February 18, 2016

Sudah Resmi, Rio Haryanto Akhirnya Bisa Balapan Di F1, Inilah Pesan Ibunda Beliau

Keputusan tim Manor Racing F1 merekrut pembalap Indonesia Rio Haryanto, menjadi pemberitaan media massa dunia. Skysports bahkan langsung menurunkan profil Rio. Namun, kebanyakan media Inggris 'berduka' lantaran pembalap mereka Will Stevens kehilangan posisinya di Manor.

"Who is Rio Haryanto? Profiling the new Manor driver" demikian judul Skysports, edisi Kamis (18/2016). Skysports menyoroti perjalanan Rio di ajang balap mobil Formula 1 (F1).


Menurut Skysports, Hubungan Rio dengan Manor sejatinya sudah terjadi sejak 2010, saat menjadi driver di tim GP3. Prestasi Rio memuncaki klasemen berbuah perkenalan dengan tim F1, yang kemudian bernama Virgin Racing.  

Rio terus bersama Manor di GP3 tahun 2011, sebelum naik ke GP2 pada 2012. Rio mengungguli rekannya di tim, Max Chilton dengan 130 poin di atasnya. Sementara Chilton lulus ke F1, Rio terus di GP2.

Hingga akhirnya kesempatan datang di tahun 2016, Rio resmi menjadi pembalap F1 dan dipasangkan dengan pembalap asal Jerman, Pascal Wehrlein bersama Manor Racing F1.


Rio memperoleh pengalaman lebih lanjut F1 pada akhir 2015 ketika ia menyelesaikan 56 lap di tes ban Pirelli pasca-musim di Abu Dhabi dengan Manor.

Media Spanyol, Marca, juga merilis berita Rio yang resmi menjadi pembalap Manor untuk musim lomba F1 2016. "Rio Haryanto, segundo piloto de Manor" demikian Marca. Senada dengan itu juga dilansir Crash.net, dengan judul "Rio Haryanto secures Manor F1 drive".

Media Prancis L'Equipe juga menurunkan kabar yang sama. "Choisi par Manor, Rio Haryanto deviendra le premier pilote indonĂ©sien en Formule 1", demikian judul L'Equpe. Dalam pemberitaannya, media tersebut menyebutkan  Rio akan melakukan debut di Grand Prix Australia,  Melbourne, 20 Maret mendatang.

Namun, media Inggris bersedih dengan tersingkirknya pembalap Will Stevens. Daily Mail edisi daring memberi judul "Will Stevens axed from F1 seat at Manor after Rio Haryanto pays £10m to replace him, leaving just three Brits on the grid".

Will Steven dicoret dari tim F1 Manor setelah Rio menggelontorkan 10 juta pounds untuk menggantikannya, dengan demkinan hanya tiga orang Inggris di ajang F1. Tiga pembalap Inggris yang masih bertahan adalah juara dunia Lewis Hamilton, Jenson Button, dan Jolyon Palmer.

Senada dengan Daily Mail, Mirror juga melansir judul senada. "Manor drop British driver Will Stevens in favour of rookie Rio Haryanto for upcoming F1 season".


Ini Pesan Ibunda untuk Rio Haryanto


Ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati meminta anak laki-lakinya yang sukses menembus Formula 1 bersama Tim Manor Racing asal Inggris, tetap fokus dan berdoa seperti yang dilakukan selama ini.

"Pesan saya, Rio harus tetap fokus dan berdoa. Apalagi ini kejuaraan ini membutuhkan kerja keras dan konsentrasi yang tinggi," kata Indah Pennywati di Kantor Pertamina Jakarta, Kamis (18/2).

Rio Haryanto setelah melalui perjuangan yang panjang akhirnya sukses menjadi orang pertama Indonesia yang bisa tampil di kejuaraan balap jet darat itu. Bahkan untuk tahun ini bisa dikatakan sebagai satu-satunya orang Asia yang berada di Formula 1.

Kepastian pembalap asal Solo, Jawa Tengah itu turun di Formula 1 bersama dengan Tim Manor Racing diputuskan setelah uang muka yang harus dituntaskan terbayar. Bahkan, Rio Haryanto sudah dipastikan bisa bermain selama satu musim.

"Kepastian Rio bergabung dengan Manor saya terima tadi malam. Sebelum ada kepastian ini, Rio selalu tanya termasuk masalah dana," ujarnya sambil tersenyum.

Pihaknya berharap, Rio Haryanto memanfaatkan dengan baik kesempatan yang sudah didapat. Apalagi untuk bisa turun di Formula 1 melibatkan banyak pihak mulai dari Kemenpora, Kementerian BUMN maupun dari Pertamina yang sejak 2010 sudah memberikan dukungan dana.

Untuk bisa tampil di Formula 1 bersama Tim Manor Racing, manajemen Rio Haryanto membutuhkan dana 15 juta euro dan uang muka yang harus dibayarkan sebesar 3 juta euro. Namun, karena melampaui batas waktu, uang muka dinaikan menjadi 5,5 juta euro.

Uang muka tersebut akhirnya dibayar oleh manajemen Rio sebesar 3 juta euro. Sedangkan sisanya dibayar oleh Pertamina yang sejak awal akan memberikan dana bantuan sebesar 5,2 juta euro.


Meski telah mendapatkan satu kursi di tim Manor Racing, Rio Haryanto dan tim masih punya persoalan dalam masalah dana.

Sebagai pay-driver, Rio membutuhkan dana sebanyak 15 juta euro untuk disetorkan pada Manor Racing. Sejauh ini pihak Rio baru menyetorkan 3 juta Euro kepada Manor, yang berasal dari kocek sponsor utamanya saat ini, Pertamina.

Setelah tiga balapan berlangsung, pihak Pertamina akan melunaskan sisa kewajiban mereka sebesar 2 juta Euro, lantaran komitmen awal Pertamina dalam mendukung Rio adalah menggelontorkan 5 juta Euro.

Rio juga masih menanti kucuran dana Rp100 miliar yang dijanjikan Kemenpora dan masih harus disetujui oleh Komisi X DPR RI.

Manajer Rio, Piers Hunnisett berharap kepastian Rio membalap di F1 akan mendatangkan banyak sponsor baru.

"Hal yang paling penting adalah membawa Rio ke F1. Setelah pengumuman saat ini, saya pikir akan banyak perusahaan yang ingin bergabung (mendanai Rio)," ujar manajer Rio, Piers Hunnisett, Kamis (18/2).

"Banyak yang tak percaya ketika kami mengatakan Rio mampu menjadi Kimi (Raikkonen) baru. Tapi setelah hari ini kami yakin semua mulai percaya pada kami."

Pihak Pertamina juga berharap keputusan resmi Manor juga akan memupus keraguan sejumlah pihak untuk terlibat dalam pembiayaan Rio.

"Jika Rio bisa berprestasi, tentunya akan banyak dukungan dari BUMN yang katanya mau go international," ujar Dirut Utama Pertamina, Dwi Soetjipto.

Pihak pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga menyatakan akan terus mengusahakan pencarian dana untuk Rio.

"Seperti Rio yang tak pernah berhenti bekerja. Kami juga tak akan pernah berhenti berjuang karena ini menyangkut harkat martabat Indonesia," ujar Kemenpora, Imam Nahrawi.

"Kami juga akan meyakinkan orang-orang yang usil bertanya pada saya kenapa hanya Rio yang diurusin saja."

Senada dengan Menpora, perwakilan Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Edwin Hidayat, juga akan terus mengupayakan pencarian dana bagi Rio. Edwin yang mewakili Menteri BUMN, Rini Soemarno, bahkan menganalogikan perjalanan Rio dengan semboyan klub sepak bola Inggris, Liverpool.

"Setelah kepastian jadi pebalap F1 diharapkan akan banyak BUMN yang akan terlibat," ujar Edwin. "Jadi sama seperti semboyan Liverpool 'You'll Never Walk Alone', Rio pun should never walk alone."

situs resmi Rio Haryanto: http://www.rioharyanto.com
Facebook Fans Page Resmi: http://facebook.com/dukungrio
Instagram: http://instagram.com/rharyantoracing
YouTube Channel:  -



Akhirnya Indonesia punya sejarah baru bwt diceritakan kelak ke anak cucu kita..
bahwa ada Orang Indonesia yg pernah bertarung di balapan F1
Semoga bisa mengeluarkan kemampuan yg terbaik disetiap serinya..
Apapun hasilnya lakukanlah yg terbaik untuk Indonesia dan para sponsor yg sudah membantu yaa..

Yosh !!






references by sindonews, republika, cnnindonesia
modified by agunkzscreamo

 
Like us on Facebook