May 15, 2016

Hobi Merajut Benang? Bermanfaat Bagi Gerak Motorik


Tidak hanya menyenangkan, ternyata merajut juga menyimpan banyak manfaat. Salah satunya manfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian mengungkapkan, merajut sama seperti meditasi hingga meningkatkan fungsi motorik. Lantas apa saja manfaat dari merajut?


Berikut manfaat merajut yang dilansir dari Lifehack.

1. Sama seperti meditasi
Merajut memiliki manfaat sama seperti meditasi. Pasalnya, kegiatan ini memberikan efek menenangkan pikiran. Gerakan ritmis dan pengulangan saat merajut dinilai bermanfaat bagi pikiran dan tubuh.

2. Meredakan kecemasan, stres dan depresi
Gerakan ritmis dan fokus saat merajut dapat membantu mengalihkan kecemasan, depresi, dan stres. Tidak hanya itu, duduk diam untuk merajut juga membantu menenangkan denyut jantung dan menurunkan tekanan darah.

3. Meningkatkan fungsi motorik
Kegiatan ini bisa digunakan untuk membantu penderita parkinson. Pasalnya, merajut mampu merangsang hampir seluruh otak dan mengalihkan rasa sakit.

4. Memperlambat penurunan kognitif
Sebanyak 30% sampai 50%, orang lanjut usia (lansia) yang aktif membuat kerajinan, termasuk merajut, memiliki kemungkinan kecil untuk terserang gangguan kognitif ringan.

5. Mencegah arthritis dan tendinitis
Menurut Dr Barron, kegiatan merajut akan membuat jemari Anda lebih kuat dan lebih baik dibandingkan kegiatan mengetik. Namun, jika Anda mengalami arthritis, Dr Barron menyarankan untuk merendam tangan dalam air hangat sebelum merajut dan menggunakan jarum yang jauh lebih besar.

references by sindonews

 
Like us on Facebook