April 20, 2016

Status Baru Lulus Kuliah ? Inilah Skill Dasar Yang Wajib Dimiliki Beberapa Tahun Kedepan

Guna memasuki dunia kerja yang penuh kompetisi, fresh graduate perlu mempersiapkan diri dengan memiliki sejumlah kemampuan. Selain itu, kemampuan tersebut juga perlu disesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada. Misalnya, penguasaan teknologi di era yang makin serba digital ini.


Ahli Sumber Daya Manusia (SDM) dari Willis Tower Watson, Lilis Halim menuturkan, perusahaan berkembang seiring dengan perubahan zaman. Karena itulah para fresh graduate juga harus menyesuaikan diri dengan kemampuan yang dibutuhkan perusahaan dari calon karyawannya.

"Keadaan ekonomi sangat berpengaruh pada talent di masa depan. Saat ini bukan lagi mencari tenaga kerja dengan skill yang standar atau biasa saja atau tradisional," ungkapnya di L'Oreal Academy, Jakarta,Rabu (20/4/2016).

Hingga 2022 mendatang, salah satu skill utama yang wajib dikuasai fresh graduate adalah digital skill. Kemampuan ini sesuai dengan perkembangan teknologi di tengah masyarakat saat ini.

"Ke depannya, harus semakin banyak lagi fresh graduate yang menguasai kemampuan ini," tegasnya.

Jumlah lulusan perguruan tinggi Indonesia sendiri menempati ketiga di dunia. Karena itu, fresh graduate harus bisa mengisi diri dengan berbagai kemampuan yang dibutuhkan perusahaan.

"Selain itu communiation skill juga diperlukan untuk dimiliki fresh graduate. Karena mereka bisa menjalin networking, dan saling bekerja sama dalam team serta menjalin hubungan," tambahnya.


references by okezone

 
Like us on Facebook