July 13, 2016

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Tubuh

Pada beberapa menu, daun bawang menjadi pelengkap yang akan melezatkan masakan. Misalnya soto, mie ayam, mendoan, dan sebagainya. Bahkan, di Semarang, daun bawang dijadikan lalapan sembari menikmati lezatnya lumpia basah. Memang nafas di mulut jadi agak sedikit bau, tapi sebanding dengan kepuasan menyantapnya.


Pemakaian daun bawang pada masakan bukanlah hal baru. Bangsa China sudah menerapkannya sejak 5 ribu tahun lalu. Kalau di kalangan masyarakat Mesir Kuno, tanaman bawang malah dijadikan simbol alam semesta.

Di samping itu, manfaat daun bawang cukup besar buat kesehatan. Saat Anda menambahkannya pada masakan, dia mampu berperan untuk menurunkan kadar gula di tubuh, melancarakan dan mengobati masalah pencernaan, dan melancarkan peredaran darah. Ini juga berlaku saat Anda memakannya mentah. Kadang kala, daun bawang juga dipakai sebagai pereda flu.

Berbagai manfaat tersebut ditunjang dengan aneka zat gizi di dalamnya. Seperti vitamin A, C, K, dan berbagai mineral. Daun bawang punya khasiat yang merupakan perpaduan bawang dan sayuran


Jenis Daun Bawang

Seperti yang diketahui, bentuk daun bawang bukan seperti daun pada umumnya karena bentuknya seperti batang namun teksturnya lunak. Ternayata ada 2 jenis daun bawang yang bisa ditemui yaitu daun bawang bakung atau bawang semprong (sibol) yang dalam bahasa latin disebut allium fistulosum dan daun bawang prei atau leek, dalam bahasa latin disebut allium porrum. Kedua daun bawang tersebut memiliki ciri fisik yang berbeda.

Daun bawang bakung/semprong/sibol mempunyai umbi kecil, berdaun bulat, panjang, serta memiliki lubang seperti pipa. Sedangkan daun bawang prei/leek tidak mempunyai umbi, berdaun panjang, pipih, serta memiliki pelepah yang panjang dan liat. Secara fisik mungkin kedua jenis daun bawang ini berbeda namun kegunaannya sama-sama bisa menjadi bumbu pelezat dan mempercantik masakan.

Mencegah terjadinya penyakit anemia

Daun bawang terkandung zat besi yang mampu meningkatkan produksi darah dalam tubuh. Seseorang yang mengalami kekurangan darah harus mencoba mengkonsumsi makanan ini karena kandungan ferroportin pada daun bawang menyimpan zat besi.


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh hendaknya diperkuat oleh asupan harian karena setiap saat tubuh kita bisa diserang virus. Memperkuat sistem imunitas dengan manfaat dau bawang ini dilakukan oleh kandungan allicin seperti senyawa belerang. Hal ini berfungsi sama dengan kandungan vitamin C pada jeruk.

Menyehatkan jantung

Daun bawang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung polisulfida yang melindungi penyakit jantung yang bisa terjadi. Sayuran ini juga mengandung mangan, mineral yang mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Menjaga Kekuatan Tulang

Daun bawang merupakan sumber yang sangat kaya akan vitamin K. Vitamin K merupakan vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang jangka panjang. Vitamin K dapat membantu regulasi sel yang artinya dapat membantu mencegah demineralisasi tulang. Hal ini juga dibantu dengan produksi protein tulang yang disebut osteocalcin, yang sangat penting untuk menjaga kepadatan mineral tulang agar tidak terjadi berbagai penyakit pada tulang.




references by sidomi, manfaat.co.id

 
Like us on Facebook