September 21, 2016

Fitur & Kelebihan macOS Sierra

Pengguna MacBook, MacBook Pro, MacBook Air hingga iMac sudah bisa meng-update sistem operasinya ke macOS Sierra. Perlu dicatat, tidak semua perangkat Mac bisa kebagian pembaruan OS tersebut. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat di daftar berikut, perangkat Mac mana yang akan kebagian macOS Sierra.




Daftar perangkat Mac yang kompatibel / bisa update ke macOS Sierra:

  • MacBook keluaran 2009 ke atas
  • MacBook Air keluaran 2010 ke atas
  • MacBook Pro keluaran 2010 ke atas
  • iMac keluaran 2009 ke atas
  • MacMini keluaran 2010 ke atas
  • Mac Pro keluaran 2010 ke atas


Satu dari beberapa fitur yang mencuri perhatian adalah kehadiran Siri untuk perangkat desktop. Lewat macOS, seluruh pengguna Mac saat ini dapat mengakses asisten virtual tersebut langsung dari perangkatnya.

Pengguna dimungkinkan untuk meminta Siri berkirim pesan, mencari file di komputer, termasuk bertanya berbagai informasi.

Selain itu, ada pula fitur auto unlock menggunakan Apple Watch. Fitur ini memungkinkan pengguna Mac mengakses langsung perangkat yang sedang terkunci cukup dengan memakai smartwatch tersebut.

Ada pula penambahan fitur di aplikasi Photos dan kemampuan Copy Clipboard yang memudahkan pengguna menyalin gambar, video, atau pesan dari Mac ke iPhone, atau sebaliknya. macOS juga
mendukung fitur pembayaran Apple Pay.

Foto
Temukan kembali kenangan indah dengan cara yang memukau.

Anda telah menghabiskan bertahun-tahun mengabadikan momen yang layak dikenang. Kini Foto dapat mengubahnya menjadi pengalaman tak terlupakan yang disebut Memori. Dan teknologi baru yang canggih menjadikan Foto lebih baik dalam hal pengenalan wajah, memungkinkan Anda menampilkan semua foto pada peta dunia, dan bahkan memungkinkan Anda mencari foto berdasarkan objek dan pemandangan di dalamnya.
Memori

Temukan kembali kenangan favorit dan terlupakan dari tumpukan perpustakaan Anda. Memori secara otomatis membuat pertunjukan slide yang memukau dan koleksi yang dapat dibagikan berisi foto terbaik Anda — berdasarkan orang, tempat, liburan, dan lainnya.

Pencarian Cerdas
Teknologi visi komputer canggih dapat mengidentifikasi objek dan pemandangan dalam gambar Anda. Jadi Anda bisa mencari foto berdasarkan apa yang ada di dalamnya. Temukan semua foto pantai Anda, setiap matahari terbenam yang Anda abadikan, atau setiap foto dengan kue ulang tahun.

Album Lokasi
Lacak perjalanan foto Anda di peta dunia interaktif. Perkecil untuk melihat semua tempat yang Anda kunjungi, atau perbesar untuk melihat lokasi tempat Anda memotret lanskap epik tersebut.

Album Orang
Foto kini dapat mengurutkan gambar berdasarkan subjek favorit Anda — orang-orang dalam kehidupan Anda. Lihat kembali gambar putri Anda dengan gayanya yang penuh warna atau ayah yang sedang memancing. Semuanya mungkin berkat teknologi pengenalan wajah tercanggih.

Buka Otomatis
Masuk bahkan sebelum Anda duduk.

Dapatkan akses langsung ke Mac Anda saat mengenakan Apple Watch. Cukup bangunkan Mac dan Anda siap bekerja. Menjawab telepon atau menjauh sejenak dari Mac, lalu kembali dan langsung bekerja lagi. Tanpa perlu mengetik kata sandi.


Papan klip Universal
Salin dari satu perangkat. Tempel di perangkat lainnya.
Salin gambar, video, dan teks dari iPhone. Lalu tempel ke Mac di dekat Anda — atau sebaliknya. Tidak perlu langkah tambahan. Cukup salin dan tempel seperti yang biasa Anda lakukan. Menemukan resep hebat saat menelusuri Mac Anda? Langsung salin dan tempel bahan-bahannya di daftar belanjaan pada iPhone Anda.


iCloud Drive
Folder Dokumen dan desktop Anda. Bisa diakses di semua perangkat Anda
Kini folder Dokumen dan desktop Anda — tempat sebagian besar file disimpan — dapat otomatis disimpan dan diperbarui di iCloud Drive. Jadi Anda bisa selalu mengaksesnya, termasuk di Mac Anda yang lain. Tidak lagi bertanya-tanya, “Di mana saya menyimpannya?” Karena jawabannya adalah di mana-mana.

Penyimpanan Dioptimalkan
Saat Anda membutuhkan lebih banyak ruang, biarkan Mac mencarinya untuk Anda.

Ruang penyimpanan penuh? Tak masalah. macOS Sierra dapat membantu menyediakan lebih banyak ruang dengan menyimpan otomatis file yang jarang digunakan di cloud dan membuatnya tersedia sesuai permintaan. macOS Sierra juga dapat membantu Anda menemukan dan menghapus file lama yang sudah tidak digunakan. Jadi selalu ada ruang di Mac untuk file baru dan file yang sering Anda gunakan.

File yang jarang Anda butuhkan disimpan di cloud. Dan siap kapan saja Anda butuhkan.
Saat Anda memerlukan lebih banyak ruang, Penyimpanan Dioptimalkan menyediakannya dengan menyimpan dokumen yang jarang digunakan, lampiran Mail, foto, dan film iTunes yang telah ditonton sebelumnya ke cloud. File yang baru Anda gunakan selalu ada di Mac bersama dengan versi foto Anda yang dioptimalkan. Anda bisa menemukan dengan mudah setiap file di tempat Anda menyimpannya. Cukup buka dan unduh aslinya seolah file selalu berada di sana.


Buang file duplikat dan yang jarang dibuka dengan mudah.
macOS Sierra dapat menjaga agar file yang tidak diperlukan tidak membuat Mac Anda berantakan. macOS Sierra mengingatkan Anda untuk menghapus penginstal aplikasi yang telah digunakan, serta membersihkan duplikat unduhan, cache, log, dan file lain yang tidak diperlukan. Jadi Anda bebas sampah. Bahkan macOS Sierra menyingkirkannya untuk Anda dengan menghapus item yang telah ada di Tong Sampah selama 30 hari.


Pesan
Jadikan percakapan semakin seru.
Ekspresikan diri Anda dengan cara baru yang menyenangkan. Kirim emoji besar. Beri respons dengan hati atau jempol pada gelembung pesan teman. Juga putar video dan pratinjau tautan langsung di percakapan.


iTunes
Kini dengan pengalaman Apple Music yang sepenuhnya baru.
Menemukan lagu favorit dan lagu baru semakin mudah dengan Apple Music yang telah didesain ulang di dalam iTunes. Untuk Anda yang disempurnakan memudahkan Anda menemukan musik dan daftar putar baru yang mungkin Anda suka. Bagian Telusuri baru memungkinkan semua orang melihat yang terbaik dari yang tersedia di Apple Music, mulai dari edisi eksklusif dan rilis baru hingga daftar putar dan peringkat teratas. Dan kini Anda dapat melihat lirik sambil mendengarkan di MiniPlayer yang disempurnakan.


Tab
Tempatkan semua dokumen Anda dalam satu baris.
Kini mudah untuk mencegah jendela bertumpukan di desktop Anda. Tab bekerja seperti di Safari — tetapi kini bekerja di hampir semua aplikasi di Mac, dan di banyak aplikasi pihak ketiga. Cukup perbarui ke macOS Sierra dan aplikasi siap digunakan. Pindah antar dokumen Pages di layar penuh dengan mudah. Dan lihat banyak tujuan berbeda di Peta tanpa perlu tersesat.


Gambar dalam Gambar
Bagi perhatian pada yang Anda tonton. Dan pada yang Anda kerjakan.
Kini Anda dapat meletakkan jendela video dari Safari atau iTunes di atas desktop atau aplikasi layar penuh. Putar video di sudut desktop dan ubah ukurannya untuk melihat lebih banyak atau lebih sedikit apa pun yang ada di baliknya. Jadi Anda dapat menonton acara favorit sambil memantau email. Atau menonton pertandingan besar sambil bermain game.








 
Like us on Facebook