September 18, 2016

Cara Ubah/Beli Di Tokopedia agar Bisa Dengan Kurir lain

Saat artikel ini ditulis, Tokopedia bekerja sama dengan 10 agen logistik . Pelacakan otomatis status pengiriman hanya bisa dilakukan jika penjual menggunakan agen logistik yang bekerja sama dengan Tokopedia. Seringkali ketika kamu berbelanja, kenapa kok Toko nya gak bisa pakai ATAU GAK ADA PILIHAN Kurir A, Kurir B atau Kurir C.





Jasa kurir yang tersedia di Tokopedia
Tokopedia terhubung dengan 10 agen logistik, yaitu:

1. JNE

Customer Service
Contact Center: (62-21) 2927 8888
Office: (62-21) 566 5262
Fax: (62-21) 5671413
Email: customercare@jne.co.id

2. TIKI
Customer Service
Jl. Raden Saleh Raya No. 2 Jakarta 10430 Indonesia.
Telp    : (62-21) 500 125
Fax     : (62-21) 319 07 901
Email : csr@tiki-online.com

3. POS INDONESIA
Contact Center Pos Indonesia 161
Fixed line 161
Handphone: Kode Area +161
Care Online : www.posindonesia.co.id, klik menu "Layanan Pelanggan" klik Keluhan ]
Atau KLIK DISINI
(setelah di klik Tunggu 5 detik, lalu klik tulisan "SKIP AD" di pojok kanan atas)

4. WAHANA
Customer Service:

Wilayah Jakarta:
WA: 0856945346972
EMAIL : cs1@wahana.com

Wilayah Banten:
WA: 0882110366973
EMAIL : cs2@wahana.com

Wilayah Jawa Barat:
WA: 085939960425
EMAIL : cs3@wahana.com

Wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara:
WA: 0878890379202
EMAIL : cs7@wahana.com

Wilayah Kalimantan, Maluku, Sulawesi, dan Papua (Kamasupa):
WA: 081586633293
EMAIL : cs8@wahana.com

Wilayah Jawa Tengah:
WA: 0812939489824
EMAIL : cs9@wahana.com

Wilayah Sumatra:
WA: 0896586576263
EMAIL : cs10@wahana.com

RETUR (khusus untuk paket dengan status pengiriman retur)
WA: 089670748264 / 089671868151
EMAIL : cs.retur@wahana.com
EMAIL : cs.retur1@wahana.com

5. SiCepat
Customer Service
Call Centre: 021-2933 7086
www.sicepat.com/contact

6. Pandu Logistik
Customer Service
Hotline : 021-30009000

7. GOJEK
Customer Service
Hotline: (021) 50251110
www.go-jek.com/contact

8. RPX
Customer Service
LAYANAN BEBAS PULSA: 0-800-1-888-900 ( call centre)

9. Cahaya Logistik
Customer Service
Email : pic@cahayalogistik.com
Telp :  0851 0239 1111 & 0812 8023 2576

10. First Logistik
Customer Service
Coorporate : 021 - 73880707 (Hunting)
Retail & E-commerce : 021 - 7351907 (Hunting)


Namun, jika kamu mengalami kendala sehingga tidak bisa menggunakan kurir yang tersedia, sebaiknya informasikan ke pembeli terlebih dulu. Apabila pembeli setuju, penjual tetap harus memasukkan nomor resi saat Konfirmasi Pengiriman agar pembeli dapat melakukan Konfirmasi Penerimaan.

KAMU SEBAGAI TOKO PENJUAL

Cara mengubah dukungan kurir/logistik yang ingin disediakan
  1. Klik ikon  lalu pilih Pengaturan Toko
  2. Pilih tab Pengiriman
  3. Pilih kota asal dan isi kode pos yang sesuai dengan kota asalmu
  4. Klik agen logistik dan paket layanan yang mau kamu pakai DI Toko Milikmu
  5. Klik Simpan



KAMU SEBAGAI PEMBELI
Mengapa kurir tertentu tidak bisa dipilih?
Jika kurir yang ingin kamu gunakan tidak bisa dipilih sat membeli barang di Tokopedia, berikut hal yang perlu diperhatikan:
Pastikan kurir tersebut menjangkau wilayah kamu/Ada di tempat tinggal kamu.
  1. Pastikan lokasi penjual mendukung pengiriman ke alamat pembeli
  2. Khusus pengiriman dengan Pos Indonesia, pastikan kode pos yang dimasukkan pada AKUN TOKOPEDIA kamu sudah tepat. Klik Menu "Pengaturan", Klik "Daftar Alamat", Klik Tulisan "UBAH" , Ubah Kode Pos, Nama Klurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten. Sesuai dengan yg ada di Data Kode Pos Indonesia
  3. Jika kode pos salah, pilihan kurir Pos Indonesia tidak akan muncul atau tidak bisa dipilih.
  4. Jika Layanan kurir tertentu tidak muncul di pilihan, tanyakan kepada Toko yang bersangkutan untuk mengaktifkan jasa KURIR yang kamu masukud ingin digunakan.
  5. Pilihlah kurir yang murah dan juga aman saat sampai lokasi kamu..
notes:


Untuk GOJEK 
kini di Tokopedia sudah tersedia pilihan pengiriman menggunakan GO-KILAT yang didukung oleh GO-JEK. Dengan layanan ini, produk yang kamu pesan bisa lebih cepat sampai, bahkan belanja dan terima pesanan bisa di hari yang sama.
 
Mulai hari ini, Toppers yang berdomisili di daerah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya sudah bisa merasakan mudah dan cepatnya pengiriman dengan GO-KILAT, hanya dengan tarif datar Rp 10.000 selama masa promo (19 – 31 Mei 2016). Tarif datar ini hanya berlaku untuk pengiriman di wilayah yang sama, misalnya alamat pick up dan alamat tujuan berada di wilayah Jabodetabek.

Kabar baiknya lagi, kamu sebagai penjual ataupun pembeli TIDAK PERLU membayar ongkos kirim saat driver mengambil/mengantar pesanan karena sistem Tokopedia akan langsung memproses ongkos kirim ke GO-JEK. Jika driver meminta ongkir saat pengiriman, mohon melapor ke:
– Call Center GO-JEK (021) 5025 1110
– Call Center GO-KILAT (021) 5053 3300
– Email customerservice­@go-jek.com
Nah, untuk Toppers yang penasaran bagaimana cara menggunakan pengiriman GO-KILAT, yuk langsung simak penjelasan lebih lanjutnya di bawah ini.

Sebagai Pembeli

Cara memilih pengiriman GO-KILAT saat membeli
GO-KILAT bisa kamu gunakan untuk pemesanan dari toko yang beralamat di wilayah yang sama dengan wilayahmu. Cara menggunakan layanan ini pun sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:
1. Lakukan pembelian seperti biasa, pilih GO-JEK lalu klik paket pengiriman GO-KILAT.
2. Klik Pilih Lokasi Tujuan dalam Peta dan tentukan lokasi pada peta sesuai dengan alamat tujuan kamu. Lokasi yang dipilih akan otomatis tersimpan dan bisa kamu gunakan saat pemesanan berikutnya.
belanja di tokopedia kirim pakai gojek
3. Setelah itu, lanjutkan pemesanan seperti biasa.

Syarat dan ketentuan pemesanan dengan GO-KILAT
– Promo flat rate Rp 10.000 hanya berlaku untuk pengiriman di wilayah yang sama.
– Ukuran maksimum produk 40cm (panjang), 40cm (lebar), dan 17cm (tinggi), dan berat 7kg.

Sebagai Penjual

Cara mengaktifkan pengiriman GO-KILAT di tokomu
Untuk Toppers yang memiliki toko dengan asal pengiriman dari Jakarta, yuk aktifkan pilihan GO-KILAT dengan cara:
1. Login ke akun Tokopedia kamu, lalu masuk ke halaman Pengaturan Toko dan pilih tab Pengiriman.
2. Pilih Kota Asal pengiriman, lalu isi Alamat Pickup dan klik Pilih Lokasi Pickup.
3. Pin peta sesuai dengan Alamat Pickup. Alamat dan Lokasi Pickup harus diisi sesuai dengan lokasi pengambilan produk yang akan dituju oleh driver GO-KILAT nantinya.
belanja di tokopedia kirim pakai gojek
4. Centang pada pilihan GO-JEK dan GO-KILAT, lalu klik Simpan.
5. Selesai, toko kamu sudah mendukung layanan pengiriman dengan GO-KILAT.

Syarat dan ketentuan pengiriman dengan GO-KILAT
1. Request pickup driver GO-JEK harus dilakukan lewat website Tokopedia/aplikasi Tokopedia selama pukul 06.00 – 16.00 WIB.
2. Batas respon pesanan hanya 2 hari terhitung sejak pembayaran diverifikasi, dan 1 hari untuk konfirmasi pengiriman terhitung sejak pesanan direspon.
3. Jika pemesanan kurir dilakukan di luar website/aplikasi Tokopedia, maka layanan pengiriman GO-KILAT tidak berlaku.
4. Ukuran maksimum produk 40cm (panjang), 40cm (lebar), dan 17cm (tinggi), dan berat 7kg.
5. GO-JEK memberikan biaya ganti rugi untuk kehilangan produk sampai dengan Rp 10 juta, selama produk tersebut sesuai dengan informasi yang diberikan. Nominal penggantian akan berdasarkan struk pembelian dan/atau mengacu kepada nilai wajar harga produk.
Saat mendapat pesanan dengan pengiriman GO-KILAT, kamu tinggal lakukan konfirmasi pengiriman dengan klik tombol Pickup, lalu driver GO-JEK akan datang mengambil pesanan dan mengantarkannya ke pembeli.
Untuk info lebih lanjut tentang mekanisme pengiriman, bisa kamu lihat di Halaman Bantuan GO-KILAT.
Dengan GO-KILAT, pembeli ataupun penjual sama-sama diberi kemudahan. Selain pesanan bisa sampai lebih cepat ke pembeli, penjual pun berpeluang untuk mendapat ulasan yang memuaskan karena proses pengiriman pesanan lebih cepat.


Untuk POS INDONESIA

Untuk memastikan Kode Pos alamat kamu sesuai dengan database di Pos Indonesia, silahkan KLIK DISINI

(setelah di klik Tunggu 5 detik, lalu klik tulisan "SKIP AD" di pojok kanan atas)


Sebagai Contoh...

1. Di Kotak/Form Asal * (Dicontohkan adalah Lokasi PENJUAL BARANG). 
Masukan Kota PENJUAL. Masukan/Ketikan nama Kecamatan dengan Ejaan yang benar. Jika Benar nanti akan muncul pilihan dengan format
Kelurahan, Kecamatan, Nama Kota/Kabupaten, Kode Pos.
(Kel. , Kec. , Kota/Kab.- Nomor KODE POS) 

contoh tampilan formatnya akan seperti gambar dibawah ini'


Jika nama Kelurahan, Kecamatan, Nama Kota/Kabupaten, sudah sesuai dengan alamat Penjual, tinggal di pilih/Klik


 2. Di Kotak/Form Tujuan * (Dicontohkan adalah ALAMAT kamu sebagai PEMBELI BARANG).


Masukan Kota PENJUAL. Masukan/Ketikan nama Kecamatan dengan Ejaan yang benar. Jika Benar nanti akan muncul pilihan dengan format
Kelurahan, Kecamatan, Nama Kota/Kabupaten, Kode Pos.
(Kel. , Kec. , Kota/Kab.- Nomor KODE POS)
contoh tampilan formatnya akan seperti gambar dibawah ini'



Jika nama Kelurahan, Kecamatan, Nama Kota/Kabupaten, sudah sesuai dengan alamat kamu, tinggal di pilih/Klik.

Lalu pastikan kode pos yang dimasukkan pada AKUN TOKOPEDIA milik kamu sudah tepat.
Klik Menu "Pengaturan", Klik "Daftar Alamat", Klik Tulisan "UBAH" ,
Ubah Kode Pos, Nama Klurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten.

Pastikan Nama Jalan, Gang, Dusun, Nama Perumahan/Kantor, Nomer rumah, Blok, RT dan RW tertulis lengkap

Sesuaikan dengan yg ada di Database Kode Pos Indonesia, yang tadi muncul/kamu isikan

Masukan kata sandi/password TOKOPEDIA MILIK KAMU, lalu klik SIMPAN

Silahkan mencoba membeli barang tertentu, dan pada pilihan KURIR PENGIRIMAN kini kamu bisa merubah ke  Kurir POS INDONESIA
dan sekarang kamu bis memilih jasa Pos Indonesia (Paket Biasa, Kilat Khusus, dan EXPRESS)
Atau GO-JEK (Ada tidaknya Go-Jek tergantung Lokasi KOTA tempat kamu tinggal)

(BACA JUGA:
Arti Status Pengiriman (Tracking) Paket Pos Indonesia)


pilih kurir sesuai dompet dan Kebutuhan yang kamu mau

SEMOGA BERMANFAAT INFO DAN TIPS YANG SAYA BERIKAN..... Onion 91

ADS/DONASI BLOG :

BANK BNI/BNI Syariah (Kantor Cabang SYARIAH BANDUNG)
atas nama:
Nama : AGUNG Y D
No. Rekening : 0326970275

(semoga pahala kalian mengalir atas postingan/artikel bermanfaat di blog ini bagi yg membaca & mengamalkannya):

atau

 
Like us on Facebook