April 26, 2016

Jadwal SBMPTN 2016

Tata Cara Dan Syarat Pendaftaran SBMPTN 2016. Untuk melakukan pendaftaran SBMPTN ini calon mahasiswa bisa melakukannyan secara online dari laman www.sbmptn.ac.id. Namun sebelum melakukan pendaftaran, ada baiknya kita ketahui dulu syarat dan tatacara pendaftaran SBMPTN 2016 ini. Persyaratan peserta SBMPTN 2016 :


Berikut Syarat dan Tata Cara Pendaftaran SBMPTN 2016

Ketentuan Umum :
SBMPTN 2016 merupakan seleksi yang dilakukan oleh  PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (PBT) atau menggunakan komputer (CBT), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Persyaratan Pendaftaran :

  • Bagi siswa lulusan tahun 2014 dan 2015  harus sudah memiliki ijazah.
  • Bagi siswa lulusan tahun 2016 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  • Penerimaan :Lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2016, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.


Tata Cara Pendaftaran SBMPTN 2016 :


  • Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.
  • Tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id. mulai tanggal 18 April 2016.
  • Pendaftaran Online Paper Based Testing (PBT) maupun Computer Based Testing(CBT) dibuka dari tanggal 25 April 2016 pukul 08.00 WIB sampai dengan 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB.

SBMPTN 2016 menyediakan dua jenis tes yang bisa dipilih secara bebas oleh peserta SBMTN 2016. Jenis tes pertama adalah sistem tes berbasis kertas (PBT) sedangkan jenis tes kedua adalah sistem tes berbasis komputerisasi (CBT). Peserta hanya boleh memilih satu jenis tes, tidak boleh keduanya sekaligus, meskipun hari pelaksanaan tes berbeda.

Untuk informasih lebih lanjut dan detail, bisa diakses laman resmi SBMPTN 2016 di : www.sbmptn.ac.id







Perbedaan antara SNMPTN dengan SBMPTN

Bagi para siswa SMA/sederajat yang teah usai melaksanakan Ujian Nasional (UN)2016 tentunya saat ini tengah menimbang dan memilih perguruan tinggi mana yang akan dimasuki untuk menuntut ilmu lebih tinggi lagi dan juga tingkatan yang lebih tinggi.

Namun demikian bagi yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diimpikan dengan standar yang telah ditetapkan oleh masing-masing PTN.

Untuk bisa masuk ke PTN yang diinginkan maka ada dua jalur yang bisa dilalui para siswa yakni melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Dua jalur yang disediakan tersebut bisa dilalui oleh para siswa untuk bisa menuntut ilmu di PTN yang diinginkan, namun demikian apakah para siswa mengetahui perbedaan dua jalur masuk tersebut?

Nah pada kali ini akan dibahas mengenai perbedaan keduanya secara jelas serta agar para siswa paham dan mengerti sebelum melalui dua jalur tersebut untuk masuk ke PTN.
SNMPTN merupakan jalur pertama yang bisa dilalui oleh para siswa SMA/sederajat untuk bisa masuk ke PTN dengan menggunakan riwayat prestasi siswa tersebut. Biasanya untuk jalur masuk ke PTN yang satu diselenggarakan sebelum UN dimulai.

Jadi di dalam SNMPTN, mekanisme seleksi calon mahasiswa PTN berdasarkan dari nilai rapor, nilai UN, prestasi siswa selama SMA. Tapi inti dari semua penilaian SNMPTN adalah, seleksi ini menggunakan komponen apa yang sudah kita raih selama duduk di bangku SMA, tanpa test.


Nah jalur SNMPTN yang merupakan salah satu jalur masuk ke PTN ini biasanya juga disebut sebagai jalur undangan atau jalur prestasi.



Selanjutnya ada satu lagi yakni SBMPTN yang merupakan jalur untuk bisa masuk PTN yang diselenggarakan setelah SNMPTN di gelar atau setelah UN.
SBMPTN ini sendiri merupakan seleksi masuk PTN yang umum, yakni menggunakan nilai ujian tertulis yang diselenggarakan serentak oleh semua PTN. Jadi variabel nilai semasa SMA tidak diperhitungkan, yang diperhitungkan adalah nilai dari hasil ujian tulis masuk PTN yang kalian bisa raih.

Banyak siswa juga yang menganggap jika jalur ini lebih adil ketimbang SNMPTN, karena pada jalur ini diterima atau tidaknya ditentukan dengan hasil tes yang dilakukan oleh para siswa ketika itu. Sehingga para siswa akan berkompetisi untuk mendapatkan nilai terbaik pada tes tersebut agar bisa masuk ke PTN memlalui jalur SBMPTN ini.




references by radarindo

 
Like us on Facebook