July 17, 2016

Cara Agar Udang Lurus Saat Digoreng

Udang kerap menjadi menu yang muncul dalam suatu acara jamuan makan. Rasa makhluk air ini memang sungguh lezat dan bergizi tinggi, meski juga punya kadar kolesterol tinggi. Hanya saja, udang seringkali berubah bentuk saat dimasak. Bentuknya tidak lagi lurus dan cenderung membengkok.


Untuk mengatasinya, Anda bisa mengupas kulitnya terlebih dahulu. Selanjutnya, perut udang dikerat sembari memberikan guratan-guratan pendek di sekujur perutnya. Kalau itu sudah Anda lakukan, lanjutnya dengan “memanjakan” udang. Caranya, taruh udang di telenan dan pijatlah perlahan seperti gerakan memijat pada umumnya.

Salah satu fungsi pijatan ini membuat udang bertambah ukurannya. Udang bisa memanjang dua sampai lima centimeter. Semakin panjang ukurannya, maka urat udang yang membuat tubuhnya bengkok akan putus. Dengan putusnya urat tersebut, maka lebih mudah memasak udang dalam posisi lurus.

“Kalau uratnya sudah putus, nggak akan bengkok lagi saat digoreng


Executive Chef sakura japanese restaurant, koesriandi, yang membuka trik khusus cara menggoreng udang balut tepung. ternyata udang yang dibutuhkan pun tidak perlu yang super besar. mau tahu triknya? begini caranya:

pertama, kupas kulit udang dan buang kepalanya. tapi tetap sisakan buntutnya. kemudian udang dicuci bersih.

kedua, kerat punggung udang dan buang kotoran yang seperti benang.

ketiga, inilah bagian paling penting. setelah kotoran udang dibuang, kerat-kerat badan udang tetapi jangan terlalu dalam agar badan udang tak terputus, cukup tipis saja.

keempat, bagian super duper penting. ternyata nggak cuma orang saja yang perlu dimassage alias pijat. udang untuk tempura juga perlu pijatan. sambil dipijat, tubuh udang ditarik-tarik, biar agak panjang. jika dilakukan dengan benar, udang akan memanjang 3-4 cm. itulah makanya tempura udang terlihat seperti udang raksasa.

kelima, baluri udang dengan tepung roti terlebih dahulu, kemudian dimasukkan ke tepung yang sudah diadon dengan air. ingat, jangan sampai kena buntutnya. setelah tercampur rata, masukkan udang ke dalam minyak panas. setelah warnanya seperti emas, angkat udang. tempura udang siap disajikan.

references by sidomi, kalakatabicara

 
Like us on Facebook