May 5, 2016

Cara Mengatasi Insomina / Susah Tidur


Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur, berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur, walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis.  Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Akan tetapi untuk mengatasi kesulitan tidur bisa diatasi dengan cara sedehana tanpa harus berkonsultasi yang mungkin dapat Anda coba.


Seperti dikutip dari Times Of India, berikut ini ada lima cara sederhana untuk mengatasi Insomnia:

1. Berolahraga sebelum tidur

Berolahraga empat jam sebelum waktu tidur disarankan untuk dapat mengatasi kesulitan tidur. Olahrga sederhana dan ringan cukup dilakukan untuk mengatasi Insomnia. Salah satunya berjalan-jalan mengelili rumah serta bersepeda atau jalan cepat di luar ruangan juga sangat efektif untuk mengatasi kesulitan tidur.

2. Hindari minum kopi sebelum waktu tidur

Kopi mengandung kafein yang dapat menganggu tidur.  Mengurangi konsumsi minuman yang memiliki sifat stimulan atau yang membuat terjaga di malam seperti teh atau kopi, sangat tidak baik untuk seseorang yang ingin mencoba mengatasi Insomnia.

3. Mendengarkan lagu / Murotal Al-Quran sebelum tidur

Mendengarkan musik yang bagus dapat membuat tidur lebih nyenyak. Ini dikarenakan musik dapat menempatkan pikiran dalam keadaan istirahat. Akan tetapi, disarankan tidak mendengarkan musik bergenre ‘keras’ macam power metal, punk dan sejenisnya menjelang tidur. Murotal Al-Quran dapat membuat hati tenang saat mendengarkannya.

4. Menghitung  saat mau tidur

Menghitung menempatkan seseorang  untuk tidur lebih nyaman. Penelitian telah membuktikan bahwa menghitung angka dalam kepala akan membuat perlahan-lahan untuk tidur lebih cepat. Selain itu, fokus pada hal-hal yang menyenangkan dapat membantu tidur lebih baik.

5. Berhenti berpikir berlebihan

Bagi seseorang  yang mengalami stres, tidur malam yang baik merupakan tantangan besar. Untuk mencapai tidur yang nyenyak, orang harus rileks pikirannya. Jangan berpikir berlebihan dan berhentilah menjadi cemas. Mulailah untuk menempatkan hal-hal dalam perspektif.


Anda sering tidur kurang nyenyak atau terserang insomnia? Hal tersebut pasti mengganggu aktivitas Anda. Karena, orang yang kurang tidur biasanya menjalani hari dengan perasaan malas, pegal, pusing, dan berbagai maslaah kesehatan lainnya. Padahal, kualitas tidur itu dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel otak, bahkan memperlancar metabolisme tubuh.

Saat Anda bermasalah dengan tidur, sebenarnya bisa diperbaiki dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Sebagian jenis makanan  berguna dalam memperbaiki kualitas tidur. Dan, Anda tidak perlu mengonsumsi obat kimia hanya untuk membuat mata terlelap. Seperti dilansir Healthmeup, berikut ini jenis makanan tersebut:

Madu
Madu juga dapat memperbaiki kualitas tidur secara alami. Anda bisa mengonsumsinya langsung, atau menambahkannya pada minuman dan makanan.

Kacang almond
Kacang almond dapat membantu untuk tidur nyenyak. Karena, almond mengandung magnesium yang dapat merelaksasi otot dan memudahkan untuk tidur. Makanlah almond 2-3 jam sebelum tidur.

Sereal dengan yoghurt
Memadukan sereal dengan yoghurt dapat mengaktifkan serotinin di otak. Zat ini berfungsi menyetabilkan mood dan meningkatkan kualitas tidur. Saat serotinin kadarnya meninggi, maka mata Anda akan mengantuk.

Popcorn tanpa gula dan mentega
Karbohidrat dalam popcorn memberikan asupan asam amino (trytophan) bagi otak yang dipakai untuk menghasilkan serotinin. Sehingga, seperti sereal, saat serotinin meningkat maka mengantuklah Anda.

Telur rebus
Makan telor rebus, selain mendapatkan perlindungan tubuh dengan kandungan proteinnya, juga membantu memperbaiki  kualitas tidur. Tapi, jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, cukup makan putihnya saja. Hindari kuning telor yang kaya kolesterol.


references by sindonews

 
Like us on Facebook