Gigi)
Bahan: Biji asam jawa secukupnya.
Cara pengobatan: Goreng tanpa minyak (sangrai) biji asam jawa, sehabis itu ditumbuk sampai lembut. Masukkan biji asam jawa yang telah halus pada kain, kemudian gosok pada gigi yang berlubang.

8. Biji Jarak Cina
Bahan: 1 butir biji jarak cina dan 1 gelas air panas.
Cara pengobatan: Giling atau tumbuk biji jarak cina sampai benar-benar halus, seduh dalam satu gelas air panas dan aduk. Saring airnya, tunggu dingin, terakhir gunakan air untuk berkumur.

9. Daun Cengkeh
Bahan: Daun cengkeh secukupnya.
Cara pengobatan: Cuci daun cengkeh, seduh dalam seelas air panas, kemudian lumatkan daun cengkeh. Gunakan kain untuk memeras daun cengkeh yang halus, kemudian tempelkan kapas pada air hasil perasan. Tempel dan gosok kapas pada gigi yang sakit (berlubang).

10. Teh Hangat (Tanpa Gula)
Bahan: Satu gelas teh hangat tanpa gula.
Cara pengobatan: Gunakan air teh untuk berkumur beberapa kali, kemudian biarkan 15 menit. Setelahnya letakkan kantung teh bekas pada gusi untuk meringankan peradangan.

11. Cabe Rawit.
Bahan: Cabe rawit hijau atau merah secukupnya.
Cara pengobatan: Tumbuk cabai rawit, kemudian seduh dalam air panas. Kenai kapas dengan air seduhan cabai rawit, kemudian tempel pada gigi yang terasa sakit. Bisa juga untuk berkumur.

12. Getah Jarak
Bahan: Getah tanaman jarak secukupnya.
Cara pengobatan: Teteskan sedikit demi sedikit getah jarak pada gigi yang berlubang, atau bisa juga gunakan kapas untuk diselipkan pada gigi yang berlubang.

13. Akar Meniran
Bahan: Akar meniran (5 gram).
Cara pengobatan: Bersihkan akar meniran, kemudian kunyah menggunakan gigi yang sakit. Setelah itu berkumur dengan air biasa, dan istirahatlah.

14. Akar Kangkung
Bahan: Segenggam akar kangkung dan 1/2 sdt cuka.
Cara pengobatan: Aliri (bersihkan) akar kangkung, kemudian rebus dalam segelas air dan tambahkan 1/2 sdt cuka. Air rebusan yang sudah agak dingin digunakan untuk berkumur.

15. Serai
Bahan: Sereh atau sirih (40 gram), air matang (2 gelas).
Cara pengobatan: Rebus semua sereh dalam 2 gelas air sampai mendidih dan air berkurang satu gelas. Gunakan obat ini untuk berkumur setiap hari sampai sakit gigi hilang.


Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat




  • Bersihkan bagian gigi yang sakit menggunakan sikat gigi dengan pasta yang cocok untuk meredakan rasa sakit. Jika setelah beberapa menit belum sembuh juga, bisa jadi ada sisa makanan yang menyelip pada lubang gigi. Gunakanlah lidi kecil atau tusuk gigi untuk mengangkat kotoran yang menyelip pada lubang atau sekitar gigi, setelah itu berkumur.
  • Pijat atau urut bagian pelipis (posisi gigi yang sakit) dari depan sampai belakang (depan telinga) menggunakan minyak yang tak beraroma selama beberapa menit sampai rasa nyeri hilang perlahan.
  • Tempelkan lidah pada bagian gigi yang sakit, kemudian tarik atau sedok sampai darah pada gigi yang sakit keluar. Jika berhasil, warna darah yang keluar biasanya merah kehitaman.

Jika sakit gigi sudah hilang, rawatlah gigi dengan cara rajin menggosok gigi, berkumur sehabis makan dan sehabis bangun tidur, jangan terlalu sering makan coklat, dsb. 

Apabila Anda ingin sakit gigi benar-benar sembuh, berkunjunglah ke dokter gigi dan minta pendapat terbaiknya. Biasanya dokter merekomendasikan untuk mencabut gigi atau menambal gigi (jika lubang tidak terlalu besar). Dengan begitu rasa sakit pada gigi yang suatu saat dapat kambuh tidak perlu membuat Anda resah.


Obat Sakit Gigi untuk Anak Usia 3 Tahun , 4 Tahun , 5 Tahun  , 6 Tahun , 7 Tahun

Jika anak usia 1 tahun itu masih jarang mengalami sakit gigi sebab bayinya juga belum memiliki gigi kecualai gigi susu .

Pada umumnya, gigi susu mulai tumbuh saat bayi berusia kurang lebih 6 bulan. Pada sebagian anak, ada yang munculnya lebih awal, ada pula yang lebih lambat. Jadi, jangan khawatir, 

Bagaimana cara gigi tumbuh? Dimulai dengan gigi seri tengah rahang bawah. Dua gigi depan bawah akan tumbuh, diikuti oleh 2 gigi depan atas. Keempat gigi ini dikenal sebagai gigi seri tengah, yang berfungsi menggigit.

Setelah itu, gigi-geligi di sebelahnya akan muncil, baik sisi kiri atau kanan; serta gigi ini disebut gigi seri samping. Di sebelah gigi seri samping akan muncul gigi taring, dan diikuti oleh 2 gigi geraham di belakangnya.
Jadi, pada tiap sisi, anak mempunyai 5 gigi. Jumlah gigi susu seluruhnya adalah 20 buah! Apa fungsi gigi yang lain? Gigi taring berfungsi mengoyakkan makanan, sedangkan gigi geraham untuk mengunyah makanan. Gigi susu akan lengkap jumlahnya pada saat anak berusia 2,5 sampai 3 tahun.

Gigi permanen akan mulai tumbuh menggantikan gigi susu pada saat anak berusia 6 tahun. Sama seperti gigi susu, yang pertama kali tumbuh adalah gigi depan bawah, yang diikuti oleh gigi depan atas, gigi geraham kecil, dan gigi geraham. Jumlah keseluruhannya adalah 32 buah, masing-masing sisi 8 gigi, yaitu 2 gigi seri, 1 gigi taring, 2 gigi geraham kecil dan 3 gigi geraham. di usia 6 tahu maka kadang akan terjadi sakit gigi akibat tumbuh gigi .

Setelah kita tahu bagaimana sturuktur dan tartib gigi maka kita perlu ketahui bagaimana cara untuk merawat gigi anak sehingga anak tidak pernah mengalami hal yang tidak diinginkan semisal gusi bengkak dan sakit gigi .

Cara Merawat Gigi Anak agar Tetap Sahat

Pertama, beri makanan sehat seimbang (sesuai piramida makanan) dan pas dengan usia anak. Misalnya, di usia 9 bulan makanan harus mulai agak kasar dan usia 1 tahun sudah bisa mengonsumsi makanan dewasa dalam versi agak lembut. Anak harus belajar mengunyah agar rahang dan giginya kuat.

Kedua, jaga kebersihan rongga mulut. Bersihkan rongga mulut selesai makan atau menyusu. Setelah gigi muncul, gunakan sikat gigi khusus bayi dan kontrol ke dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan.

Ketiga, jangan biarkan anak minum ASI/susu lain dari dot (apalagi jika minumnya sambil tiduran).Mulai usia 8 bulan, ajarkan bayi minum ASI perah dan minuman lainnya melalui gelas khusus bayi

Keempat, ajarkan anak untuk menahan diri dari makanan dan minuman manis, termasuk permen dan cokelat.  ini semua agar anak terhindar dari sakit gigi namu  Jika anak bunda terlanjur sudah mengalami sakit gigi, tentu mereka tidak akan merasa nyaman. Apalagi jika anak bunda masih berusia bayi, mereka akan cenderung menangis terus. Bisa jadi mereka mengalami penyakit lainnya sebab antibodi tubuh turun, karena kurang istirahat.

Obat Sakit Gigi untuk Anak



Bahan alami berikut dipercaya bisa membantu menyembuhkan sakit gigi pada anak. Bahan alami tersebut yakni minyak cengkeh.

Caranya cukup mudah dan bisa dipraktekkan di rumah. Pertama siapkan minyak cengkeh, lalu teteskan di kapas. Sesudahnya, oleskan kapas yang sudah ditetesi minyak cengkeh tersebut pada gigi anak yang sakit. Cara air garam yang dijelaskan sebelumnya juga dapat Anda gunakan, namun mungkin untuk bayi masih belum mengerti cara berkumur. Jadi bagi bayi, cara air garam kurang disarankan, bisa-bisa nanti air garamnya ditelan.

Bahan alami kedua ,  madu bisa anda gunakan untuk mengobati sakit gigi buah hati anda yaitu madu.

Selain lebih disukai anak anak karena rasa manisnya, madu ini cukup mudah dalam menggunakannya sebagai obat sakit gigi pada anak.

Caranya yaitu dengan mengoleskan beberapa tetes madu pada gigi atau gusi anak anda yang sakit, usahakan madu tersebut tidak langsung di jilat atau tertelan karena apabila tertelan dan terjilat, khasiat kandungan yang ada didalam madu akan hilang. Oleh karena itu, sebaiknya anda sebagai orang tua untuk sering sering mengoleskan madu ini kepada anak anda.

Obat Sakit gigi bagi anak ke tiga adalah garam , garam merupakan salah satu cara mengobati sakit gigi

pada anak usia 3 tahun selanjutnya. Garam ini digunakan sebagai obat kumur alami, caranya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok garam dengan segelas air putih hangat.

Namun karena rasa asin garam tidak disukai anak anak sebaiknya ketika setelah berkumur kumur anak anda diberi satu sendok madu agar anak anda tidak rewel. Air hangat ini juga berfungsi sebagai pereda bengkak yang ada digusi ketika seorang anak sakit gigi. bahan herbal alami untuk sakit gigi anak diatas cukup ampuh untuk mengobati sakit gigi anak


JIKA SEMUA OBAT SUDAH DICOBA DAN TIDAK MEMPAN
ARTINYA KAMU HARUS PERIKSAKAKN KE DOKTER GIGI YANG TERPERCAYA DI KOTA KAMU..
SEMOGA MEMBANTU..



references by
http://mediskus.com/penyakit/penyebab-sakit-gigi
http://tipsdantrikampuh.blogspot.com/2013/10/penyebab-munculnya-sakit-gigi.html
http://jabar.tribunnews.com/2015/10/27/terungkap-ternyata-inilah-obat-sakit-gigi-paling-manjur
http://cakrawalasehat.blogspot.co.id/2014/08/obat-sakit-gigi-tradisional.html
http://sakitgi2.blogspot.com/2015/03/obat-sakit-gigi-untuk-anak.html

 
Like us on Facebook