March 27, 2016

Manfaat Kopi Bisa Melindungi Hati

Ternyata minum kopi juga punya manfaat lain. Sebuah studi menunjukkan, minum lebih banyak kopi mungkin membantu mengurangi jenis kerusakan hati yang terkait dengan overindulging dalam makanan dan alkohol.

Para peneliti menganalisis data dari sembilan studi sebelumnya dengan lebih dari 430.000 peserta menemukan bahwa minum dua cangkir tambahan kopi sehari dikaitkan dengan risiko 44 persen lebih rendah terkena sirosis hati.



" Sirosis berpotensi fatal dan tidak ada obat yang bisa menyembuhkannya. Oleh karena itu, sangat penting bahwa risiko pengembangan sirosis bisa dikurangi dengan konsumsi kopi," kata penulis utama studi, Dr, Oliver Kennedy, seperti dilansir laman NBC.

Sirosis membunuh lebih dari satu juta orang setiap tahun di seluruh dunia. Sirosis bisa disebabkan oleh infeksi hepatitis, konsumsi alkohol yang berlebihan, gangguan kekebalan tubuh dan penyakit hati berlemak yang terkait dengan obesitas dan diabetes.

Kennedy dan rekannya melakukan analisis yang dikumpulkan dari konsumsi kopi rata-rata di studi sebelumnya untuk melihat dua cangkir tambahan kopi setiap hari memengaruhi kemungkinan penyakit hati.

Dibandingkan dengan tidak ada konsumsi kopi, peneliti memperkirakan bahwa mengonsumsi satu cangkir sehari berkaitan dengan risiko 22 persen lebih rendah dari sirosis. Dengan dua cangkir konsumsi kopi, risiko turun sebesar 43 persen, sementara itu menurun 57 persen jika mengonsumsi tiga cangkir dan 65 persen jika mengonsumsi empat cangkir. Tidak jelas persis bagaimana kopi bisa menyebabkan hati sehat.

" Kopi adalah campuran kompleks yang mengandung ratusan senyawa kimia dan tidak diketahui mana yang bertanggung jawab untuk melindungi hati," pungkas Kennedy


references by jpnn

 
Like us on Facebook