September 13, 2016

Jangan Lupa Makan Sayur Setelah Idul Adha

Banyak alasan sehingga sayuran tak dipilih menjadi lauk saat makan. Diantaranya, rasanya pahit, bentuknya tak menarik, dan baunya tak enak. Bagaimana dengan Sahabat Canda? Ada yang suka makan sayur, dan ada juga tidak.

Sahabat Canda harus membiasakan untuk mengonsumsi sayur, lho. Sebab didalam sayuran terdapat kandungan vitamin dan juga mineral penting seperti vitamin A, C, E dan kalsium yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel dan juga membangun jaringan tubuh.



Sayur juga banyak mengandung cairan, seperti tomat, timun, dan selada. Bagi Sahabat Canda yang sering berolahraga dan banyak aktivitas, pasti banyak kegilangan cairan saat melakukan olahraga. Dengan mengonsumsi sayuran, cairan tubuh yang hilang saat melakukan aktivitas ini bisa kembali. Tetapi ingat, harus tetap minum air putih ya.

Sayur juga kaya akan serat. Dengan mengonsumsi sayur, buang air besar menjadi lancar. Tak hanya itu, sayur memiliki nutrisi yang tinggi yang mampu diserap oleh tubuh dengan sempurna. Sebagian anak yang banyak mengkonsumsi makanan sayuran berat badannya cenderung lebih rendah.

Bagaimana mau makan sayur, sedangkan rasanya tak enak? Sayur itu bisa diolah menjadi berbagai macam bentuk makanan yang menarik. Tentunya rasanya menjadi lebih enak. Sahabat Canda bisa minta mama membuatkan makanan-makanan yang terbuat dari sayuran. Misalnya bayam, bisa dijadikan kripik yang bisa dimakan sambil menonton televisi. Sawi bisa diolah bersama tahu sehingga menjadi perkedel. Begitu pula wortel dan kecambah, bisa dibuat menjadi bakwan.

Sahabat Canda harus mulai membiasakan makan sayur. Dengan makan sayur, tubuh akan tumbuh, berkembang menjadi semakin besar, dan semakin tinggi. Gigi juga semakin kuat. Rambut semakin panjang dan lebat. Tubuh juga tak akan kehilangan tenaga. Jadi, jangan lupa makan sayur ya!



references by pontianakpost

 
Like us on Facebook